Tag

, ,

Internet murah di Malaysia ini saya perlukan karena awal Agustus 2019 ini kami (saya dan istri) berkesempatan jalan jalan ke Malaysia via Singapura. Hasil pencarian di internet saya menemukan Tunetalk, JavaSIM dan IM3 adalah yang termurah, masing-masing Rp 83 ribu, Rp 85 ribu dan Rp 150 ribu. Yang lain Telkomsel dan XL cukup mahal karena di atas 250 ribu.

Kali ini saya membahas Tunetalk, JavaSIM dan Indosat IM3 :

  1. Tunetalk

Seperti tulisan terdahulu, ini adalah perusahaan telekomunikasi satu grup dengan Air Asia. Paket untuk 7 hari (seminggu) kuota cepat 5 GB+biasa 10 GB harga nya 25 Ringgit (Rp 83 ribu), belum termasuk ongkos kirim. Jika mau dikirim ke Indonesia (keberangkatan masih lama lebih sebulan) ongkos kirimnya 7 ringgit (Rp 25 ribu). Total Rp 108 ribu. Kalau tidak mau kena ongkos kirim bisa di ambil di counter Tunetalk di Bandara KLIA2, Penang, Senai Johor atau Kota Kinabalu. Karena saya mendarat di Singapura, kartu Tunetalk saya pasang di handphone dalam kondisi mati dan baru saya hidupkan/aktifkan saat memasuki Malaysia.

Sayang ketika saya coba hidupkan di Johor Bahru sekitar JB Sentral sama sekali tidak ada sinyal. Saya cek pakai aplikasi signal Finder pun tak ada Tunetalk.

Saya baru bisa gunakan pada hari ke 4 dengan panduan call center yang saya hubungi via email terlebih dahulu. Meski akhirnya bisa digunakan, namun tidak maksimal, karena hanya terpakai 4 hari Dari 7 hari kuota.

2. JavaSIM

Saya beli di Tokopedia seharga Rp 85 ribu + ongkos kirim ke Yogyakarta Rp 18 ribu. Total Rp 103 ribu. Untuk pemakaian 5 hari. Kuota internet cepat 300 MB/hari, internet biasa unlimited/hari. Meski ini SIM universal berlaku di banyak negara, namun karena harus di setting operator negara tujuan (DIGI) oleh penjual (Red Zone) maka hanya bisa dipakai di Malaysia (sesuai permintaan). Selain Tokopedia, kartu ini juga dijual di Bukalapak dan Shopee.

“Beli PROMO Sim Card Malaysia 5 Hari Unlimited
https://tokopedia.link/eTmLxJqWQY di toko Red Zone Jakarta Rp85.000 di Tokopedia Sekarang! Dapatkan cashback 50% hingga 30Rb untuk pembelian pertama kamu dengan kode: TPAGU3179.”

SIM Card ini ternyata teregistrasi sebagai Chung Hwa Telecommunication Hongkong. Bukan nomor HP, melainkan hanya kuota yang kita dapat.

3. Roaming IM3

Tarifnya hanya Rp 150 ribu untuk 7 hari unlimited. Bisa dipakai di banyak negara, misal saat di Singapura bisa menggunakan jaringan M1 dan di Malaysia bisa menggunakan jaringan DIGI. Sayangnya tidak sempat pakai roaming ini karena sudah terlanjur beli 2 paket di atas.

Tapi saya beli paket 50 ribu/hari Unlimited, bisa pindah-pindah 6 negara. Sangat sepadan. Sepanjang jalan dari Changi hingga Johor (hari pertama) saya pakai paket ini, tethering dengan istri. Sinyalnya sangat kuat, bagus sekali. Recommended.

Kesimpulan :

Terbaik dan termahal pakai Roaming Indosat, berikutnya JAVA SIM, dan yang paling buruk karena telat bisa dipakai ya Tunetalk.

Disclaimer : bukan promosi karena ini berdasar pengalaman pribad.

Iklan