Iklan

Menginap di Bandara Changi Singapura

Terkadang untuk perjalanan ke beberapa negara, kita perlu transit di Singapura yang rute nya lebih banyak daripada melalui Jakarta, dan biasanya pesawat berangkat tengah malam atau dini hari dari Singapura. Selain menginap di hotel bandara, ada alternatif lain yang jauh lebih hemat yaitu menginap di bandara.

Selain transit, banyak juga yang menjadikan Singapura menjadi destinasi utama. Tiket yang sangat murah, lebih murah daripada tiket domestik Indonesia, membuat mengunjungi Singapura merupakan hal yang menyenangkan dan mudah. Jika malas keluar airport Changi, mengelilingi dan menikmati fasilitas di sana juga sudah lebih dari cukup. Dengan modal 500 ribu Rupiah sudah bisa pergi pulang Jakarta Singapura, ditambah makan minum seharian di Changi 100 ribu Rupiah (SGD 10).

Pengalaman minggu lalu ketika pesawat mendarat di Changi sudah mendekati jam 1 malam, ternyata masih ramai dan masih banyak pesawat yang baru mendarat. Untuk mengusir kejenuhan kita bisa main antar terminal yang dilayani Skytrain secara gratis. Hanya perlu diingat pelayanan skytrain hanya sampai jam 2.30 pagi. Dan melayani lagi mulai jam 5 pagi. Untuk itu pastikan jika check in jam 4 pagi dan pesawat berangkat jam 6 pagi, anda sudah diterminal check in sebelum jam 2.30. Dan jika sudah sampai di terminal check in, anda bisa tenang untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya yaitu tidur/istirahat.

Di tiap terminal memang disediakan tempat istirahat, contoh terminal 3 ada TV bermacam chanel dengan sofa yang lumayan empuk meski hanya bisa sambil duduk, terminal 1&2 ada kursi panjang tanpa sekat yang bisa dipakai untuk tidur, kalau lapar, ada kios yang buka 24 jam. namanya juga tempat darurat tentu tak senyaman tempat tidur normal. yang pasti bandara Changi punya banyak fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis, seperti kursi pijat kaki Osim Uphoria. jangan kebablasan saja, bagaimanapun istirahat itu penting.

Pengalaman terupdate ketika tertidur sejak jam 1 pagi di sofa dekat sky tree terminal 1, jam 3 pagi didatangi 5 orang tentara Singapura lengkap dengan senjata apinya (tentara wajib militer kayanya,masih muda2). Ketua regunya minta rencana perjalanan dan berceramah bahwa menginap dibandara dilarang. Namun setelah dijelaskan kalau datang pesawat kemalaman sudah jam 11 malam lewat dan saya tunjukkan tiket balik yg tanggalnya keesokan harinya, dia bilang tidak apa2.yang dilarang sengaja menginap di Changi, misal datang masih siang dan ada jadwal MRT trus menginap di Changi dan tiket balik esok harinya atau beberapa hari kemudian, itu tidak boleh.

Kaget juga sih tiba2 dibangunkan tentara, tapi ga ada rasa takut sama sekali, karena tidak merasa bersalah. Ujung2nya ketua regu yang tadinya galak dan ngomong English wes ewes ewes jadi ngajak bercakap bahasa Melayu. Yang jelas ada ratusan orang segala rupa segala bangsa dan di semua terminal 1-3 yang menginap/tertidur di situ malam itu dan kena razia, ada yang kelihatan kesal sekali dibangunkan dan diceramahi ada pula yang cuek balik tidur.Bagaimanapun di negara orang, ya harus ikut dengan ketentuanย  negara tersebut. Pengalaman yang mengesankan.

Oh ya, berikut peta Skytrain (dalam bandara-sebelum imigrasi) dan jadwal shuttle bus (luar bandara-setelah imigrasi) antar terminal. Selama belum keluar imigrasi (naik Skytrain) bisa menikmati semua fasilitas penumpang transit, seperti bioskop dan taman bunga di terminal 2,taman kupu kupu di terminal 3, Skytree di terminal 1.kalau sudah keluar imigrasi agak kurang fasilitasnya.

Bila lanjut keliling Singapura dalam 1-3 hari, ada baiknya beli Singapore Tourist Pass (STP), http://thesingaporetouristpass.com.sg dimana dengan harga tertentu sudah dapat menikmati semua transportasi umum Singapura tanpa tambahan biaya. Yang paling utama adalah naik MRT tanpa resiko macet, namun bila ingin melihat bangunan di atas permukaan ada baiknya naik bus SBS/SMRT yang sudah tercover kartu STP ini. Berikut peta MRT Singapura per Maret 2018.

Mei 2018

Adanya terminal 4 khusus low cost airlines seperti Air Asia dengan segala kecanggihannya, memberikan pengalaman baru buat traveller yang akan transit di Changi. Jika dari atau ke terminal lain, satu satunya cara adalah ke terminal 2 dulu, dimana disediakan shuttle bus gratis 24 jam yang berjalan tiap 10 menit. Saat jam sibuk pastikan cukup waktu sebagai antisipasi kemacetan jalan yang dilalui dari/ke terminal 4 ke/dari terminal 2.

changi map 2018

Untuk menginap sebaiknya di terminal 1-3, atau kalau mau aman tanpa gangguan pemeriksaan bisa dicoba dengan keluar imigrasi terminal 1 dulu, naik dengan eskalator/lift lantai 2 terminal 1, dekat meja informasi (dekat lift) ada eskalator menuju viewing area dan beberapa tempat makan. Masuk saja ke viewing area, rebahan dekat area bermain anak yang ada karpet, bawa bantal leher, tutup mata dan telinga (ear plug) dan jaket, karena kalau malam dingin sekali.

Paginya bisa sarapan di kantin karyawan (staf canteen) yang ada di kiri dari pintu keluar imigrasi terminal 1, ada sign/penanda staf canteen. Harganya lebih murah daripada yang di ruang transit maupun di ruang umum, Dan ada makanan halalnya. Buka mulai jam 5 pagi. Panduan terminal 1 sampai 4 ada di sini

Mengutip dari laman id.changiairport.com disebutkan beberapa tempat alternatif menginap (buat yang transit tampaknya) ada di :
1. Area Istirahat yang Bebas
Digunakan
Anda bebas menggunakan lounge
ini untuk bersantai sejenak tanpa
harus membayar.
Temukan di:
Terminal 1: Snooze Lounge,
Transit East, Level 3, Transit Area
Terminal 2: Sanctuary Lounge,
Transit North Pier, opp E5, Oasis
Lounge, Transit North Pier, Opp
E11
Terminal 3: Snooze Lounge,
Transit North Mezzanine, dekat
Singapore Food Street
2. Lounge Bandara
Jika Anda butuh tempat yang
tenang untuk istirahat, maskapai
penerbangan Anda mungkin
memiliki fasilitas lounge eksklusif
khusus bagi Anda.
3. Lounge Berbayar (per
pemakaian)
Lounge Berbayar (per pemakaian)
ini menawarkan lingkungan yang
tenang bagi Anda beristirahat dan
bersantai sebelum, setelah, atau
diantara penerbangan Anda.
Lounge ini menawarkan fasilitas
dan layanan berkelas
internasional. Selain itu para tamu
dapat menikmati pilihan-pilihan
lezat yang terdiri dari beberapa
menu andalan, seperti Laksa
Singapura dan Chicken Rice, atau
bersantai di kamar pribadi dan
nikmati mandi yang menyegarkan
dengan fasilitas lengkap.
Temukan di:
Terminal 1: Plaza Premium
Lounge, Level 3 Departure Transit
Lounge (di atas Gate C-1)
Terminal 2: Level 3, Departure
Transit Lounge (di atas Taman
Anggrek)
Terminal 3: Level 3, Departure
Transit Lounge (di sebelah
Bioskop)
4. Hotel Transit
Hotel Transit merupakan solusi
bagi Anda yang kelelahan setelah
menjalani penerbangan panjang.
Anda dapat memesan kamar
yang nyaman tanpa harus
mengantre di imigrasi di hotel
transit yang terletak di seberang
ketiga terminal di Bandara
Changi.
Temukan di:
Terminal 1: Aerotel Airport
Transit Hotel, Departure Transit
Lounge Level 3 (di atas Gate
D41)
Terminal 2: Lounge Departure
Transit Level 3 (di atas Taman
Anggrek)
Terminal 3: Lounge Departure
Transit Level 3 (setelah Bioskop)

Panduan masjid dan kuliner halal Singapura.

Iklan

180 thoughts on “Menginap di Bandara Changi Singapura”

  1. Mw tnya dong…minggu depan pertama terbang ke singapore..kalo dari singapore byar airport tax g bwt pulng kesini? Ada yg bilng g ada yg bilng iyaa mkanya bingung. Thx for the info. Pengalaman nginap di bandaranya kyaknya patut dicoba..hehe

    Suka

  2. Hoo, jd beneran ngga bole ya tidur di Bandara Changi kalo sengaja utk ngehemat biaya hotel. Hmm hmm… Klo di mcD yg ada di dlm bandara gmn?

    Suka

    • Mungkin bisa aja kalau tidurnya di rest room. Waktu itu kami tidur di sofa bawah sky tree dan kuda trojan dekat kafe dengan view pesawat jumbo jet, jadi tempat lalu lalang orang.Mc D terminal 2 ada di luar, setelah imigrasi.kayaknya lebih aman di situ karena di luar

      Suka

      • Oh, jd yang disisir petugas itu cuma ruangan di dlm ya, yaitu para penumpang yg baru dtg dan belum dpt stempel/blm urus imigrasi masuk singapura.

        Suka

        • Kayaknya begitu. Logikanya kalau baru turun pesawat/masih di dalam kan belum tentu lolos imigrasi Singapura. Siapa tahu masuk daftar cekal Singapura. Karena bagasi, MRT dan check in di luar imigrasi, sering lihat orang masih tidur di sekitar situ kalau berangkat pagi2.

          Suka

          • Sip2, berarti aman tidur di area bandara asal udh lewat cek point imigrasi. Klo di McD kayaknya gk bs tdr rebahan ya, klo bangku2 di luar ada ngga sih yg tanpa sekat buat di tidur in, soale klo lantainya pasti udh gk berkarpet seperti di dalam ya.

            Suka

          • Ya.lantai granit/ubin.atau coba di MC D.beli sepaket trus bablas tidur.haha

            Suka

    • Mungkin bisa aja kalau tidurnya di rest room. Waktu itu kami tidur di sofa bawah sky tree dan kuda trojan dekat kafe dengan view pesawat jumbo jet, jadi tempat lalu lalang orang.Mc D terminal 2 ada setelah imigrasi.kayaknya lebih aman di situ karena meski dalam bangunan tapi dianggap di luar.pernah lihat bule tidur diantara eskalator ke MRT dan dinding, jam 7 masih lelap

      Suka

  3. Ni Made Dwi Dharmiyanti said:

    Halo kak, saya dwi.
    Kak saya baru pertama kali mau ke singapore. Nah untuk balik ke indo maunya ambil flight jam 5 pagi. Nah kalo ke penginapan takut telat, tapi kalo sewa hotel airport mahal. Nah itu kira2 dibolehin gak ya buat nginep di bandara?

    Makasih banyak

    Suka

    • Kemungkinan boleh saja, yang penting bawa tiket dan paspor. Dulu saat kena cek jam 1 malam di dalam terminal, saya tunjukkan bahwa pulang siang hari itu juga, gak apa2, yg gak boleh klo pulang esok lusa. Klo di sekitaran tempat check in (dianggap di luar terminal) kayaknya ga ada pemeriksaan, banyak yg tiduran di situ, yg penting jaga diri dan barang berharga saja, karena di sana banyak orang berbagai bangsa.

      Suka

  4. halo kak, mw nanya kalau pd saat transit dan wktu penerbangan berikutnya masih lama, boleh ga ya keluar bandara main2 di kota singapore laluu masuk lagi ke bandara utk nginep?thx before ๐Ÿ˜€

    Suka

  5. Kak mau tanya, keberangkatan saya jam 6 pagi dan saya mau kebandara dr malam nya karenha untuk menghemat biaya hotel juga. Boleh atau vak ya saya tidur di bandara dalam keadaan saya belum check in? Makasih

    Suka

  6. Kak mau nanya saya kan nanti dateng k bandara jam set 2 pagi kl k hostel Jam segitu kan MRT blm ada .. Bisa ga ya nunggu nyampe pagi di bandara setelah keluar imigrasi ?

    Suka

    • Bisa saja, banyak juga kok yg nunggu pagi di bandara, tapi enaknya klo di terminal 2 beli dan duduk2 di Mc D, ada free wifi, klo ketiduran juga ga dibangunin. Yg penting jaga diri dan barang bawaan saja. Nunggu di dalam( snooze room) kayaknya juga aman, karena memang khusus buat tidur. Saya belum mencoba kalau snooze room. Pas mendarat, cari saja panduan u tahu tempat itu, toilet, taman, surau dan fasilitas lainnya.

      Suka

  7. salam, saya mau tanya.. saya akan transit di singapura jam 00.00 – 08.00, berarti kan saya pasti menginap di bandara.. ada usul tidak tempat nyaman di terminal 3 yang bisa untuk istirahat tidur sejenak? terimakasih sebelumnya.

    Suka

  8. ka sy mau nanya kalo pesawat brangkat jam 9pagi dan sy pikir malamnya mau tidur dibandara aja biar hemat boleh ngak ya

    Suka

    • Untuk masuk ruang tunggu di dalam yg lengkap fasilitasny harus bawa boarding pass mas-sudah check in, dan di cek di imigrasi. Klo masih jauh dari jam keberangkatan sebaiknya nunggu di luar sih (sekitar tempat check in banyak fast food 24 jam). Kalau mau masuk ke dalam, ehm bisa dicoba ๐Ÿ™‚

      Suka

  9. hai kak, mau tanya, kami sekeluarga akan pergi ke hkg dan transit di spore 15 jam . kami sampai jam 2 siang dan berangkat lagi jam 6 ( check in jam 3 ). apakah tidak masalah kami keliling spore sampai malam lalu balik lagi malam dan bermalam di bandara ?

    Suka

    • Boleh aja keluar dan jalan2 seharian, malam baru balik Changi, kalau sudah ada boarding pas Singapura Hongkong tinggal masuk dan menunggu di dalam terminal, kalau belum check in dulu, baru masuk, kalau check innya baru boleh besok nya, nunggu di dekat tempat check in sebelum imigrasi. Meski di luar (sebelum imigrasi) tempatnya ada di dalam gedung, dingin tapi tak sedingin di dalam (setelah imigrasi). Ada Mc D, Burger King dll di situ.

      Suka

  10. miasutanti said:

    mas…saya mau ke swiss pake oman air lewat singapura,pesawat berangkat tgl 29 mei 2016 jam 7.30 pagi waktu singapur dr terminal 3, saya berangkat dari jakarta tgl 28 mei 2016 pakai jetstar nyampe jam 13.00,krn saya bawa orang tua dan anak umur 7 tahun,menurut mas saya nginap di transit hotel yang ada di terminal 3 ambassador transit hotel atau bagaimana?

    Suka

  11. Hai kak..
    mohon info rencananya saya pulang dr Manila akan transit di Sin, sampai di changi jam9 pagi, dan keesokannya pesawat jam8 pagi. bisakah saya kluar tuk jalan2 di Sin dan skitar jam11 malam baru balik lagi ke Bandara untuk menunggu ke berangkatan esok harinya jam 8 pagi ? Terima kasih ๐Ÿ™‚

    Suka

  12. kak, pesawat saya sampe sana jam setengah satu malam,, kira2 lebih aman tidur dimana yaa?? mohon pencerahannya

    Suka

    • Kalau sudah tengah malam lebih baik menunggu di snooze room di dalam terminal, siapkan saja paspor dan tiket pulang buat jaga2 kalau ada pemeriksaan. Kalau ditanya bilang saja menunggu pagi karena pesawat baru mendarat. Dulu pernah tidur di snooze room dekat taman bermain yg ada pohon bambu dalam terminal 2, sampai pagi tidak ada pemeriksaan, tapi pas tidur dekat sky tree terminal 1 ada pemeriksaan. Jangan tidur di praying room, dingin dan mungkin akan mengganggu orang yang mau ibadah.

      Suka

  13. kak.. klo pesawt singPore ke jakarta jam 9 pagi.. sy ke bandara changinya jam 8 malam… apa boleh nginap d banadara changi?

    Disukai oleh 1 orang

  14. Ce mau tanya
    Kalau dari Hong Kong trsnsit di Singapura
    Katanya sih tidur dibsndara
    Trus bagaimana dengan bagasi kita….apa ikut ke Singapura apa langsung dijuanda nanti

    Suka

    • Tergantung tiket yg dibeli. Kalau satu kode booking (transit) full service macam Garuda, Singapore atau Cathay bagasi tinggal ambil di tujuan akhir (Surabaya), tapi kalau low cost macam Tiger, Jetstar, Air Asia harus beli connect supaya bagasi sampai Surabaya, kalau tidak harus keluar imigrasi dulu, baru ambil bagasi, check in, masuk imigrasi lagi baru masuk ruang tunggu/istirahat di dalam bandara

      Suka

  15. halooo, ak mau nnya dong hehe ak kan glight jkt – taipei, tapi transit di sg, sampe sg siang jem 12 gtu, kalo ak mau kuar ke sg dlu, trus malemnya balik ke airport lagi karena flight lanjutan ak jem 8 pagi, ak bsa check in ke airside nya lagi dari malem ga? thx before

    Suka

    • Kalau bisa tidur lelap di bandara sih gpp. Klo ga,sebaiknya nginap di hotel/hostel. Jam 5 naik MRT lagi ke Changi. Takutnya karena kurang tidur, ntar bisa disorientasi di Taipei nya. Kalau bisa atur sendiri supaya cukup istirahat saya rasa tak masalah.

      Suka

  16. mohammadnafilaalfa said:

    Kak spot di terminal 1 yg bida buat tidur mana ya? Sebelum imigrasi.
    Atau kalo ada juga lokasi fastfood, McD, atau semacamnya yg bisa buat tidur. Yg sblm imigrasi.
    Akhir bulan mau ke Singapore, nympe sana jam 9 malem

    Suka

  17. ka permisi numpang tanya saya kedua kali nya ke sg dan baru pertama kali dapet pesawat pagi karena resecdule jadi jam 8.10 keberangkat from singapore to jakarta boleh tidak saya menginap di bandara changi saya datang ke bandara jam 12.00 malam belum check in apakah saya akan di usir oleh petugas bandara disana ?

    Suka

    • Saya rasa boleh saja, apalagi dengan rentang waktu 8 jam sebelum berangkat. Tidak ada pemeriksaan sebelum masuk imigrasi, check in buka jam 4 pagi, sambil nunggu buka bisa duduk2 atau ngopi di Mc D/Burger King/KFC, atau beristirahat. Biasanya yang terbang pagi sekali sudah bermalam di bandara, kalau dari kota naik taksi ke Changi larut malam biasanya ada tambahan charge 50% karena termasuk jam malam. Jadi, datang lebih awal (kereta terakhir sebelum MRT dari kota berhenti beroperasi-malam hari) adalah alternatif yang efektif dan efisien. Jangan lupa bawa jaket hangat, AC Changi dingin.

      Suka

  18. Jadi beneren boleh ya untuk menunggu di dlm changi hanya selama 5 jam
    karna pesatnya flightnya sangat pagi jam 6 sedangkan mrt buka nya jam 5 pagi??
    mhon infonya ya makasih bnyk

    Suka

  19. oppie joesoef said:

    saya sampai di sing sekitar jam 1 dini hari dan rencananya mau stay di bandara dulu sampai pagi, apa ada tempat mandi di bandara nya

    Suka

  20. Ka permisi mau tanya ,saya dari jakarta ke kualalumpur menggunakan tiger air dan transit di singapore dr jam 10 malam hingga 8 pagi keesokan harinya. Tapi tiket saya bukan connecting flight karna tidak menggunakan tigerconnect. Pertanyaannya, apakah saya bisa menunggu di transit area walaupun belum pegang boarding pass ke penerbangan selanjutnya.?jadi keesokan paginya baru keluar dr imigrasi dan cek in ulang. Bisa gitu ga ka?
    Makasih kak.

    Suka

    • Bisa, check-in paling pagi baru buka jam 4. Kalau ada pemeriksaan (kadang-kadang) tunjukkan paspor dan e-tiket yang menunjukkan bahwa di bandara tidak lebih dari 24 jam. Kalau 10 jam sepertinya masih masuk akal. Kalau ditanya kasih penjelasan tiba terlalu malam dan harus segera berangkat lagi pagi2. Pernah mengalami razia, pada intinya mereka tidak mau ada yang sengaja menginap di bandara, misalnya pas razia hari ini, trus tiket keberangkatan lusa, maka harus punya bukti booking hotel buat besok.

      Suka

  21. Penerbangan pulang sy, hari kamis jm 10.50 ke surbaya, nah hari rabu mau berkeliling singapore, apakah diperbolehkan ya datang ke bandara changi jm 23.00 hari rabu, lalu menginap di bandara?

    Suka

    • Kayaknya ga bisa kalau di dalam, karena dari luar dari dan penerbangannya masih tercover transportasi umum MRT yg mulai beroperasi jam 6 pagi. Kalau nunggu di luar-sebelum imigrasi sih bisa, sekitar tempat check in. Meski di luar imigrasi enak tempatnya, luas, ber AC, dalam gedung, ada fast food yg buka 24 jam. Pernah lihat bule tidur pulas/ngampar dekat eskalator MRT. Padahal sudah jam 8 pagi dan orang lalu lalang.

      Suka

      • Iya, mgkn sy menginap di luar sebelum check in,. Apabila blm check in, apakah mungkin utk keliling bandara changi? Mumpung di singapura, keliling bandara changi kn adlah hal yg tak bs dilewatkan

        Suka

  22. Malam… Mas…maaf nih mau tanya saya akan melakukan penerbangan ke kualalumpur dengan tiger air dan transit 18 jam… Krn pswt saya tiba dichangi jam 11 malam bolehkah saya keluar imigrasi menunggu pagi untuk tidur dbandara krn tiket saya tidak menggunakan layanan transit atau tigerconnect.. kemudian pada saat keluar imigrasi apa diperlukan visa transit…. Krn ini pengalaman pertama menggunakan pswt yg harus transit dulu. Biasanya langsung … Mhn pencerahan ya mas… Trimakasih byk… Salam…

    Suka

    • Ya, kalau tanpa Tiger connect harus keluar dulu baru check in lagi. Tapi keluarnya bisa saat itu juga atau menunggu pagi/tidur dulu di snooze room, pagi baru keluar imigrasi, check in, masuk lagi ke dalam melalui imigrasi. Untuk masuk maupun transit di Singapura tak diperlukan visa buat wisatawan Indonesia

      Suka

  23. pagi kak, mau tanya.. ini ak mau ke singapore di maret 2017. mau tanya. ak 3 hari 2 malam di singapore dan ntar langsung flight ke KL. untuk keluar dri singapore kan kita harus ngembaliin turis pass yanng kita beli saat kedatangan. dan kita juga harus dapat stempel klo kita sudah keluar dri singapore. hal itu bisa dilakukan di kantor imigrasi bandara? thank you

    Suka

    • Maksudnya Singapore Tourist Pass (STP)?. Kalau ya, jawaban saya bisa. Saya juga pernah beli STP, saat mau keluar Singapura, saya kembalikan kartunya di stasiun MRT Changi, dapat duit kembalian deposit kartu. Gak ada ketentuan harus sudah ada stempel keluar imigrasi Singapura. Justru setelah imigrasi/masuk ruang tunggu dalam bandara tidak ada loket penukaran STP. Semoga terjawab

      Suka

  24. Trimakasih atas infonya mas… Satu lg mas mau tanya… Jika kita keluar imigrasi kan menyerahkan kartu kedatangan singapura… Nah pada kolom address di SG nya itu dtulis apa ya… Krn kita kan transit.. tdk pesan hotel di SG lagi.. sama brp lama tinggal di SG itu dtulis apa… Krn kan transit hanyan18 jam an … Trimakasih ya mas..

    Suka

  25. DESTINY ADELIA said:

    Haii kak.. Mau nAnya donk.. Kita bisa tau kalo kita transit di terminal berapa dan harus check in ato boarding di terminal berapa Itu liat dr mana ya? Aku transit dr bangkok ke sgp Jam 11 malem terus surabaya Brgkat jam 8 pagi. Ada saran untuk things to do selama transit Di changi?

    Suka

    • Dari boarding pass. Misal, Air Asia di terminal 1, Garuda dan Lion terminal 3, Tigerair terminal 2. Mau nunggu transit bisa di terminal mana saja, karena antar terminal dihubungkan dengan Skytrain. Sebaiknya waktu pindah terminal tak usah keluar imigrasi. Yang masih bisa di lakukan selain window shopping, bisa beli kopi atau makanan sambil nunggu pagi, atau ke bioskop mini di terminal 3. Bioskop yang sebenarnya TV layar besar dengan channel TV fox. Atau istirahat saja di snooze room. Ambil saja panduan yang ada di sana, atau baca di website nya. 4 jam sebelum berangkat, keluar imigrasi, check in, masuk imigrasi, nunggu berangkat.

      Suka

  26. Hi, mau tanya. Aku kan pnerbangan malam smpe di sg jam stgh 1 malem. MRT pun udh ga ada jam sgitu. Kira2 aman ga ya mau jalan2 kliling dlm trminal dulu sblm kluar imigrasi? Yaa skitar sejam lah. Soalnya kan bawa bagasi tu, kira2 bagasi nya bs diangkut org atau bakal brujung di Lost & Found?

    Suka

  27. Mau tanya, misalnya saya nyampe changi jam 10an terus ga akan keluar imigrasi dulu bisa pindah2 ke terminal lain ga sih? Tapi mau nunggu pagi disitu, dicek tiket landing jam berapanya ga?

    Suka

    • bisa saja, saya juga pernah. siapkan tiket untuk keberangkatan esok harinya, terus jalan2 keliling bandara sampai toko2 tutup (jam 1) dan skytrain berhenti (jam 2), istirahat di snooze room. terus keluar sebaiknya di terminal kita tiba. saya pernah diomeli ibu2 keturunan tamil, kurang lebih kalau tiba di terminal 2, keluarnya juga harus di imigrasi terminal 2. ngecek nya dari kartu imigrasi yang kita isi (ada kode penerbangan yang otomatis menunjukkan maskapai dan jam ketibaan), jalan kaki antar terminal juga bisa karena memang terkoneksi, kalau takut capek, naik skytrain aja yang beroperasi dari jam 4 sampai jam 2 pagi

      Suka

  28. Mau nanya. Klo ke bandara changi nya memang karena mau ke singapore, bukan transit apa boleh menikmati fasilitas bandara sebelum keluar bandara? Terus misalnya klo arrivalnya itu di terminal 1, apa boleh jalan” keliling bandara, pergi ke terminal 2 sama terminal 3 juga?

    Suka

    • Boleh saja, kalau tibanya di terminal 2 atau 3 bisa langsung menikmati fasilitas internet, mesin pijat, keliling antar terminal. kalau tibanya di terminal 1 /Air Asia biasanya ada pemeriksaan badan dan tas bawaan, setelah itu bisa menikmati fasilitas bandara. antar terminal ada skytrain, tapi kalau mau jalan kaki juga bisa, didalam gedung ber AC. nyaman lah Changi.

      Suka

      • Nah iya saya juga emang tujuannya mau ke singapur tapi mau nunggu pagi aja disitu ga keluar imigrasi, mau ikut istirahat/tiduran gitu boleh? Soalnya saya kan ga ada tiket buat besoknya.. Atau kalo bukan transit mending istirahatnya harus keluar imigrasi dulu?

        Suka

        • Ya, mendingan di luar. Kalau di dalam ada tentara yg patroli sekitar jam 2 malam. Dulu pernah ketemu mereka (berlima bawa senjata),dan dikasih tau tak boleh sengaja menginap. Untung bawa tiket buat balik ke Indonesia jam 1 siang (11 jam berikutnya) sehingga tidak dipaksa keluar/dibawa ke imigrasi. Kabarnya yg dipaksa keluar, bisa ditandai/black list paspornya.

          Suka

  29. Misi misi, mau tanya dong. Saya juga ada rencana ke singapore dr jakarta pkl 18.45 nyampe singapore pkl 21.15 waktu setempat, nah kira kira bisa ikut tidur di changi ga ya? Terus kalo misalkan bisa, sarannya lebih baik di mana ya? ( setelah/sebelum cek imigrasi)?

    Suka

    • Lebih nyaman tidur sebelum imigrasi (di dalam bandara), karena banyak tempat duduk yg bisa buat tiduran, tapi resikonya kalau pas kena pemeriksaan, jika tidak punya tiket pulang besoknya, akan dipaksa keluar, dianggap sengaja menginap dan mungkin ditandai. Tapi kalau punya tiket balik besoknya dan tiba sudah larut malam (tidak ada MRT beroperasi) maka biasanya masih dimaklumi, bisa juga dianggap seperti penumpang transit. Kalau setelah imigrasi, kursi2nya kecil, tapi ada MC D dan Burger King yang kursi nya empuk dan kelihatannya banyak yg tiduran di situ nunggu pagi, dan tidak ada pemeriksaan tentara Singapura.

      Suka

      • Oh gitu ya, kalo mau aman dan ga dibangunin tentara sana, mending setelah imigrasi aja ya, terima kasih infonya. ๐Ÿ™‚

        Suka

        • Betul, ga enak banget pas nyenyak tidur dibangunkan sepasukan tentara Singapura. Meski mereka unyu2/tidak sangar (kayaknya tentara wajib militer) dan waktu itu diinterogasi 15 menitan dan ga digelandang ke imigrasi karena punya tiket balik buat beberapa jam ke depan, tapi mereka bawa senapan beneran (bukan airsoft gun) dan interogasinya serius. Bisa dicoba kalau penasaran. Ha ha. Enak setelah imigrasi, belum ada yg lapor ada pemeriksaan di situ, dan pernah lihat bule lelap selimutan di lantai, padahal sudah jam 6 pagi dan orang lalu lalang buat Check in.

          Suka

  30. Artikel sangatttt membantu sekali bagi para backpacker2 yang dompetnya galau hahaha.. two thumbs up thor! ๐Ÿ˜€
    Nah kalo saya sampe di changi hari rabu jam 12 siang di terminal 2.. flight pulang besoknya kamis jam 8 pagi di terminal 2..
    1. Mau nginap di changi di area sblm check-in (logikanya g bisa masuk krn br bisa check in jam 4 pagi). Suggestion mending tidur di area mana? Ini pertama kali soalnya.. hehe
    2. Di area sblm check in kira2 masih ada pemeriksaan sm tentara?
    3. Trus kan mau begitu landing di changi, mau titip koper2. Lbh baik titip di arrival hall atau departure transit lounge ya?

    Suka

    • Kalau lihat waktu di Singapura nya yg cukup lama (20 jam) ada baiknya menginap di Hostel. Untuk menginap, banyak yg cukup murah, ada yg 125 ribu. Coba lihat di Traveloka. Kelebihan nya, lebih rileks, karena bisa tidur/rebahan. 1.kalaupun terpaksa menginap di Changi (kurang disarankan) , bisa nunggu sambil duduk di MC Donald. Beli makanannya juga hampir sama dg biaya inap di Hostel. Takutnya karena kurang istirahat/tidur, nge blank pas check in besoknya. Kalau cuek, gelar alas di lantai di atas MC Donald dekat area check in.
      2.kayaknya ga ada
      3.saya belum ada pengalaman, yang pasti cari yang mudah anda akses pas keberangkatan.

      Suka

  31. Hallo, mau tanya.. jika setelah menginap di Changi mau naik mrt ke kota jam 05.30. saya bisa beli STP/EZ link dimana ya? karena saya baca, loket tiket di changi buka jam 08.00. terima kasih.

    Suka

  32. Halo thor, mau tanya. Penerbangan saya sampai di singapore pukul 23.30. Nah penerbangan berikutnya itu jam 11.10 siang. Kira2 kalau mau menginap di bandara enaknya bagaimana ya thor? Mending keluar imigrasi menunggu di tempat checkin atau bagaimana? Saya blm ada bayangan karena ini pertama kali saya transit, terima kasih thor ๐Ÿ˜€

    Suka

    • Bisa saja menginap di dalam bandara, tidak perlu keluar imigrasi. istirahatnya di snooze room. ada yang cerita kalau ada petugas yang bagi2 minum,cemilan,selimut yang bisa dibawa pulang. mungkin seasonal saja/tidak rutin. kalau saya lihat jarak kedatangan dan keberangkatan yang sekitar 12 jam, masih terhitung transit. siapkan saja tiket berikutnya buat jaga-jaga kalau ada random check.

      Suka

  33. Halo Kak, ,mau nanya.. sy mau ke Thailand dari Balikpapan menggunakan pesawat silk air,dan transit di singapore. Penerbangan saya dari Balikpapan ke singapore pukul 17.30 dan penerbangan selanjutnya sgp – bkk keesokan harinya pukul 07.10 pagi menggunakan pesawat singapore airlines..
    yang mau sy tanyakan apakah bagasi saya akan langsung diurus oleh pihak maskapai atau musti ambil bagasi sendiri dan cek in ulang? karena kode booking nya jadi satu saja.

    Suka

    • Kalau satu kode booking, full service dan satu grup maskapai (Silk Air anak perusahaan nya Singapore Airlines) bagasi akan langsung diurus maskapai sampai destinasi akhir (Bangkok). Waktu check in di Balikpapan akan sekalian dicetakkan tiket Singapura-Bangkok berikut tanda bagasinya. Untuk memastikan coba kontak/tanyakan ke perwakilan Silk Air di Balikpapan.

      Suka

  34. Malem. Mau tanya. Saya dpt jatah inap 2 malam d hotel transit bandara changi. Kalo hari pertama saya pakai putar2 singapore kemudian bermalam lagi di hotel transit karna sudah booking kamar 2 malam, apakah boleh? Ribet ga sih ngelwatin imigrasi singapore?

    Suka

  35. hai, mau tanya dong ๐Ÿ˜€
    kalau sampai di Singapura tengah malam ada kemungkinan bisa menginap di Changi gak ya?

    Suka

  36. Safira Rafidah said:

    Halo, mau nanya saya mau ke KL tapi transit di singapore sampai 20jam, nyampe 10.15 trus penerbangannya lagi 10.15 besoknya, kalo siang sampe malemnya mau muter2 diluar bandara nnt malem balik lg ke bandara trs tdr dibandara mending diluar sblm check in apa didalam setelah check in ya biar gak kena razia petugas? Terimakasih.

    Suka

  37. Mau nanya saya dari saudi ke indo , tapi transit 20jam di changi , itu kita bisa nginap di bandara , dan 1 lagi saya menggunakan e-tiket , setelah sampai di changi apa kita harus ambil koper buat chek in selanjut nya atau gimana , ini pertama kali nya saya transit 20jam + menggunakan e-tiket , terima kasih

    Suka

  38. Hai, mau numpang nanya nih soalnya baru pertama kali ke changi. Saya dr Jogja ke Singapur pake Air Asia tiba sekitar jam 10.35 nah trus nunggu pesawat Qatar keesokan harinya jam brgkt 10.45, sebaiknya gimana ya? Nginep di hostel atau kalo mau nginep di babdara sblm imigrasi?
    Trus city tour itu bisa saya gunakan gk? Mohon pencerahannya ^^

    Suka

    • City tour itu buat yg punya tiket Transit (satu kode booking&satu maskapai), jadi di Changi tidak keluar imigrasi (bisa menginap di dalam) dan ikut city tour.
      Kalau melihat kondisi tiket sis Hesti, tiket terpisah, beda maskapai, dan bukan Transit, harus keluar imigrasi dulu, Check in, masuk lagi sebelum naik Qatar keesokan harinya. Saran saya menginap di hostel sekitar Bugis/Sultan Mosque. Kenapa? Jauh lebih nyaman buat istirahat di hostel daripada di airport, bisa selonjoran, bikin kopi teh meski di dapur umum, dan ada ruang private buat tidur, minimal di bed yg kita sewa. Karena sharing (biasanya lebih dari 4 orang /ruangan) supaya bisa nyenyak tidurnya, bawa earplugs, tutup mata, makan sebelum tidur dan minum antimo 1/4. Niscaya cukup istirahat buat penerbangan esok yang yg lama. Ke Doha Qatar saja 7 jam + penerbangan berikutnya. Kalau kurang tidur bisa linglung, justru bahaya. Pengalaman saya tidur di Changi padahal tidur jam 11 malam, buat mengejar penerbangan esok pagi nya ke Hong Kong. Karena bandara ramai dengan manusia dan termasuk light sleeper (gak bisa tidur kalo ga benar-benar sunyi dan gelap) cuma bisa setengah tidur. Akibatnya sampai Hongkong ngantuk, pas jalan kaki, muter jalan yg sama 3x,kayak orang linglung, untung istri saya cukup tidur (di Changi bisa tidur lelap), sehingga segera tahu kalau salah jalan.
      Menginap di Hostel/hotel menurut saya opsi terbaik. Paling nambah 200 ribu buat Hostel dan 45 ribu buat MRT bolak-balik Changi Bugis

      Suka

  39. Selamat pagi kak,
    Bulan depan saya balik ke jakarta namun pesawat saya transit di Changi 20 jam.
    Saya tiba di Changi jam 22.45 dan terbang keesokan harinya jam 18.15.
    Apakah jika transit lama seperti itu bisa keluar bandara changi dahulu untuk keliling2 Singapore dan balik ke bandara changi keesokan sorenya?

    Suka

  40. Kemarin saya sempat menginap di changi saat tiba di changi (delay dari JKT) jadi kemalaman. Tidur di tempat publik juga ga masalah kok, toh emang banyak juga yg “ngampar” tikar di sana, kebanyakan di area free charging. Tp nyaman kok istirahat di sana. Kalo di ruang transit saya belum coba. Tp yg ruang publik juga ga masalah kok. Kalo ga kuat dingin jalan aja keluar sebebtar, karena udara singapore lebih hangat dari AC di changi. Haha

    Suka

  41. Novi Mustika said:

    sy rencana ke bangkok transit di changi 20jm dan flight pagi2 hari berikutnya..misal pesawat yg sama u/ flight berikutnya apa perlu checkin ulang?apa bisa masuk imigrasi changi dan menginap di dlm?ada rekomendasi hotel transit di changi u/ backpaker?

    Suka

    • Naik pesawat apa? Kalau misalnya Tiger air, perlu beli Tiger Connect, agar tidak perlu keluar imigrasi dan boarding pass Singapura Bangkok nya diberikan di Jakarta. Kalau tidak beli Tiger connect, harus keluar imigrasi. Berlama-lama dulu di Changi juga ga masalah, karena banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Kalau penginapan di sekitar masjid Sultan kayak nya boleh dicoba. Naik MRT dari Changi turun di Bugis, belok kanan ke lokasi. Balik ke bandaranya juga naik MRT yg mulai jalan jam 6 pagi, sampai Changi 45 menit kemudian. Tarifnya SGD 1.65 pakai EZ Link. Hostel murah sekitar 150ribu Rupiah /malam.

      Suka

    • Untuk hotel sekitar Changi saya belum pernah coba, tapi kalau saya lihat di booking.Com paling murah 1,5 juta/orang di The haven yg ada di pintu keluar terminal 3.

      Suka

  42. Helsinawati said:

    Sy mempunyai tiket hanoi malaysia transit di singapore 22 jam, lebih, tiba di singapore jam 20.30 berangkat ke KL besok jam 19, sy ingin ikut city tour airport besoknya bgmn prosedurnya? Sy sdh punya voucher hotel, jd sy menginap di hotel besoknya balik lg ke bandara, apakah sy akan membyr airport tax saat masuk bandara?
    Thks

    Suka

    • Kalau city tour kelihatannya buat penumpang transit di Airport, karena untuk mendaftar harus menunjukkan boarding pass connecting flight. Jadi, kalau sudah keluar Airport tidak diperkenankan ikut tur. Kalau di Changi, tiket sudah termasuk Airport tax, sehingga tidak perlu bayar lagi saat check in.

      Suka

  43. Ketentuan lengkapnya bisa dibaca : http://www.changiairport.com/en/airport-experience/attractions-and-services/free-singapore-tour.html, poin utamanya ada 2, yaitu :
    1.You are a transit passenger of Changi Airport.(penumpang transit)
    2.Your layover period is at least 5.5 hours and less than 24 hours, and your flight schedule fits in with our tour timing requirements (waktu transit minimal 5.5 jam, maksimal 24 jam dan pas dengan jadwal tur)
    Waktu tur siang (heritage : Chinatown, Kampong Glam, Little India) ada 4 pilihan :
    9.00am to 11.30am
    11.30am to 2.00pm
    2.30pm to 5.00pm
    3.30pm to 6.00pm
    Waktu tur malam (city sight : kerlip lampu sekitar Merlion)
    6.00pm to 8.30pm
    7.30pm to 10.00pm
    Pendaftaran paling lambat 1 jam sebelum tur yang dipilih, dan penerbangan lanjutan minimal 2 jam setelah tur.

    Suka

  44. Mau tanya donk. Saya rencana ke jeddah hari sabtu via changi berangkat jam 12.15 dgn malaysia airlines. Nah, klo saya baru berangkat pagi harinya dari jakarta dgn singapore airlines nyampe changi jam 08.10. Kira2 sempet gak ya? Berarti pas landing saya mesti keluar imigrasi, ambil bagasi trus check in ulang dan lewat imigrasi lagi kan? Sebenernya klo pas weekend di changi untuk ngejalanin semua proses itu minimal butuh waktu brapa lama ya? Thx atas jawabannya.

    Suka

    • Yang pertama dilakukan begitu tiba di Changi adalah keluar imigrasi, lalu ambil bagasi. Biasanya bagasi sudah siap karena lamanya antri imigrasi dan proses bagasinya memang cepat di sana. Proses imigrasi mungkin satu jam. Terus cari Skytrain ke terminal 2 dimana Malaysia Airlines berada, mengingat Singapore Airlines dari Jakarta mendarat nya di terminal 3. Sesampai terminal 3 langsung check in, antri imigrasi, tinggal tunggu MH yang ke Jeddah transit KL. Terminal 2 Changi juga bagus buat cuci mata. InsyaAllah cukup waktunya. Paling tidak satu jam sebelum terbang harus sudah masuk ruang keberangkatan, biar tidak ketinggalan pesawat.

      Suka

  45. Hai kak mau tanya, seumpama saya sampe di changi jam 2 pagi.. kira2 hostel masih buka ga ya buat check in.. biar ga perlu nginalpdi bandara si..

    Suka

    • Saya baru sekali nginap di hostel Singapura.Setahu saya petugas hostel biasanya tidak standby 24 jam, mereka hanya ada di jam tertentu, biasanya siang sampai setelah maghrib. Untuk check out pun tinggal taruh kunci dan kartu di kotak dekat pintu keluar. Saat check in, tamu dikasih kunci kamar dan kartu untuk masuk pintu depan. sedangkan kalau keluar pintu depan tinggal tekan tombol di dekatnya. Untuk memastikan nya kontak melalui email/WA ke pengelolanya, cari web atau blog hostel tersebut. Kalau mau private/family room,sebaiknya di hotel macam fragrance atau 81, karena harganya beda tipis dgn hostel,dan ada yg standby 24 jam.

      Suka

  46. Halo mas… Saya mau terbang dari Sin ke Kul dg pesawat pagi jam 7.45, dan sy tdk mungkin menginap di bandara malamnya, karena sy berdua dengan Mama saya umur 57tahun, saya menginap di hotel area Bencoolen street, kira2 pagi2 saya naik apa ya ke airport? Dan jam brp sebaiknya kesana? Makasih.

    Suka

    • Naik taksi. Sehari sebelum check out pesan ke resepsionis untuk wake up call jam 3 dan dipesankan taksi reguler jam 4 pagi. Kira2 sejam kurang sampai Changi (19 km-an). Berhubung terhitung jam malam kena extra tarif.mungkin total cost sekitar SGD 30-35. Bayarnya bisa gesek pakai kartu kredit kok,tapi siapkan juga uang cash,siapa tahu EDC nya error. Nyaman sih naik taksi, smooth, karena jalannya mulus.

      Suka

  47. Tiket kepulangan saya dari Singapura ke Surabaya hari Minggu jam 07.40. Kira-kira saya harus sampai di Changi jam berapa? Lalu sepagi itu di hari Minggu apakah MRT atau bus sudah jalan, mengingat saya lebih prefer public transport untuk alasan efisiensi ๐Ÿ™‚

    Jika seandainya saya menginap malam sebelumnya di Changi, jam berapakah bus dan MRT terakhir beroperasi di hari Sabtu yang menuju ke bandara dari stasiun MRT Lavender atau Novena?

    Saya menggunakan pesawat Scoot. Apakah maskapai tersebut ada fasilitas self check in dan self baggage drop? Jika ada, jam berapa saya bisa menggunakan fasilitas tersebut? Pikir saya daripada resiko gotong koper semalaman, begitu datang ke Changi Sabtu malam langsung saya bagasikan koper agar tidak terlalu merepotkan. Apakah bisa demikian?

    Terima kasih

    Suka

  48. Kak,, saya butuh bantuan. Jadi saya dapet connecting flight beda Airlines dan beda terminal. Sedangkan wakti transit hanya 1 jam 45 menit. Rencana saya hanya akan membawa hand baggage saja untuk menghemat waktu. Yang menjadi pertanyaan adalah,
    1. Apakah saya harus mengisi kartu imigrasi? Jika iya, dimana saya menyerahkan bagian arrival kartu ini?
    2. Apakah saya harus melewati arrival immigration di T3 baru kemudian mencari skytrain ke T2? Ataukah saya bisa langsung naik skytrain ke T2 tanpa melakukan imigrasi check?
    3.Jika saya dapat langsung ke T2, dimanakah lokasi saya saat turun dari skytrain? Apakah saya bisa langsung check-in atau harus melewati departure immigration?

    Maaf ya kak, banyak pertanyaannya. Biar ada gambaran, jadi bisa langsung sigap dan gak panik pas turun dari pesawat.
    Makaaaaaasiiiiihh banyak ya Kak.

    Suka

    • 1.kalau beda airlines harus keluar imigrasi dulu.kartu imigrasi Singapura ada bagian arrival dan departure. Bagian arrival diserahkan saat keluar imigrasi, departure diserahkan saat masuk imigrasi/kembali ke ruang tunggu. Kecuali connecting nya satu maskapai atau satu aliansi maskapai misal Garuda dengan KLM/Vietnam Air/Saudia dll di skyteam, tinggal ke counter transit, tak perlu ke imigrasi.
      2.Biar cepat dari T3 naik skytrain ke T2, keluar imigrasi, naik ke tempat check in di atas, masuk lagi imigrasi T2. Tunggu di gate keberangkatan
      3. Lokasinya di T2 sebelum arrival imigrasi. Lokasi check in nya di luar departure imigrasi.
      Jadi bisa langsung ke terminal 2 dari terminal 3 dengan skytrain. Arrival imigration-check in-departure imigration. Bottle neck biasanya di arrival immigration. Semoga terkejar.
      Btw naik maskapai apa ?

      Suka

    • Yang penting segera ke terminal 2 naik skytrain, imigrasi,check in, imigrasi, baru setelah itu kalau ada waktu nikmati Changi. Saya pernah check in last call 45 menit sebelum terbang. Deg2an sih.kalau bisa check in online atau cetak boarding pass mandiri lebih baik.

      Suka

      • Sayangnya beda maskapai+beda aliansi Kak.
        Saya naik Garuda trus next flightnya Swiss International Airlines. Kemarin saya sempet panik dan komunikasi terus sama Swiss Airlinesnya (sampai di telephone langsung, dijelasin walaupun di tiket terusan bilangnya check-in through, saya harus bersiap di keadaan terburuk. Ambil bagasi kemudian check-in lagi di T2. Sempet nyesek dengernya ;’> )

        So,
        1. saya bisa lakukan arrival imigrasi di Terminal 2 (karena gk ada baggage claim).
        2. Kemudian pindah level/ naik ke departure Terminal 2 untuk melakukan check-in counter.
        3. Departure immigration
        4. Nunggu
        5. Flight
        gitu ya kak urutannya?

        untuk menghindari penggeledahan liquid (demi menghemat waktu ;’>, semua liquid saya taruh di luar backpack? Pemeriksaan ini biasanya ada dimananya sih kak?

        Suka

        • Oh gitu. Atau reschedule Garuda lebih awal saja, paling nambah 100 ribu. Garuda kan schedule nya jauh lebih banyak daripada Swiss Airlines kalau dari Changi.
          Ya, betul begitu urutan ya.
          Pemeriksaan kadang di ketibaan begitu turun pesawat dan saat mau masuk ruang tunggu kalau di Changi.

          Suka

      • Maunya sih gitu kak. Tapi gak bisa, kali mau reschedule yg Garuda, semua ekor nya harus di ganti juga :'<

        Btw Kak,, Pas landing posis sayai dimana nya terminal 3 sih? Kok saya perhatikan lewat map nya changi, kita ada di departure nya, trus kalo mau arrival immigration di T3 harus turun ke lvl 1. Bener ya kak?

        Berarti kalo ini bener, bisa langsung naek skytrain soalnya ada di level yg sama gitu ya kak? Hmmm.

        Di map memang gk nampak stop poin skytrain dari T3 ke T2 ya kak?
        Kalo aku amatin, skytrain di T2 ada di dalem departure immigration :<

        Suka

        • Tergantung Garuda parkir di garbarata/aerobridge mana. Biasanya di aplikasi Changi atau flightstat ada informasi nya.
          Iya, turun kalau mau keluar imigrasi terminal 3 dulu, baru naik Skytrain. Tapi kalau naik Skytrain (selevel arrival) dulu ke terminal 2 juga bisa. Imigrasi arrival dibawah, kalo imigrasi departure di atas sebelah check in area, selantai dengan Skytrain.
          Saya lihat di aplikasi Changi ada pengumuman North Skytrain (penghubung gate B dgn G) closed. Jadi ke Gate A (T3) saja naik South Skytrain yg menuju Gate F(T2).
          Klo saran saya langsung aja naik Skytrain dekat gate A ke gate F, turun imigrasi arrival, naik lagi check in, trus imigrasi departure. Isi dulu form imigrasi di pesawat, biar di Changi ga repot lagi isi formulir imigrasi. Di kolom accommodation tulis saja Transit.

          Suka

      • Ahhh,, i see. Udah kebayang saya harus ke arah mana begitu landing dan harus berurusan dengan imigrasi. Makasiihh banyak ya Kak ^^

        Btw kak,, saya barusan explore di web changi tentang transit. Disitu bilang kalo bagasi sudah di periksa menuju tujuan ahkir (mungkin maksudnya checked through?), silahkan mengambil boarding pass anda di Terminal 2 Transfer Lounge E.
        Berarti saya bisa cetak boarding pass disana tanpa melewati imigrasi gitu ya kak?

        Suka

        • Coba tanya Garuda di Jakarta, karena biasanya kalau connect, dari Jakarta sudah sekalian dicetakkan boarding pass Singapura Swiss, termasuk tag bagasi transit di Singapura. Setahu saya bukan pihak Changi yang berinisiatif mengurus bagasi transit, melainkan berdasarkan permintaan maskapai.

          Suka

  49. oia kak,, letak Skytrain nya T3 ke T2 itu dimana ya? Harus ganti level?

    Suka

  50. Hai kak,,,saya pernah nginep di arrival hall T2 persis dekat eskalator yg mau ke lantai bawah tempat stasiun MRT Changi. saya tidur didekat pintu keluar masuk para pengunjung yg mau jemput penumpang yg baru aja selesai imigrasi dan ngambil bagasi. emg sih waktu tidur disitu gk rame cm ada beberapa orang termasuk saya. pas saya ganti posisi tidur krn gk nyaman beberapa polisi bersenjata lengkap lewat 2 x . 1 kali ke arah yg membelakangi saya dan pas balik lewat lagi menghadap saya. saya sempat takut sih tapi mereka gk nyamperin saya dan juga beberapa orang yg juga ikutan tidur. saya 2 malam tidur disana karena menghemat biaya hostel. malam kedua sih aman2 saja tapi saya tetap gk bisa tidur nyenyak. yg mau saya tanyakan apakah kalau di area tempat saya tidur itu bukan bagian dari area yg mereka mau periksa penumpangnya? terus 1 lagi apakah semua sudut ruangan di bandara changi gak luput dari pemeriksaan polisi patroli? maaf ya kepanjangan nanyanya. insyaallah desember ini saya kesana lagi.

    Suka

    • Kalau setelah imigrasi tampaknya tidak diperiksa. Saya pernah di MC Donald T2 dekat kedatangan, dari malam sampai pagi tidak diperiksa. Di dalam T2 dekat pohon bambu/kids corner juga pernah, waktu transit ke Hongkong dan tidak diperiksa. Mungkin saat pemeriksaan kami sedang tidur. Kalau dekat eskalator ke MRT T2 Changi saya malah pernah lihat bule tidur pakai sleeping bag, cuma kelihatan mukanya, tidur padahal sudah jam 8 pagi dimana orang lalu lalang. Mungkin kalau di dalam banyak yg di check identitas nya/dibangunkan jam 2 malam. Kalau di luar mungkin tidak diperiksa.

      Suka

  51. Ika Syahria Fitri said:

    Ka tanya dong, aku ada penerbangan 19.55 smpe sekitar jam 11 malam.
    Boleh gak sih numpang smpe pagii di terminal 3.

    Suka

    • Saya pernah tiba jam 11 malam juga, jalan menikmati ruang transit bandara, tertidur di sofa dekat kafe, dan waktu kena razia jam 2 malam, diminta tunjukkan tiket pulang. Kebetulan tiket pulang buat jam 12 siang hari itu juga, jd diperbolehkan/dianggap transit. Paginya jam 6 ke Universal Studio, Marina Bay, jam 10 balik lagi ke Changi naik MRT.

      Suka

  52. thanks for the best information about this :))
    mau tanya, kira-kira hostel dengan net bersih 150ribuan dimana yaa?? ada pengalaman inap di hostel dengan harga segitu kah??

    Disukai oleh 1 orang

    • terimakasih sudah mampir di blog saya. kalau saya lihat di https://www.tiket.com/?twh=24710174, ada 3 hostel yang tarifnya kurang dari 150 ribu/malam. saya belum pernah menginap di hostel Singapura, cuma hindari menginap daerah little india saat malam Minggu, karena penginapan akan penuh dengan kuli bangunan/buruh konstruksi dari India yang libur kerja hari Minggu. Untuk keamanan saja. Saya pernah malam mingguan di mustafa center, sejak di MRT little india sudah pernuh dengan orang India, paling parah di dekat mustafa center, sesak sekali. kalau hari lain relatif nyaman.
      kalau pengalaman orang yang pernah menginap bisa dibaca ulasan di web tersebut.

      Suka

  53. riska erma amelia said:

    salam kenal mas, mau ikutan nanya nih.. saya ada rencana ke SG dengan penerbangan hari sabtu jam 20.00 WIB sama ibu n anak saya,, nyampe SG kan kurang lebih jam 10 malem kan y,, ada rekomendasi buat penginapan murah ga? atau klo mau nginep di bandaraโ€™y spot yg paling cocokโ€™y dimana? soalnya besok harinya saya mau ke Johor dulu

    terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

    • salam kenal juga mba, kalau kira2 sudah capek, mungkin bisa langsung ke snooze room yang ada di tiap terminal. kalau belum jalan2 dulu, baru ke snooze room. lumayan kursinya agak rebah dan memang khusus buat istirahat. Biasanya ada pemeriksaan kalau malam di dalam terminal (sebelum imigrasi), sekitar jam 1-2 malam, bilang saja kemalaman tiba di Changi. saya baru sekali kena pemeriksaan di dalam, kalau setelah keluar imigrasi pengalaman saya dan teman2 lain tidak ada pemeriksaan, bisa nyenyak sampai pagi. kurangnya adalah kurang tempat duduk yang nyaman buat tidur, kalaupun ada darurat tidur sambil pesan makanan di Mc D.
      Kalau penginapan murah biasanya di Geylang, grup hotel Fragrance atau 818, sekitar 500 ribuan per kamar/malam. Bisa naik MRT turun di Aljunied, jalan kaki sekitar 1 km.
      Overall paling enak dan manusiawi ya tidur di snooze room kalau masih dapat kursinya. terimakasih juga sudah mampir, semoga jalan-jalan bersama ibu dan anaknya berjalan lancar. amin

      Suka

  54. Oh Snooze room itu terbatas tho kursinya, rebutan sama penumpang lain ya? Saya selalu beli tiket paling malam dari Jakarta ke SG, karena mau irit semalam gak bayar hostel, hahahah..iya saya dan kawan juga mengalami dibangunin tengah malam itu sama tentara, tapi biasanya yang tidur tidur ayam dan masih melek sih nggak akan dibangunin tentara, tapi jadinya nggak tidur sih, cuma nunggu pagi hahaha..

    Disukai oleh 1 orang

    • Haha.betul, yang melek atau tidur ayam biasanya tidak dibangunkan, jadinya kurang tidur pas keesokan harinya. Tapi ga tlalu masalah, kan bisa tidur pas di pesawat balik ke Indonesia. Saya pernah tidur sejak mau take off di Changi sampai landing di Cengkareng, waktu transit di Changi setelah terbang 8 jam dari Sydney. Meski tidur 2 jam, rasanya sudah cukup. Overall worth it lah mampir di Changi

      Suka

  55. Hai Kak.
    Pas bgt lagi bingung soal skytrain Changi eh nemu artikel.kakak.
    Mau tanya dikit dong..kalo aku landing di Terminal 3 lalu aku mau nyobain restoran yg ada di transit area Terminal 2, apakah aku bisa naik skytrain sebelum keluar imigrasi? Trus aku balik lagi ke T3 untuk clear immigrationnya
    Ada ga ya kak skytrain di dlm transit area
    Thanks

    Disukai oleh 1 orang

  56. Mau tanya dong. Aku mau kemalaysia jam 11.00 pakai peswt singapore airlines trus nyampe 13.00 transit disingapore selama 20jam. Apakah saya hanya menunggu dibandara saja atau dri pihak airlines sudah menyiapkan fasilitas hotel untuk saya.?

    Disukai oleh 1 orang

    • Sebaiknya dapat ditanyakan langsung ke Singapore Airlines. Kebetulan saya belum pernah transit di Changi naik SQ. Kalau Tiger Scoot (low cost) sudah pernah transit di Changi waktu mau ke Hongkong, dan tidak ada fasilitas hotel. Tidur di mana saja yang nyaman di ruang transit, dan waktu itu sama sekali tidak ada pemeriksaan.

      Suka

  57. Terima kasih banyak info nya membantu sekali…cm mau menegaskan dan mastiin lagi..
    Saya flight dari bkk jm 11 malam dan tiba di changi jm2 mlm dgn maskapai scoot…lalu besok pagi nya jm8 pagi meneruskan perjanan ke sub dengan SQ.. (sama2 di terminal 2)
    Berarti klo mau ttp stay di transit area aman yaa?misal ada razia pun sy tinggal bilang landing kemalaman dan tunjukkan tiket besok pagi nya..
    Kemudian cari spot tidur di transit area T2 klo snooze area penuh baiknya dimana mas?yg nyaman?ada pengalaman?ada musholla dan shower room kah di T2?krn sampe sub harus lgsg ngantor ๐Ÿ˜ฉ
    Utk bagasi saya biarin aja sampe pagi gt ya?besok pagi nya baru diambil di lost n found?
    Paginya setelah sholat dan mandi,sy keluar imigrasi, ambil bagasi (di lost n found) kemudian lgsg check in lagi dan masuk imigrasi lagi…begitu ya?
    Terimkasih..

    Disukai oleh 2 orang

    • Subuh di Singapura kan pukul 5.35 waktu setempat (4.35 WIB/waktu Bangkok), mungkin bisa langsung tidur di praying room (ramai orang tidur bersarung), jangan lupa pasang alarm jam 5, mandi aja dulu, cari shower room. Selesai subuh segera aja ke imigrasi, kalau ramai antrian bisa 1 jam,terus ambil bagasi di lost n found, check in, lewat imigrasi, tunggu di gate keberangkatan.
      Atau bisa aja setiba di Changi keluar imigrasi, ambil bagasi, tidur an dekat Mc Donald, check in, karena biasanya jam 4 general check in sudah buka. Terus masuk, cari shower room, sholat subuh. Tunggu dekat gate keberangkatan.

      Suka

    • Check on SQ sudah buka pukul 04.30 waktu Singapura. Sebaiknya pas terbang dari Bangkok ke Singapura tidur saja, pas turun biasa dibangunkan kok. Di Changi lanjut tidur lagi di kursi dekat tempat check in. Dekat gate keberangkatan juga bisa tidur lagi. Intinya segera dekati tempat berikut nya.

      Disukai oleh 1 orang

  58. Semakin keren ya Changi, btw kenapa terminal baru – terminal 4 malah untuk low cost carrier semacam Air Asia ya?

    Disukai oleh 1 orang

  59. Dulu waktu umroh tahun 2010 pulang transit di Changi terminal budget setelah naik Saudia dari Jeddah, ganti Tiger ke Jakarta. Jelek sekali terminal nya. Tapi sudah dirobohkan terminal itu tahun 2012, dibangun lagi jadi terminal 4.

    Disukai oleh 1 orang

  60. Ini Aku Loh said:

    Wah! membantu sekali! Thank you ya atas infoโ€nya

    Aku mau tanya, aku beli Tiket pisah nih dari Bangkok โ€“ SG , SG โ€“ JKT.
    Dari Bangkok pagi ke SG lanjut dari SG ke JKT malemnya.

    Nah, kayak yg di atasโ€ aku baca. Karena pisah ga direct flight, aku kan bisa keluar migrasi kan, rencannya sih mau ke ArtScience Museum. itu kan pagi, bisa ga ya titip bagasi di bandara? Kan agak rempong ya klo jalanโ€ bawaโ€ koper, kayak orang abis diusir dari rumah gitu.. hehhe.

    Soalnya kan keluar dari Migrasi dengan alasan โ€œTransitโ€ bagasi sama hand carry bisa di tinggal di dalam ga ya? di tempat penitipan koper?

    Disukai oleh 1 orang

    • Mungkin bisa dicoba keluar imigrasi, jalan jalan seharian di pusat kota lalu ambil bagasi ambil di lost & found pas sudah balik ke bandara. Seperti nitip bagasi gratis. Banyak netizen yang pakai cara tersebut pas bermalam di Changi dan terbang besoknya.

      Suka

  61. Mau tanya nih ,saya naik Jetstart CGK-SIN sampe sana +/- 0.30 dinihari . Saya rencana untuk explore Singapore paginya ( setelah MRT buka ) .

    Berarti paling amannya , saya keluar imigrasi T1 ,lalu cari resto 24 jam makan-makan ringan ,terus istirahat disana aja ya? Kalau setelah imigrasi,mau pindah antar terminal , itu bisa skytrain atau harus jalan antar terminal ? Thanks.

    Disukai oleh 1 orang

  62. Saya mendarat di terminal 1 . Kalau setelah keluar imigrasi, mau ke T3 buat naik MRT , ada skytrain yang diluar imigrasi gak? Apa skytrain cuma tersedia di area sebelum keluar imigrasi ?

    Disukai oleh 1 orang

  63. Kak, nanya dong. Aku transit di spore pesawat Dari Phuket jam 19, kira2 sampai spore jam 11 malem. Besok malamnyajam 7 malam baru flight ke jkt. App aku Bโ€™s nginep di bandara dan bisa keluar jalan2 di spore?

    Disukai oleh 1 orang

  64. hai kak, saya izin mau tanya mengenai changi airport. Kali pertama ke singapore.
    Itinerary saya itu, CGK โ€“ SIN โ€“ KUL โ€“ CGK.
    untuk menghemat biaya penginapan, saya berencana untuk nginap di airport.
    Saya sampe di SIN , Jumat ,jam 9 pagi. Jadi mau nitip koper dulu di bandaranya.
    โ€“ kalau saya hari Jumat itu titip koper di bandara,terus jalan-jalan di spore,malamnya saya balik ke bandara ambil koper dan tidur disana. apa bisa?
    โ€“ Pas saya ambil koper di tempat penititipan, apa saya harus melewati prosess check in (karena saya penumpang non transit, jadi tidak bisa check in)? atau tempat penitipannya berada diluar area check in ?
    โ€“ kalau bisa nginap dibandara, recommend tempatnya dimana kak?
    โ€“ kira-kira bakal ditanya petugas bandara juga ngk kak?

    maaf pertanyaan nya banyak ya kak. Mohon infonya ya. terimakasih ๐Ÿ™‚

    Disukai oleh 1 orang

  65. Halo kak ikutan mau nanya. Setelah baca komen sepertinya belum ada yang kasusnya serupa dengan saya jadi mau minta pencerahannya hehe.
    Saya akan terbang dari Taipei ke Jakarta menggunakan maskapai Jetstar. Penerbangan dari Taipei jam 20:20 transit di singapura jam 01.00. Terbang lagi ke jakarta jam 08:00 hari berikutnya dengan maskapai sama tapi beda kode penerbangan. Itu connecting flight. Yang saya mau tanyakan:

    1. Gimana ya prosedurnya kalo connecting flight gitu? Apakah saya perlu cek in dan imigrasi lagi setelah sampai singapura? Atau nanti udah dikasih dua boarding pass dari cek in di taipei? Apakah ada jalur sendiri untuk penumpang seperti saya?
    2. Karena udah tengah malam saya ingin tidur di bandara aja. Di mana ya tempat yang nyaman untuk tidur?

    Untuk saat ini itu dulu kak pertanyaannya. Mohon infonya. Terima kasih ๐Ÿ˜Š

    Disukai oleh 1 orang

    • Kalau connecting flight biasanya sudah dicetakkan boarding pass dari Taipei. Nanti di Changi Singapura tinggal menuju ke transfer desk, lapor, dan istirahat di sekitar pintu keberangkatan, supaya tidak tertinggal pesawat. Jangan lupa bawa penutup mata, telinga dan baju tebal/selimut karena Changi terang benderang, aktif 24 jam dan AC nya dingin. Setel alarm bangun 3-4 jam sebelum keberangkatan.

      Suka

      • Pintu keberaangkatan itu maksudnya gate kalo mau naik pesawat kan ya kak? Bukan bagian departure kayak kao mau cek in lagi gitu?

        Wah thanks kak tipsnya. Saya baru pertama kali mau menginap di Changi. Di dekat tempat saya tidur juga pastinya ada gerai-gerai makanan yang buka kan ya? Jadi bisa ngemil gitu biar nggak terlalu kedinginan hehe

        Disukai oleh 1 orang

        • Jetstar ada di terminal 1. Dekat gate D ada minimarket 7-11 yang buka 24 jam. Biasanya jual makanan halal yg tinggal dipanaskan di microwave yang tersedia.
          Btw, jetstar biasanya mengenakan biaya untuk fasilitas transfer di Changi Singapura. saat check in di Taipei minta kepastian bagasi dan boarding pass sampai Jakarta.
          Oh ya, saat di Changi bisa pakai fasilitas mesin pijat kaki OSIM yang ada di tiap gate. Gratis. Nyaman sekali rasanya.

          Suka

        • Iya, gate yg ada di transfer area buat naik pesawat, sebelum imigrasi. bukan di public area setelah imigrasi. Kalau tiket sudah termasuk fasilitas transfer transit, tak perlu check in lagi.

          Suka

  66. Oh ada bayar lagi? Bayar di counter pas lapor itu? Tahu nggak ya kira-kita berapa? Jadi saya bisa persiapan. Bayarnya harus pake dollar Singapura ya berarti? Saya hanya bawa koper kabin kak berarti nggak perlu nanya kepastian kan karena saya pasti tenteng sendiri hehe. Wah bisa dicoba fasilitas pijatnya.

    Kalo yang kayak arena-arena yang ada komputer gratis itu di public area atau ada di transfer area ya? Mau nyari hiburan kali aja nggak bisa tidur hehe

    Disukai oleh 1 orang

    • Sebaiknya minta dicetakkan sekalian boarding pass dari Taipei untuk rute Taipei – Singapura, dan Singapura – Jakarta. Nanti di Singapura tinggal tunggu dekat gate keberangkatan. Kalau tidak dikasih, di Singapura keluar imigrasi, di public area terminal 1 ada KFC. Trus jam 5 check in di terminal 1 Row 9. Masuk lagi imigrasi, tunggu di keberangkatan.
      Kalau komputer ada di transit/transit sebelum imigrasi. Sebaiknya sih mulai tidur di Jetstar Taipei – Singapura. Kalau ketiduran, pas sudah landing pasti dibangunkan pramugari. Kalau tidur di bandara, bisa bablas karena nyenyak. Biar cukup istirahat saja, takut disorientasi klo kurang tidur.

      Suka

      • siap kak. membantu sekali infonya. iya kayaknya susah tidur juga. paling cuma merem-merem doang hehe. yang kemungkinan dimintai biaya transfer jetstar itu kan di Changi ya? bisa bayar pake cc nggak ya? soalnya saya nggak berencana bawa SGD banyak karena cuma transit.

        Disukai oleh 1 orang

  67. Terima kasih banyak kak. sudah terjawab semua pertanyaan saya hehe ๐Ÿ™‚

    Disukai oleh 1 orang

  68. mau nanya nih…pesawat saya landing jam 1 pagi di changi (naik jetstar kemungkinan landing di terminal 1) ..kl mau tidur di airport sampe jam5 pagi (sampe MRT buka) ..enaknya dimana? terminal berapa? sebelum apa sesudah imigrasi ? sekalian nanya apakah imigrasinya buka 24 jam ? ..thanks before

    Disukai oleh 1 orang

    • Ya, imigrasi Changi buka 24 jam. Dari terminal 1 bisa jalan ke terminal 2 lewat dalam aja, sekalian cuci mata, ntar keluar di imigrasi terminal 2, setelah imigrasi beli makan/duduk sekitar Mc Donald, ntar ke stasiun MRT nya dekat, karena ada di terminal 2.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s