Tag

, , , , , , , , , , ,

Setelah 4 tahun tidak ke sana, ada beberapa pengalaman baru yang kami rasakan, antara lain :

  1. Di Changi airport Singapura sudah ada terminal 4, terminal yang sepi, hanya Air Asia dan Scoot yang kami temukan. Dari sini naik shuttle bus gratis ke terminal 2 yang terhubung dengan MRT ke kota. Ada juga akses ke Jewel, mal berbentuk bulat yang ada air terjun buatan tertinggi di dunia. Bisa foto gratis dengan latar belakang air terjun.
  2. Dari Changi bisa langsung ke Johor Bahru Malaysia, caranya naik MRT SGD 2.7 ganti di stasiun Tanah Merah dan Jurong East dan turun di stasiun Kranji, dari Kranji ke Johor naik bus CW1 bayar SGD 1. Bayar pakai uang pas.
  3. Kalau sudah keluar dari imigrasi bisa lanjut naik bus yang sama ke terminal Larkin untuk cari bus ke Kuala Lumpur dan kota lainnya. Jangan sampai keluar area imigrasi ke JB sentral lalu balik lagi ke dalam, tidak boleh. Kalau terlanjur keluar sebaiknya naik taksi atau Grab atau naik bis kota.
  4. Sayang kalau tidak jalan-jalan di kota Johor Bahru. Beberapa tempat yang menarik dikunjungi misalnya Salahuddin Bakery berdiri 1937(Jumat tutup),banana cake di Hiap Joo berdiri 1919, Muzium Warisan Tiong Hua Johor Bahru.
  5. Di terminal Larkin ada masjid yang menyelenggarakan salat Jumat, Idul Adha, Idul Fitri. Dari Larkin ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS) Kuala Lumpur makan waktu 4 jam. Jumat lalu sampai 6 jam karena jalan tol macet arus mudik idul Adha. Paling enak pesan online untuk memastikan tidak kehabisan tiket, di Larkin tinggal tukarkan print out nya dengan boarding pass bus. Johor-Kuala Lumpur tarifnya sekitar 34 Ringgit = Rp 126 ribu. Saya pesan di Easybook.
  6. Singapura dan Malaysia adalah tropis, lebih panas dan lembab daripada Yogyakarta. Pakai topi dan pakai baju katun supaya nyaman.
  7. Kereta KTM (KAI nya Malaysia) Komuter lebih bagus dan  ber AC dari komuter Jakarta, namun tidak tepat waktu/suka berubah. Beberapa kaca nya retak bekas kena lempar batu. Sedangkan monorel Kuala Lumpur sudah menua, tidak ber AC (panas) dan jadwal tidak teratur. Pintu pengamannya juga banyak yang rusak. Paling enak naik Grab, tarifnya 2-4x angkutan umum tergantung jam sibuk.
  8. Paling enak tinggal di dekat Menara Petronas KLCC. Karena ring 1 pusat bisnis, lingkungannya juga aman dan nyaman. Menyewa apartemen di AIRBNB juga  ada diskon sampai 102 Ringgit (340 ribu Rupiah) untuk penggunaan pertama.
  9. Beli kamar di Colmar lewat Agoda juga sangat menarik, karena mulai 440 ribu/malam, termasuk sarapan. Sangat murah jika dibandingkan di website nya langsung yang 200 Ringgit (700 ribu Rupiah). Demikian jya di eRYA by Suria Johor Bahru yang dekat dengan imigresen Malaysia.
  10. Singapura, Johor bahru, Kuala Lumpur merupakan kota yang dibangun sejak lama dengan rapi. Banyak diantaranya apartemen yang sudah tampak tua.
  11. Kuliner enak yang sempat saya cicipi di sana antara lain : Teochew famous cendol (beli dan bayar di aplikasi Fave), Hiap Jo banana cake, Nando’s chicken, Sarawak Bowl, nasi hainan Chee Meng.
  12. Tiket pesawat murah ada di Air Asia dan KLM (Belanda) dibanding maskapai lainnya.
Iklan