Tag

, , , , , , , , ,

Kemarin saya coba belanja di AliExpress karena penasaran bagaimana sih belanja barang dari luar negeri. Biasanya beli di Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, Blanja dll.

AliExpress adalah perusahaan milik Jack Ma dari Tiongkok. Platform ini jual eceran. Saudaranya Alibaba, itu jual grosiran. Ada banyak produk yang menarik, seperti di bawah ini. Dan ada diskon 4 USD untuk pembelian pertama.

Drone pun ada dengan harga kurang dari 500 ribu Rupiah.

Cek di http://s.click.aliexpress.com/e/cTDepJKC

Cek di http://s.click.aliexpress.com/e/IuOXjRK?fromSns=WordPress.

http://s.click.aliexpress.com/e/cs8PtIMC?fromSns=WordPress.

http://s.click.aliexpress.com/e/bfM2rrg8?fromSns=WordPress.

Lalu bagaimana daftarnya?, bayarnya?, berapa ongkos kirimnya dan berapa lama sampainya?, kena cukai impor berapa?

Saya coba jawab satu persatu

  • Cara Daftar : buka website AliExpress.com atau download aplikasi AliExpress di Android/Iphone. Isi data yang diminta, kurang lebih sama lah dengan marketplace di Indonesia. Nama, alamat, email, nomor handphone.
  • Bayarnya pakai kartu kredit, saya sudah coba Mandiri, bisa. Bagaimana kalau tidak punya kartu kredit? bisa bayar pakai Doku. Doku itu mirip OVO, TCash, Paytren, sama sama alat bayar elektronik. Data yang diminta kurang lebih sama dengan bikin akun OVO, TCash dll. Download saja aplikasi Doku di Android.
  • Kalau mau cepat /seminggu ongkos kirimnya mahal, ratusan ribu. Tapi banyak juga yang gratis ongkos kirim, biasanya lama sekitar 30 hari/1 bulan dan dikirim ramai-ramai dari Tiongkok sana pakai kapal laut. Kalau perlu cepat beli di marketplace lokal saja deh.
  • Untuk barang senilai dibawah 50 USD bebas cukai. Seperti lazimnya barang dari luar, mungkin kardusnya dibuka diperiksa isinya.

Saya rasa perlu dicoba sekali-kali beli di AliExpress. Meski sudah pernah jalan-jalan ke daratan Tiongkok (Shenzen) tahun 2013, tapi baru kali ini saya beli online dari sana. Nanti kalau barang pesanan saya sampai saya ceritakan lagi. 😀

Jumat, 31 Agustus 2018

Alhamdulillah pesanan pemotong bawang sudah sampai hari ini, berarti perlu waktu 13 hari (hampir 2 minggu) sejak tanggal pembelian 8 Agustus 2018 lalu. Gratis ongkir, padahal dikirim dari Foshan Tiongkok, dengan nilai barang 12 sen USD (Rp 1800), mereka jual 81 sen USD (Rp 12000), artinya free ongkir itu arti sebenarnya Rp 10200 ditambahkan ke harga barang.

pemotong bawang bombay.jpg

Iklan