Tag

, , , ,

Membuat roti ternyata menyenangkan dan memberi kepuasan batin, bisa dikerjakan kapan saja terutama akhir pekan. Setelah beberapa kali bikin dengan bermacam bahan tepung dan urutan pembuatan, maka saya dapatkan formula yang saya anggap pas.

Yang terpenting adalah ada oven listrik, Yang di pasaran/marketplace (Tokopedia, Bukalapak, JD ID dll) mulai 250 ribu Rupiah untuk ukuran 9 liter (1 loyang) 600 watt. Untuk tepung, jika ingin hasil roti yang empuk/mantul seperti Sari Roti/My Roti pakai tepung protein tinggi (Cakra Kembar), kalau ingin yang lembut/soft pakai tepung serbaguna/protein sedang (Segitiga Biru, Mila, Sania).

Bahan untuk 1 loyang :

150 ml air (1 gelas kecil)

4 gram (1/3 bungkus) ragi fermipan

50 gram gula

50 gram margarine

1 butir telur ayam

300 gram tepung terigu.

Untuk isian bisa selai (nanas, strawberry, coklat, kacang), coklat batang, keju, dll.

Cara Membuat :

Campur air, ragi, gula, biarkan 10 menit sampai berbuih tanda ragi bereaksi dengan gula dan air.

Masukkan sebagian tepung terigu, telur dan margarin. Uleni dan tambahkan tepung terigu selama 30 menit hingga kalis /tidak lengket. Setelah kalis diamkan 30 menit.

Bagi menjadi 9 bagian, isi dengan selain/coklat batang/keju, bentuk bulat-bulat, lalu taruh di loyang. Biarkan 30 menit.

Masukkan ke oven listrik. Atur suhu 200 derajat Celcius, selama 25 menit. Lihat perubahan bentuknya (kelihatan kalau oven kaca), roti akan mengembang 2-3x selama pemanggangan dan akan mengeluarkan harum roti yang khas. Sedap betul.

Dapat dinikmati hangat-hangat atau menunggu dingin. Menurut saya jauh lebih enak roti buatan sendiri/tangan daripada roti buatan pabrik/mesin. Silakan mencoba.

ilustrasi roti kirbiecravings.com

Iklan