Tag

,

Mengawali blog tahun 2019, saya ingin membagikan pengalaman berkendara dari Madiun ke Yogyakarta lewat jalan tol. Sebenarnya tol baru dari Madiun ke Kartasura, dari Kartasura ke Yogyakarta lewat jalan raya ringroad Solo Jogja.

Dari Madiun ke Kartasura melintasi exit tol Ngawi, Sragen, Palur, Solo. Ada 3 rest area, salah satunya rest area KM 597 jalan tol Ngawi Kertosono. Rest area ini selain menyediakan tempat duduk untuk istirahat, makan dan minum, juga ada toilet gratis, mushola.

Jalan tol ini relatif baru, perdana digunakan saat lebaran 2018 Mei lalu. Masih relatif sepi, sehingga kadang sendiri saat melihat depan dan belakang (dari spion), tidak ada kendaraan lain. Rata rata kecepatan 80-100 km sesuai yang disarankan. Meski begitu banyak yg melaju diatas 120 km/jam utamanya mobil ber CC di atas 2500 cc.

Pemandangan kiri kanan berupa sawah, hutan jati, dan pemukiman. Pemandangan sunset sangat indah terlihat saat melintasi Sragen, Tajur dan Solo karena terlihat gunung Merapi Merbabu dengan awan keemasan. Sangat indah.

Madiun – Yogyakarta sejauh 177 km ini dapat ditempuh dalam 2 jam 52 menit. Dengan pembagian 100 km lewat tol Madiun- Kartasura ditempuh 1 jam 7 menit. Sisanya melalui jalan raya. Tarif tol Madiun – Kartasura ini Rp 110.000. Pakai emoney. Lumayan mahal tapi nyaman

Iklan