Tag

, , , , , , ,

Saat ini banyak beredar uang dan dompet elektronik, baik yang diselenggarakan oleh bank, operator seluler maupun perusahaan finansial. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman beberapa uang elektronik yang sudah lama beredar antara lain : Flazz BCA, Emoney Bank Mandiri, Brizzi BRI, Tapcash BNI. Berfungsi pengganti uang tunai dalam bentuk kartu, cara pakainya tempel di mesin flazz, e money reader baik di toko, restoran maupun, pintu keluar parkir, pintu masuk jalan tol. Hanya dapat dipakai di Indonesia.

Screenshot_2018-12-13-19-22-50-030_com.miui.home

Sedangkan yang termasuk aplikasi dompet elektronik (harus diisi-tidak terhubung dengan rekening tabungan) antara lain : Doku, ECash Bank Mandiri, rekening ponsel CIMB Niaga, Sakuku BCA, Paytren, Ayopop, Tcash Telkomsel, OVO, Gopay, Dana, iSaku Indomaret. Cara kerjanya bermacam-macam, bisa pakai token, PIN, scan QR, tempel ke EDC. Hampir sama satu dengan lainnya. Cuma beda promo dan penyedia jasanya saja, masing-masing punya keunggulan dan kekurangan. Dari semua itu dompet elektronik terbaik yang dapat digunakan untuk belanja di luar negeri adalah Doku. Pengalaman saya pakai Doku sejak 2011, merasakan istimewanya ketika dapat digunakan untuk bayar Aliexpress (Tiongkok) dan Photobook (Malaysia) dengan hanya memasukkan User ID dan PIN. So simple. Mungkin bisa digunakan di tempat lain.

IMG_20181213_205619

Di tahap awal memang terasa hebat dan istimewa adanya kartu dan dompet elektronik ini. Namun lama lama biasa saja, serupa (seperti copy paste) bahkan cenderung pemborosan, karena saldo kita tercecer dimana-mana. Tapi ini juga memberikan aneka pilihan alat bayar elektronik tanpa iuran bulanan kepada masyarakat Indonesia.

Iklan