Tag

, , , , , , , , , , , ,

“Yo ayo yo ayoyo yo ayo….. “

Mencari informasi Asian Games 2018 semakin mudah. Meski laman http://www.asiangames2018.id minim informasi, informasi Asian Games 2018 bertebaran di internet . Mari sukseskan event yang sangat langka ini.

Kamis, 16 Agustus 2018

Menjadi pengalaman baru buat kami menonton langsung Asian Games 2018 di stadion. Sore kemarin kami ke stadion Jalak Harupat Soreang Bandung untuk menyaksikan pertandingan antara Malaysia vs Kirgiztan dan juara bertahan Korea Selatan vs Bahrain. Untuk ke sana kami melalui jalan tol baru Soroja yang tersambung tol Padaleunyi. Jalan tol ini terbuat dari semen, berbeda dengan tol umumnya yang terbuat dari aspal. Serasa di negara maju karena jalan begitu bersih dan mulus, tampak pabrik dan sawah, beda dengan pemandangan jalan biasa yang padat pemukiman. Kami sempat kesasar, harusnya keluar di exit tol stadion jalan harupat. Pemeriksaan cukup ketat, mulai dari exit tol, pintu masuk stadion, sampai stadionnya sendiri banyak sekali polisi, satpol pp, dan tentara. Begitupula petugas dan volunteer/sukarelawan juga proaktif menyambut para penonton, tidak ada yang sibuk dengan gadgetnya. Sebelum masuk stadion saya menukar dulu lembar tiket kiostix dengan tiket fisik.

tiket asian games 2018

tiket Asian Games 2018

turis korea

turis Korsel

Sangat menarik warna warni pakaian, booth dan para sponsor event Asian Games kali ini. Banyak spot buat foto-foto, promo produk sponsor, UKM Kabupaten Bandung dan deretan mesin ATM (BNI/BRI/Mandiri). Saldo emoney saya sudah menipis, tak cukup untuk pulang lewat tol nanti, untungnya sinyal Telkomsel di stadion sangat bagus sehingga proses isi saldo emoney Mandiri lewat internet banking lancar. Dan adanya mesin ATM bisa untuk mengupdate saldo, sebelumnya saya gagal mengisi saldo emoney di mesin ATM. Toilet di stadion juga terawat, airnya melimpah, berbeda dengan mushola di depan stadion, tidak ada air di toilet, air di tempat wudhu juga kecil sekali. Dan satu lagi stand sponsor sangat menarik, yang paling menarik buat saya ada stand Indomilk yang jual paket isi 7 kotak susu aneka rasa seharga 30 ribu dalam kemasan tas tali, kotak bergambar maskot Asian Games 2018 dalam bermacam cabang olahraga. Ada varian baru yaitu 2 rasa good to go (susu+sereal), 2 susu rasa mangga,1 susu rasa pisang, susu UHT, susu coklat. Selain Indomilk, ada stand Indofood dengan mie cup tema Asian Games rasa ayam lari, baso tenis, dan ikan renang. Ada pula Alfamart yang kelihatannya sangat ramai. Selain itu ada bank BRI/BNI/Mandiri dan juga PT PP yang memasarkan apartemen. Kalau mau makanan berat, ada UKM yang jual nasi bungkus. Untuk parkir tersedia banyak dan gratis. Tukang parkir liar pun segan karena banyaknya petugas keamanan.

paket Asian Games 2018 indomilk

paket Indomilk 30 ribu Rupiah

Oh ya, setelah menukar tiket fisik (di sini petugas loket 1 yang berambut panjang salah info kalau keluar stadion tiket tidak bisa untuk masuk lagi, padahal sebenarnya bisa buat nonton semua pertandingan berikutnya, kuncinya baca informasi yang tertera di tiket, bukan omongan petugas yang belum tentu paham), ada pemeriksaan seperti di bandara, barang bawaan di scanning. Sesudah itu kami ditunjukkan arah pintu masuk oleh volunteer, di gerbang masuk luar ada pemeriksaan dan scan tiket, di pintu stadion ada scan logam satpol pp, disini barang bawaan diperiksa. Tidak boleh bawa botol minuman, makanan dan rokok. Nanti di dalam ada yang keliling jual produk sponsor.

Pertandingan Malaysia vs Kirgiztan berlangsung seru, Malaysia menang 3-1. Penonton dari negeri jiran ini juga banyak yang datang. Untuk penonton Indonesia kebanyakan anak SMP/SMA sekitar stadion yang difasilitasi (gratis) pemerintah daerah. Karena bukan tim nasional Indonesia, anak-anak SMP ini malah teriak support Persib. Jadi kurang asyik nontonnya, tidak fokus ke pertandingan, malah lihat tingkah polah anak yang beranjak alay. Beda ceritanya dengan pertandingan Korsel vs Bahrain. Supporter Korsel ini tampil all out dengan kaos timnas mereka, tua muda semua kompak mendukung timnas Korsel. Mungkin ada 600 an supporter, lengkap dengan drumb dan terompet yang menghidupkan suasana. Indonesia pun jadi fokus melihat pertandingan. Dan Korsel pun menang besar, 6-0. Kegembiraan tersebut berkurang karena lihat streaming vidio.com, pada saat yang sama timnas Indonesia kalah 1-2 vs Palestina di Bekasi. Streaming Telkomsel di stadion ini lancar tanpa buffer.

jalak harupat malam

stadion di waktu malam

korea vs bahrain

pertandingan Korsel vs Bahrain

penonton korea

penonton Korsel

penonton malaysia

penonton Malaysia

skor korea vs bahrain

sampai akhir babak 1 5-0, skor akhir 6-0

Menurut saya, cukup sepadan harga tiket yang 75 ribu ini untuk menonton pertandingan babak penyisihan Asian Games. Lebih sepadan lagi kalau yang main timnas Indonesia, lebih seru. Parkir luas dan gratis, toilet stadion yang melimpah airnya menjadi nilai plus. Sedangkan petugas loket yang kurang paham aturan dan toilet mushola yang tidak ada air menjadi nilai minus. Kehadiran petugas keamanan dan volunteer di tiap sudut, serta kemeriahan stand penjualan menjadikan event ini menjadi terasa istimewa.

Rabu, 15 Agustus 2018

Tampaknya Asian Games 2018 ini menjadi perhatian warga Asia. Terbukti kemarin ada protes dari Qatar dan Vietnam yang tak bisa menonton pertandingan yang disiarkan live streaming di Vidio. Com. Tak kurang akal, mereka buka pakai VPN Indonesia

Senin, 13 Agustus 2018

Alhamdulillah tadi malam di pertandingan pertama Indonesia menang sepakbola melawan Taiwan dengan skor akhir 4-0.

IMG_20180812_210505.jpg

Siaran langsung Asian Games 2018 selain melalui Indosiar untuk pertandingan Indonesia, bisa juga disaksikan di TVRI untuk pertandingan selain tim Indonesia. Selain itu ada 2 channel khusus Asian Games 2018, bisa dilihat di https://www.vidio.com/live/6287-live-streaming-asian-games-kly dan https://www.vidio.com/@asiangames. Dua channel ini cocok buat yang merasa terganggu dengan komen tidak penting komentator sepakbola yang biasa ada di TV terestial (Indosiar, SCTV dan semacamnya), jadi menonton di 2 channel khusus ini seperti melihat langsung di stadion. Selain melalui laman/website, kita bisa juga menonton di aplikasi Vidio yang bisa di download di Playstore.

Adapun jadwal lengkap pertandingan Asian Games 2018 ini sebagai berikut :

Sabtu, 11 Agustus 2018

Pertandingan pertama Asian Games 2018 sudah dimainkan Jumat kemarin dengan pertandingan pertama sepakbola antara Hongkong vs Laos yang berakhir 3-1 dan dilanjutkan pertandingan antara Taiwan vs Palestina yang berakhir 0-0. Obor Asian Games sudah sampai Bandung dilanjutkan besok ke Garut.

Kamis, 9 Agustus 2018

Indonesia menjadi tim terbesar dalam Asian Games 2018. Jika empat tahun lalu, Indonesia mengirimkan 188 atlet, untuk penyelenggaraan yang ke-19 kali ini, akan ada 937 atlet yang bertanding di 40 cabang olah raga. Bila ditambah manajer, tenaga pendukung, dan pelatih, total kontingen Indonesia adalah 1.303 orang.

Dari 36 cabang olah raga yang akan diikuti oleh Indonesia di Asian Games 2018, berdasarkan analisis Deputi IV Kemenpora, ada 10 cabang olah raga andalan yang akan menjadi tumpuan Indonesia untuk mendulang medali emas. Sepuluh cabang olah raga tersebut yakni paralayang, jet ski, bridge, pencak silat, dayung, bulutangkis, wushu, angkat besi, panjat tebing, dan taekwondo.

Indonesia mematok bisa meraih 12 medali emas. Empat tahun lalu, Indonesia finis di posisi 17 dengan 2 medali emas.

Grup A

10 Agustus 2018
Laos vs Hongkong
Palestina vs Taiwan

12 Agustus 2018
Palestina vs Laos
Taiwan vs Indonesia

15 Agustus 2018
Hong Kong vs Taiwan
Indonesia vs Palestina

17 Agustus 2018
Hongkong vs Palestina
Laos vs Indonesia

20 Agustus 2018
Taiwan vs Laos
Indonesia vs Hong Kong

Grup B

14 Agustus
Uzbekistan vs Banglades
Thailand vs Qatar

16 Agustus
Banglades vs Thailand
Qatar vs Uzbekistan

19 Agustus
Banglades vs Qatar
Thailand vs Uzbekkistan

Grup C

14 Agustus
China vs Timor Leste
UEA vs Suriah

16 Agustus
Timor Leste vs UEA
Suriah vs China

19 Agustus
Timor Leste vs Suriah
UEA vs China

Grup D

14 Agustus
Vietnam vs Pakistan
Jepang vs Nepal

16 Agustus
Pakistan vs Jepang
Nepal vs Vietnam

19 Agustus
Pakistan vs Nepal
Japan vs Vietnam

Grup E

15 Agustus
Kirgistan vs Malaysia
Korea Selatan vs Bahrain

17 Agustus
Bahrain vs Kirgistan
Malaysia vs Korea Selatan

20 Agustus
Malaysia vs Bahrain
Korea Selatan vs Kirgistan

Grup F

15 Agustus
Arab Saudi vs Iran
Korea Utara vs Myanmar

17 Agustus
Iran vs Korea Utara
Myanmar vs Arab Saudi

20 Agustus
Iran vs Myanmar
Korea Utara vs Arab Saudi

Rabu, 8 Agustus 2018

Akhirnya dengan sedikit kerumitan, saya menemukan jadwal pertandingan Asian Games 2018 di http://www.kiostix.com/id/AsianGames2018. Di situ ada timetable yang menunjukkan pertandingan pertama yaitu Sepak Bola Pria Grup A akan berlangsung hari Jumat ini, 10 Agustus 2018 di stadion Patriot Bekasi, antara Laos vs Hongkong (jam 4 sore) dan Palestina vs Taiwan (jam 7 petang), harga tiketnya mulai 75 ribu untuk kategori B yang posisi penonton ada di belakang gawang. Untuk kategori A-samping lapangan 300 ribu dan VIP 500 ribu.

Timnas Indonesia akan main hari Minggu, 12 Agustus 18 melawan Taiwan, Rabu 15 Agustus 18 melawan Palestina, Jumat 17 Agustus 18 melawan Laos, dan Senin 20 Agustus 18 melawan Hongkong.

Ada banyak pertandingan yang bisa dipilih dan dibeli tiketnya di http://www.kiostix.com. Untuk nasabah Bank Mandiri, BNI, dan BRI ada bermacam penawaran diskon tiket nonton, yang link masing-masing ada di kalimat tadi. Tadi saya sudah coba membeli 2 tiket penyisihan Sepak Bola Pria @75 ribu, total 150 ribu. Bayar pakai kartu kredit Mandiri dan memasukkan kode voucher MANDIRIFBL dapat diskon 73%,hanya tersedia 45 tiket, total tiket menjadi 48500 (tiket 40500, admin fee 8000). Hemat 101500. Sangat lumayan.

Selasa, 7 Agustus 2018

Berikut daftar kekurangan yang terlihat sampai hari ini

1. Laman http://www.asiangames2018.id kurang informatif, minim informasi yang diperlukan oleh supporter, misalnya jadwal pertandingan dalam bentuk tabel, informasi akomodasi terdekat, transportasi umum ke stadion

2.Belum ada aplikasi Android /IOS untuk Asian Games 2018 ini, masih kalah dengan Sea Games 2017 Kuala Lumpur dan Olimpiade 2016 Rio yang jauh hari sudah menyiapkannya.—> ternyata sudah ada, namun kurang terlihat di playstore

3.Tidak adanya koin peringatan Asian Games 2018, padahal selevel Sea Games 2017 saja mereka bikin koin emas bekerja sama dengan swasta.

4.Belum jelasnya official song Asian Games 2018, di radio suka-suka yang putar lagu.

5.Baru terlihat beberapa sponsor yang getol mengeluarkan produk bertema Asian Games 2018, misal Indomie, Indomilk, Alfamart, Aqua. Lainnya masih adem ayem. Bahkan di majalah Garuda bulan Agustus 2018 ini juga tidak ada bahasannya, meskipun bukan sponsor (Qatar Airways malah yang jadi sponsor) , apa pantas diam-diam aja, padahal besar kemungkinan dapat rezeki dari mengangkut penonton Asian Games 2018 baik dari dalam maupun luar negeri.

Itu baru untuk dunia maya. Di dunia nyata, masih banyak pihak yang saling menyalahkan, kenapa pasang bendera negara peserta pakai bambu, kenapa yang melukis gambar Asian Games di tempat umum bukan seniman, malah pasukan kuning. Dan seterusnya dan seterusnya.

Sebagai penonton berharap semoga dalam waktu singkat semua kekurangan dapat dibenahi, semoga setelah selesai pendaftaran capres/cawapres tanggal 10 Agustus nanti, semua pihak terutama yang mengemban amanah rakyat, fokus menyukseskan gelaran olahraga terbesar di Asia ini. Amin.

Brosis, check out what I found on AliExpress http://s.click.aliexpress.com/e/IuOXjRK?fromSns=WordPress. New users can get a US $4 coupon!

Iklan