Tag

, , , , , ,

Entah kenapa, malam ini semua terlihat cerah ceria di stasiun Tugu Yogyakarta. Mungkin efek dari keberhasilan menemukan batik bagus dengan harga terbaik buat acara nikah adik bulan depan, atau mungkin karena gembira jalan-jalan bersama keluarga tadi siang, atau mungkin terpengaruh orang yang gembira setelah liburan di Yogyakarta.

Beginilah sedikit suasana malam di stasiun Tugu Yogyakarta malam ini. Ada banyak kursi yang dilengkapi colokan/steker listrik, selain itu kafe dan toko oleh oleh masih buka. Untuk penumpang eksekutif dapat menikmati makanan minuman, bacaan dan bersantai menonton TV di Anggrek lounge berbiaya 50 ribu. Untuk umum ada juga mushola dan toilet.

Ada kereta tambahan yang berangkat pukul 23.05 dari stasiun Tugu Yogyakarta ke stasiun Gambir yang dipadati penumpang. Kereta ini start dari stasiun Solo Balapan. Sedangkan kereta Jayakarta jurusan Surabaya Gubeng terlihat kosong.

Kereta yang saya tumpangi adalah KA Malabar kelas bisnis yang berangkat dari stasiun Tugu pukul 23.30 dan tiba di Bandung pukul 08.00. Tarifnya sangat murah, hanya 60 ribu. Biasanya 300 ribu. Sedangkan ekonomi 50 ribu, biasanya 210 ribu, sedangkan eksekutif 100 ribu (keburu habis) , biasanya 500 ribu. Tarif ini diperoleh saat KAI Access online travel fair awal bulan lalu.

Fasilitasnya ada sewa selimut 10 ribu, bantal 15 ribu, ada juga penjualan makanan minuman. Ada colokan/steker listrik di tiap kursi. Toilet ada 2, tersedia di ujung depan dan belakang gerbong. Karena ke arah barat, kursi nomor 1 paling depan dan nomor 17 paling belakang.

Iklan