Tag

, , , , ,

Air Asia merupakan maskapai murah terbesar di Asia dan telah mendapat penghargaan sebagai maskapai murah terbaik dunia 10x dan bintang 4, meskipun sudah disusul Citilink yang juga mencapai bintang 4 pertama kali di tahun 2018.

Air Asia Indonesia punya 2 kode, QZ untuk jarak pendek dengan pesawat A320 sedangkan XT untuk jarak jauh, pesawat A330, meskipun kenyataannya menggunakan A320 dan jarak pendek juga untuk memenuhi syarat dari pemerintah Indonesia.

Air Asia Malaysia juga punya 2 kode, yaitu AK dan D7.AK untuk jarak pendek dengan pesawat A320, sedangkan D7 untuk jarak jauh dengan pesawat A330. Ini adalah Air Asia dengan armada dan rute terbanyak.

Sedangkan FD adalah Air Asia Thailand untuk rute pendek dengan pesawat A320.

Kesamaan dari semua pesawat Air Asia adalah belum termasuk-opsional biaya bagasi (kecuali domestik Indonesia sudah termasuk bagasi 15 kg), biaya pemilihan kursi, biaya asuransi, biaya makan minum, biaya comfort kit dll. Semua ikut promo yang ada di http://www.airasia.com dan program Air Asia BIG Point.

Perbedaannya ada di pilihan makanannya, hanya nasi lemak dan chicken rice yang ada di semua penerbangan Airasia. Lainnya khas negara masing masing misal QZ & XT (Indonesia) ada nasi padang, nasi kuning, nasi minyak dll, AK (Malaysia) ada nasi dagang, nasi kerabu, mee goreng dll, D7 (terbang dari Kuala Lumpur ke Jepang, Korea, Tiongkok) ada ayam szechuan, nasi goreng kimchi, nasi ayam teriyaki, sedangkan FD (Thailand) punya menu khas green curry jasmine rice, chicken basil dll. Semuanya pernah saya coba, semuanya enak dan halal.

Selain makanan, minumannya yang sama adalah Coca cola & kopi, yang beda air mineral (beda merk) dan minuman kaleng lainnya. Demikian pula snack nya berbeda, khas masing masing negara.

Semua penumpang Air Asia juga bisa baca di tempat majalah Travel 3 Sixty berbahasa Inggris. Namun untuk AK& XT ditambah majalah berbahasa Indonesia, sedangkan FD berbahasa Thailand. Karena tidak boleh dibawa pulang, semua boleh baca atau download di sini.

Kelebihan Air Asia Indonesia (in my opinion) pramugari/a lebih ramah daripada yang lain, mungkin karena sesama Indonesia, atau barangkali aslinya orang Indonesia lebih ramah.

Ada lagi Air Asia yang hadir belakangan, yaitu Air Asia India, Philippines dan Jepang, namun belum ada pengalaman naik ketiga macam Air Asia tersebut.

Iklan