Tag

, , , , , ,

Harga jual beli emas Antam di butik emas Antam dapat dilihat di http://www.logammulia.com yang diperbaharui tiap hari Senin sampai Sabtu sekitar pukul 08.45 WIB. Di situ tampak grafik harga emas Antam berubah dari hari ke hari. Investasi emas adalah investasi dari zaman dahulu kala dan sesuai untuk generasi milenial.

Setelah beberapa kali membeli emas di butik emas Antam, minggu lalu coba menjual emas Antam di butik emas Antam Bandung yang berada di Jl Ir H Juanda No 51 (dulu gedung Edward Forrer) tak jauh dari gedung lama. Kalau dari bawah setelah SPBU COCO Jl Ir H Juanda Bandung. Sebelum ke lokasi saya cek dulu perkiraan harga jual dan uang bersih yang akan saya terima.

Dari laman di atas ada informasi bahwa ada pajak untuk transaksi di atas 10 juta Rupiah, pajak 3% untuk tanpa NPWP dan 1,5% dengan NPWP. Hari itu harga jual emas Antam Rp 583 ribu per gram. Kalau jual 25 gram, transaksinya menjadi 14,575 juta kenapa pajak 1,5% (Rp 218.000) dengan NPWP, yang diterima menjadi 14,351 juta. Dikurangi lagi materai 6000 (transaksi di atas 1 juta).

Karena itu saya coba simulasikan jual 15 gram, berupa 1 keping 10 gram dan 1 keping 5 gram, edisi 2011 (waktu itu harga masih 415 ribu/gram). Dari simulasi tertera Rp 8,745 juta dikurangi materai 6000 jadi Rp 8,739 juta. Tanpa pajak.

Karena sudah cocok, berangkatlah ke butik emas Antam Bandung. Setelah pindah ke gedung baru, tempat parkirnya jadi lebih luas, dan satu area dengan toko oleh-oleh kekinian Aa Teteh yang bintang iklannya Ria Ricis. Ruangannya juga lebih lapang. Pukul 11.30 WIB saya disambut mas-mas pegawainya dan mengutarakan maksud. Karena sudah pernah transaksi, cuma perlu input no handphone, muncullah data saya. Saya serahkan emas yang saya jual dan dihitung kan uang yang akan diterima. Hasilnya persis dengan yang di laman http://www.logammulia.com. Emas yang diterima di situ hanya emas Antam bersertifikat. Terbitan kapan saja dihargai sama.

Prosesnya cepat, dan dapat info kalau uang penjualan tidak tunai, tapi transfer. Maksimal 1 hari untuk Bank Mandiri, 3 hari untuk bank BUMN yang lain. Oh ya untuk materai bisa bawa sendiri maupun beli di sana. Tanda tangan di atas materai. Penjual akan menerima copy kuning kwitansi dan kertas putih bon penerimaan buyback. Ada notifikasi sms banking Mandiri uang masuk pukul 20.50 WIB (hampir jam 9 malam).

Mengenai butik Antam Bandung, mereka jual beli emas 24 karat, dan emas batik. Kalau mau beli, untuk ketersediaannya silakan lihat di laman http://www.logammulia.com atau WhatsApp (lihat gambar di bawah). Semakin kecil gram emas yang akan dibeli, semakin besar selisih harga per gram nya dibanding harga jual kembali. Karena ongkos cetaknya sama (makin berat makin murah ongkos per gram nya). Contoh emas 1 gram harga belinya 671 ribu/gram, selisih 88 ribu (15%) dari harga jual kembali (583 ribu), sedangkan emas 100 gram harga belinya 613,9 ribu/gram, selisih 30,9 ribu (5,3%) dari harga jual kembali hari itu.

harga emas butik lm bandung

Iklan