Tag

, , , ,

Kemarin, Minggu 7 April 2019 kami coba ke Saoeng Soenda yang merupakan bagian dari Paberik Badjoe. Ini kunjungan ketiga kali ke komplek Paberik Badjoe, namun baru kali ini berkunjung di hari Minggu dan makan di Saoeng Soenda. Ternyata kalau Minggu komplek Paberik Badjoe ini sangat ramai pengunjung, baik yang membawa kendaraan pribadi maupun bis. Karena itu, agar lebih santai lebih baik coba makanan di Saoeng Soenda yang berada di bangunan terpisah.

Kunjungan sebelumnya makan di Kafetaria yang ada resto Morning Glory nya. Hari Minggu ini terlihat ramai di segala sudut restoran, baik di dalam maupun di saung. Dan kebanyakan datang bersama keluarga besarnya. Di Kafetaria lebih ramai dan ada live music, sedangkan di Saoeng Soenda lebih tenang.

Kami memesan 1 paket nasi timbel komplit seharga 32 ribu, dan ala carte berupa nasi (pulen cukup untuk 2 orang) 6 ribu, pepes teri (dalam parutan kelapa yang dibumbui) 15 ribu, lalapan (segar dan banyak) 10 ribu, sambal goang (cabai hijau dan bawang) 5 ribu. Teh tawar hangat 2 gelas gratis. Total 77 ribu termasuk pajak dan layanan.

Yang paling berkesan buat saya adalah lalapan mentahnya yang banyak dan segar. Isinya ada daun poh pohan, leunca/ranti/terong pokak, kacang panjang, ketimun, tomat, selada air, kemangi. Dari googling dapat informasi kalau daun poh-pohan berguna untuk mengatasi nyeri otot, mencegah hipertensi,mengobati kencing manis, anti kanker, mensterilkan racun dalam tubuh, menjaga daya tahan tubuh dll. Leunca untuk anti peradangan, anti kanker, diuretik, antibiotik dll. Pantesan meski dimakan mentah bersama sambal goang yang super pedas perut tak ada masalah, padahal biasanya sambal pedas bikin mulas. Pencernaan pun lancar.

Mungkin kalau makan di sini lagi tak ketinggalan lalapan dan sambal. Bikin makan terasa menyehatkan. Kalau mau yang mewah tersedia seafood termasuk lobster hidup yang ada di akuarium. Tersedia pula surau dan toilet bersih di restoran ini.

Di belakang factory outlet Pebrik Badjoe dan toko Adidas terdapat kebun kale, sayuran super yang lagi digandrungi warga Amerika Serikat dan Eropa. Kalau ke Bandung bisa mampir ke Paberik Badjoe dan makan di kafetaria atau Saoeng Soenda nya.

Iklan