Tag

, , , , , , , , ,

Kini pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access yang dapat didownload di Playstore (Android) dan Apple store (iOS). Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pesan tiket, baik reguler maupun promo, melihat jadwal, memesan makanan minuman (pre order), dan informasi seputar kereta api Indonesia (ada majalah bulanan REL dll).

Caranya download dan update aplikasi KAI Access dan pastikan tiket tersebut sudah dibayar lunas. Lalu, untuk :

  • Tiket yang dibeli di aplikasi KAI Access : pilih fitur “My Trips”, pilih kode booking yang akan dibatalkan. Pada menu “E-Ticket”,klik tombol pembatalan, paling lambat 24 jam (1 hari) sebelum keberangkatan. Centang syarat & ketentuan (baca dulu kalau perlu), lalu klik proses pembatalan. Masukkan nomor rekening dan nama pemohon. Konfirmasi pembatalan. Review. Klik “Ya, saya yakin”. Lalu muncul “Selamat, pembatalan tiket berhasil”.
  • Tiket yang dibeli selain di aplikasi KAI Access (misal Traveloka, Tiket.com, Bukalapak, Tokopedia dll). Syaratnya nomor identitas (E-KTP)tiket sama dengan yang didaftarkan di akun KAI Access. Pilih menu “My Trips”, klik tombol tambah trip (+), cari kode pemesanan yg telah dipesan. Langkah selanjutnya seperti di atas.

Pembatalan dikenakan biaya 25%, dengan pembulatan keatas kelipatan 1000. Pengembalian dilakukan hari ke 30-45 setelah pembatalan tiket sukses, ke rekening bank yang dicantumkan saat pembatalan. Jadi, kini tak perlu repot lagi antri di loket untuk pembatalan tiket kereta api.

Sabtu, 1 Desember 2018

Tergoda promo KAI online fair, karena harga murah sekali dan waktu yang lebih nyaman, akhirnya membeli tiket bisnis promo seharga 60 ribu dari tarif normal 345 ribu (hemat 82%). Dan jam tiba dari yang jam 2 dinihari menjadi jam 7 pagi. Alhamdulillah.

Konsekuensinya, kena potongan 25%. Begini langkah membatalkan tiket kereta lewat aplikasi KAI Access :

 

 

Iklan