Tag

, , , , ,

Executive lounge ini terletak di bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Ada 2 macam lounge, yaitu Concordia Lounge dan Concordia Premier Lounge. Akses pembayarannya satu tempat dengan tarif yang berbeda. Concordia Rp 100 ribu, Concordia Premier Rp 135 ribu. Perbedaannya yang Premier tempat duduknya berupa sofa empuk dan diantar pakai mobil khusus ketika naik pesawat, sedangkan yang Concordia biasa kursinya lebih keras dan tidak di antar mobil waktu ke pesawat. Persamaannya adalah dapat fasilitas free check in tiket & bagasi,WIFI (semua penumpang dapat karena fasilitas Angkasapura), serta makan dan minum sepuasnya.

tempat duduk Concordia Premier Banjarmasin

sofa versi lain Concordia Premier Banjarmasin

Karena jarang naik pesawat, tak apalah masuk ke Concordia Premier. Pembayaran bisa pakai kartu kredit maupun tunai. Untuk masuk ke Premier diberikan semacam kupon untuk diserahkan ke petugas di pintu masuk Premier. Kami masuk pukul 12.48 WITA, menunggu pesawat pukul 20.00 WITA. Artinya kami 7 jam berada di lounge ini. Antara pukul 12.48 – 16.00 WITA lounge ini sangat sepi, hanya 4 orang termasuk kami. Kami nikmati sepuasnya mumpung masih sepi. Penerbangan pun sangat sedikit, hanya 2 x panggilan boarding yaitu ke Balikpapan dan Makassar.

Ketika kami duduk langsung ditawari kopi atau teh. Lalu kami mulai menjelajah menu makanan all you can eat (makan minum sepuasnya) ini. Ada gorengan (pisang, singkong, tahu, tempe, pancake dengan topping coklat/strawberry), kue khas Banjar yang enak-enak (bingka,amparan tatak, petah,pare,puteri selat, serimuka, bolu caramel, kakicak), singkong Thailand, es buah (isi melon nata de coco selasih), jeruk lokal (madang), buah potong (pepaya, melon, semangka), nasi (putih, goreng sayuran, kwetiaw saus tiram) dan lauk (sate ayam, ayam woku belanga, ikan dori asam manis), soto (ayam banjar), sayur tumis labu siam, aneka mie rebus, aneka jus (jeruk, semangka, infused water lemon). Sangat sepadan mengingat banyaknya pilihan dan waktu menikmatinya yang lama (vs Hanamasa yang 200 ribu untuk 1 jam).

kue khas Banjar, singkong Thailand, jeruk madang, es melon

nama nama kue khas Banjar

hot drink & internet corner

noodle station

aneka gorengan (pisang, tahu, tempe) dan pancake

sate ayam yang tinggal separuh

tahu tek dengan sambal kacang petisnya serta soto banjar

nasi putih dan nasi goreng

tumis labu siam dan kwetiaw saos tiram

ikan dori asam manis dan ayam woku belanga

jus semangka, jeruk, infused water di cold drink station

Pukul 16.00 berduyun-duyun lounge ini dipenuhi konsumen. Jadi riuh dengan anak yang lari dan orang dewasa yang berbincang keras. Tapi hanya 1 jam saja, pukul 17.00 sepi kembali seiring panggilan boarding pesawat Citilink ke Surabaya.

Bacaan nya juga cukup banyak, ada majalah Mandiri/BTN/BJB Prioritas. Mungkin karena pengelola Concordia Lounge ini adalah Angkasapura, sesama BUMN dengan Mandiri/BTN. Selain berbayar, juga bisa diakses dengan membeli tiket eksekutif Garuda Indonesia, redeem poin kartu kredit, gratis untuk nasabah tabungan prioritas dan beberapa kartu kredit premium (infinity,world,solitaire).

Nilai plus lainnya adalah ada Coffee Corner dengan mesin kopi by order, saya pesan Cappucino, gratis, rasanya mirip sekali dengan kopi seharga Rp 20 ribu yang saya beli di Coffee Point Indomaret tadi malam, ada hot drink station (kopi, teh, milo, gula) lengkap dengan cemilan, internet, musholla, toilet pria/wanita.

coffee station

cappucino

musholla/surau

PC internet

toilet yang lengkap dengan semprotan air, tempat sampah dan gantungan baju

Memuaskan menikmati kenyamanan executive lounge Concordia Premier Banjarmasin ini. Petugas ramah, makanan minuman melimpah, internet cepat, ruangan bersih dan wangi, kursi empuk, mobil pengantar masih  baru. Mantap. Tapi jangan rakus makan minum, karena perut terlalu penuh bisa mengganggu kenyaman perjalanan. Nikmati secukupnya.

Catatan : makanan minuman sangat lengkap saat makan siang hingga sore (12.00-16.00), saat saya foto, ketika makan malam (18.00-19.30) tinggal setengah menu saja yang tersedia

Iklan