Tag

, , , ,

Pengalaman bulan lalu, Selasa 16 April 2019 mengurus perpanjangan SIM A&C 5 tahunan di Polres Banjarbaru Kalimantan Selatan. Sebenarnya kalau hari biasa bisa dilakukan di mobil SIM keliling. Namun karena persiapan Pemilu maka SIM keliling ditiadakan.

Prosesnya sangat mudah,

  1. datangi informasi tanyakan apa yang diperlukan. Yang diperlukan adalah SIM lama yang akan habis masa berlakunya (fotokopi bolak balik 2x), EKTP dan surat keterangan sehat.
  2. Surat kesehatan ini biasanya ada di klinik dekat Polres. Surat keterangan sehat untuk SIM A dan SIM C ini biayanya 60 ribu.
  3. Sesudah itu balik ke loket pengambilan berkas. Lengkapi data yang diperlukan. Serahkan kembali berkas yang sudah dilengkapi. Nanti akan dipanggil lagi untuk bawa berkas yang sudah diperiksa ke kasir BRI yang ada di situ juga.
  4. Bayar ke kasir BRI dan serahkan berkas. Biayanya Rp 155.000 untuk 2 SIM (A&C)
  5. Tunggu panggilan foto. Setelah foto biasanya oleh petugas fotonya diberitahu kapan bisa diambil. Biasanya pukul 14.00
  6. Ternyata pukul 11.45 SIM sudah bisa diambil, mungkin karena buru2 persiapan Pemilu.

Prosesnya cukup cepat, datang pukul 10.15, SIM jadi pukul 11.45. Hanya 1,5 jam dengan biaya Rp 217.000 untuk perpanjangan SIM A&C dengan rincian :

  • surat keterangan sehat Rp 60.000
  • perpanjangan SIM A+C Rp 155.000
  • fotokopi SIM lama dan EKTP Rp 2.000

Perpanjangan SIM A dan C ini sangat cepat jika dibandingkan pembuatan SIM karena belum punya atau SIM kadaluarsa. Dan perpanjangan SIM ini bisa dilakukan setahun sebelum masa berlaku SIM berakhir.

Iklan