Tag

, , ,

Selama 3 hari di Banjarbaru Kalimantan Selatan, kami gunakan transportasi umum tanpa menyewa kendaraan. Yaitu taksi bandara dan taksi online.

1. Taksi bandara Kojatas. Ini adalah taksi yang memonopoli transportasi dari bandara Syamsudin Noor. Tiket saya beli di terminal kedatangan setelah pengambilan bagasi. Tarifnya lebih mahal daripada taksi online. Misalnya dari bandara ke lapangan Dr Murjani Rp 95.000, padahal jaraknya hanya 12 km. Kalau di rata-rata Rp 8.000/km. Kondisi taksi kini lumayan baik, dengan sopir orang lokal yang ramah.

2. Taksi online Grab. Selain Grab ada juga GoCar. Kedua taksi online ini menawarkan tarif yang lebih murah, belum lagi ada kode promo diskon berkisar Rp 2.000-12.000 (saat ini kode promonya AUTOGAMPANG dan OVOGAJIAN). Untuk rute yang sama di atas tarifnya Rp 60.000. Atau Rp 5.000/ km.

Selain kendaraan di atas juga ada Gojek, Grab bike, angkutan kota, ojek offline. Kalau aktivitas kebanyakan di dalam kota, naik taksi online lebih murah daripada sewa kendaraan yang sewanya minimal Rp 250.000/hari belum termasuk bensin.

Iklan