Tag

, , ,

Kantin Salman merupakan kantin yang ada di komplek Masjid Salman ITB jalan Ganeca no 7 Bandung, masjid kampus tertua di Indonesia yang namanya diberikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1964 untuk memfasilitasi mahasiswa muslim yang hendak sholat Jumat, dimana saat itu dilakukan di gedung Aula Barat. Pada Mei 1972 untuk pertama kalinya Masjid Salman dipergunakan untuk sholat Jumat.

Untuk ke sini bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk sepeda motor cukup mudah dan murah, tapi untuk mobil agak kesulitan karena sering penuh oleh mobil mahasiswa ITB. Kalaupun dapat parkir ongkos parkirnya juga kurang bersahabat, tukang parkir liar memungut 7000/mobil baik sebentar maupun lama. Maka dari itu saya coba parkir di dalam komplek masjid Salman saja melalui jalan Gelap Nyawang /samping Bank Muamalat, dimana tarifnya cuma 2000/jam pertama dan 1000 jam  berikutnya. Alhamdulillah masih ada slot kosong (informasi slot parkir tertera di panel elektronik setelah gate masuk).

Kantin Salman menyediakan makanan dan minuman yang terjangkau untuk semua kalangan, Contohnya nasi+sop+ayam goreng+segelas susu murni = Rp 17500. Rasanya lumayan.Variasi makanannya banyak, ada nasi, sop, sayur, tumisan, soto, pepes, ayam goreng, jerohan, telor dll, minumanny ada susu, yoghurt, es buah. Air mineral di galon gratis. Kue, keripik, rempeyek dan kerupuk juga ada, Kantin ini mendapat penghargaan Anugerah Pariwisata halal Terbaik 2016 Kementrian Pariwisata sebagai sentra kuliner halal terbaik.

Untuk kegiatan ibadah, masjid ini tak pernah kosong. Alas kaki bisa dititip ke penitipan, ataupun langsung masuk ke loker. Kini ada papan pengumuman pencuri yang tertangkap maupun yang dalam pengejaran (tertangkap CCTV). Di kawasan masjid ini juga sangat aktif kegiatan keagamaan, sosial maupun kemahasiswaan, Saat ini Wakaf dan rumah amal Masjid Salman sedang mengadakan wakaf pembangunan masjid Salman Rasyidi dan Rumah Sakit Salman Hospital di Soreang, ibukota Kabupaten Bandung. Informasi selengkapnya ada di http://wakafsalmanitb.org/.

Oh ya, Open House ITB 2018 diadakan 15-16 Desember 2018 lalu, namun untuk informasi dan pendaftaran S1/S2/S3 masih bisa dilakukan di link tersebut.

Iklan