Tag

, , , , , ,

Stasiun Kiaracondong merupakan salah satu stasiun utama di Bandung, khususnya untuk kereta ekonomi subsidi (Pasundan, Kahuripan, Serayu, Kutojaya Selatan) dan KA lokal Bandung Raya & KA Cibatu. Kereta campuran (ekonomi, bisnis, esksekutif) seperti Malabar, Lodaya serta Mutiara Selatan juga mampir di sini.  Untuk ke/dari Jakarta, ada KA Argo Parahyangan pukul 12.45 dari Kiaracondong, 13.05 tiba di stasiun Bandung dan pukul 16.39 tiba di stasiun Gambir. Sebaliknya pukul 06.15 dari Gambir, 09.54 tiba di Bandung dan pukul 10.13 tiba di Kiaracondong. Sedangkan KA Serayu (Pasarsenen-Purwokerto) pukul 13.25 dari Kiaracondong, pukul 17.13 tiba di stasiun Pasarsenen, sebaliknya pukul 09.15 dari Pasarsenen, pukul 12.59 tiba di Kiaracondong.

Meski stasiun Kiaracondong berada di kawasan padat penduduk/kumuh yang naik/turun kereta di stasiun ini biasanya warga yang tinggal di perumahan elit dan baru Antapani, Margahayu, Gedebage, Buah Batu, Summarecon, Dayeuhkolot dan kawasan Bandung Timur/Selatan lainnya. Sedangkan stasiun Bandung posisinya sangat strategis, di pusat kota Bandung yang dekat dengan destinasi wisata seperti Braga, Pasar Baru, Lembang, Dago, Cihampelas, Balaikota, masjid Agung Alun alun Bandung dll.

Fasilitas stasiun Kiaracondong ini bagus dan lengkap (meski tak sebagus/selengkap stasiun Bandung). Kalau di stasiun Bandung ada toko oleh-oleh Kunafe, Makuta, Maxx Corner, Mayasari, Alfamart, Indomaret, Yomart,  Batiqa, brownies Amanda, Hoka Hoka Bento, Roti O, travel, ATM (Mandiri, BNI, CIMB Niaga, BCA), pool taksi (Blue Bird, AA, Gemah Ripah), maka di stasiun Kiaracondong saya lihat cuma ada Indomaret, Alfamart, ATM BNI dan warung snack kecil ke arah pintu keluar.

Berikut ini adalah gambar stasiun Kiaracondong :

 

 

 

Iklan