Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Siapa bilang taksi Blue Bird di Jakarta mahal?

Setidaknya pengalaman saya siang ini menemukan bahwa taksi Blue Bird lebih murah daripada Grab Car dan Go Car. Karena sampai akhir Agustus ada cashback 50% minimal argo 20 ribu, syaratnya bayar pakai TCash Telkomsel.

Sebagai perbandingan dari stasiun Gambir ke taman Menteng, kalau pakai GoCar Rp 22 ribu , sedangkan pakai Grab Car Rp 21 ribu. Pakai Blue Bird argo menunjukkan 23 ribu masih seperti estimasi di aplikasi My Blue Bird 22-26 ribu.

Namun karena pembayaran menggunakan TCash, lebih separuh dari biaya, 13 ribu dikembalikan ke saldo TCash (50%+8%~56,5%). Jadi cuma bayar 11 ribu.

Untuk memakai TCash perlu konfirmasi dulu ke nomor TCash yang akan dipakai. Sesudah OK, maka langsung terkoneksi/tertera pilihan bayar TCash beserta saldo yang tersedia. Cukup mudah.

Selain Blue Bird, tampaknya Grab juga kasih promo yang tak kalah menarik, kasih diskon 8 ribu (38%) kalau bayar pakai OVO cash. Sebagai salah satu sponsor Asian Games 2018 hari ini, tampaknya Grab tidak melewatkan dengan menampilkan mobil Grab bergerak membawa logo Asian Games 2018.

Kalau tanpa diskon, tarif dari stasiun Gambir ke taman Menteng (4,8 km) yang termurah sampai termahal adalah Grab 21 ribu, Gocar 22 ribu, Blue Bird 23 ribu.

Kesimpulan saya dengan adanya diskon, yang termurah Blue Bird hanya 11 ribu (diskon 50%+8% pakai TCash ), Grab Car 13 ribu (diskon 38% pakai OVO cash), termahal Go Car 22 ribu (tanpa diskon). Kalau tanpa diskon termurah Go Car dan Grab Car.

Malam minggu kami ke Monumen Nasional untuk menonton video mapping. Saya langsung berfikir pakai Grab Car saja. Dapat sopir ramah dan record nya bagus, bintang 5. Dari tarif 18 ribu, dapat diskon 7 ribu, sehingga saldo OVO saya terpotong 11 ribu. Macet luar biasa dari tugu tani hingga jalan Merdeka Selatan. Puas dengan layanan driver Grab ini. Driver yang saya pilih kebetulan yang direkomendasikan Grab. Luar biasa cara driver ini menghadapi situasi jalanan macet, dia tetap tenang sehingga tidak membuat penumpang stres.

Di Monas yang penuh dengan manusia, kami menikmati suasana hiburan video mapping yang gratis. Kami kebagian yang pukul 20.00 yang mundur baru diputar pukul 20.10. Menurut saya sih gambarnya OK, namun suaranya tidak OK, karena monas yang luas, suara menyebar kemana-mana, tidak jelas. Mungkin yang dekat speaker yang dapat mendengarkan narasi lebih jelas. Menurut saya liputan di TV lebih baik daripada menonton langsung ke Monas. Usai menonton, kami mampir ke food court lenggang Jakarta, yang suasananya mirip dengan food court di Singapura ataupun Malaysia. Semua makanan dihargai bulat 20 ribu atau 25 ribu. Untuk soto betawi 25 ribu, pempek 20 ribu. Soto betawi nya enak, seperti seharusnya. Ada vending machine sosro, disini saya beli teh botol yang hanya bisa dibayar dengan emoney bank Mandiri.

Saat pulang semua layanan taksi tampaknya penuh melayani penumpang baik dari Monas maupun dari stadion GBK. Maklum di GBK ada pembukaan Asian Games yang acaranya selesai bersamaan dengan kami pulang. Kami jalan kaki sampai stasiun Gambir dimana masih banyak keluarga nongkrong nunggu odong-odong, hiburan murah rakyat kecil. Sampai stasiun Gambir, saya coba cek My Blue Bird, mereka tidak melayani karena macet. Cek Grab tarifnya 50 ribu. Tinggal GoCar saja, meski 30 ribu untuk jarak 4,8 km ini, kami ambil saja.

Ahad, 19 Agustus 2018

Setelah sarapan di hotel, kami jalan-jalan dulu di taman menteng. Pukul 12.00 kami ke komplek GBK untuk menonton bola voli. Naik Blue Bird pakai TCash kena 35 ribu, cashback 50% + 8% jadi 15 ribu, padahal jauh lho dari Menteng ke GBK 7 km. Jalan-jalan di GBK ini diawali dengan drama karena akses masuk venue bola voli ditutup. Sesudah itu lancar, dan balik ke hotel pukul 21.00 naik Blue Bird, dengan tarif asli sama 35 ribu, namun cuma dapat cashback TCash 50%, jadi saldo TCash dapat cashback 17500.

Senin, 20 Agustus 2018

Kami check out dari hotel Ibis budget Menteng pukul 12.00, proses check out singkat dan lancar. Saya titip koper dulu karena mau jalan di taman menteng yang ada di samping kanan dan belakang hotel sampai pukul 14.30. Lalu ke stasiun Gambir menggunakan Grab, bertarif 17 ribu, diskon 7 ribu, saldo Grab Pay OVO saya berkurang 10 ribu. Kami pilih Grab, karena cashback Blue Bird hanya berlaku kalau transaksi di atas 20 ribu, padahal estimasinya pas 20 ribu yang kemungkinan aktualnya bisa kurang dari 20 ribu karena jalanan lancar, jadinya naik Grab saja.

Kesimpulan :

Selama bulan Agustus 2018 ada promo cashback 50% Blue Bird bayar pakai TCash minimal 20 ribu sebelum cashback. Jadi ini yang termurah.

Berikutnya Grab, kasih diskon 38% kalau bayarnya pakai OVO. Enaknya Grab adalah tanpa minimum transaksi. Dan karena sponsor resmi Asian Games, maka di aplikasinya pun tampak taksi membawa logo ataupun maskot Asian Games.

Untuk GoCar kena tarif normal, saat sibuk permintaan taksi, dia mudah didapatkan. Karena sesuai hukum pasar, semakin banyak pengejar diskon, makin sulit didapatkan taksi saat jam sibuk.

Karena itulah saya pilih naik kereta api dan kemana-mana naik taksi online, karena kenyamannya tidak bisa didapat di bus/angkutan umum, dan harganya yang kian bersaing.

Update 1 September 2018

Seiring memasuki bulan September 2018, ada perubahan cashback Blue Bird Tcash (10%) dan Grab OVO (Rp 1 untuk penggunaan pertama)

Iklan