Iklan

Tips Jalan-jalan ke Turki

Informasi lengkap jalan-jalan (visa, tiket, penginapan, makan, transportasi lokal, itinerary) di Istanbul, Goreme/Cappadocia, Pamukkale, Selcuk dan Ankara ada di https://asambackpacker01.com/category/turki/

Jalan-jalan ke Turki adalah jalan jalan yang paling berkesan dan paling kami sukai, karena selain pemandangan indah yang keindahan nya berbeda dengan negara tropis, banyak peninggalan sejarah terkenal di dunia, yang paling penting adalah kemudahan dalam mencari makanan halal dan tempat sholat. Transportasi yang sudah sangat baik, dimana tiap kota terhubung dengan jalan yang mulus dan kendaraan umum yang baik dan terjangkau pula.

Untuk tiket, dapat memilih Qatar Airways yang merupakan maskapai rangking 1 di dunia yang sering promo, 5 juta sudah sampai Turki. Atau naik Turkish Airlines yang langsung terbang dari Jakarta ke Istanbul tanpa transit. Di Turki bisa pilih Pegasus atau Anadolu, yang sangat murah, mulai 125 ribu Istanbul-Ankara. Untuk yang lebih lama, lihat pemandangan darat, dan menghemat penginapan, bisa naik bus yang tarif nya kadang lebih mahal dari pesawat. Coba hitung saja dulu, karena pengalaman saya naik pesawat Istanbul ke Kayseri + mercy + penginapan Goreme lebih murah daripada naik bus Istanbul-Goreme. Hemat tenaga, karena lebih cepat sampai. Harga tergantung musim, saya ke sana pas musim gugur, dimana agak sepi turis. Untuk visa, bikin online saja ( 25 USD), lebih murah 10 USD daripada go show, tinggal print, tunjukkan bersama paspor saat masuk pemeriksaan imigrasi Turki.

Untuk makanan, disana makanannya termasuk enak. Kalau di kafe agak lebih mahal daripada di Indonesia. Sebaiknya pilih hotel/penginapan yang menyediakan sarapan. Kalau khawatir kangen nasi bisa bawa magic jar mini+ beras, abon, rendang dan lauk . Kami sendiri tiap hari selalu masak nasi sebelum sarapan di hotel. Pas sudah matang, nasi dan lauk kami pindahkan ke kotak makan dan kami bawa buat makan siang di jalan/tempat wisata. Hemat, memudahkan/tidak khawatir kelaparan dan sudah pasti sesuai selera.

Untuk penginapan, transportasi, termasuk murah, mirip di Malaysia. Untuk museum, sebaiknya beli museum pass, kalau ditotal bisa hemat 65-75%, tergantung kemampuan kaki dan waktu yang dimiliki. Orang Turki umumnya baik dan ramah, namun karena dekat Eropa Timur (Bulgaria, Rumania, Moldova dll) dan negara yang labil disekitarnya (Suriah, Irak dll), maka banyak juga yang cari peruntungan di Turki. Maklum Istanbul adalah ibukota dunia. Jadi tetaplah waspada, jangan anggap di Turki cuma ada orang Turki yang terkenal akan kebaikannya, namun ada juga (banyak) imigran/pengungsi yang tidak jelas.

Iklan