Tag

, , , , , , , , , , , , , , ,

Kurang dari sebulan lagi kita akan menyambut hari raya kurban, hari raya Idul Adha. Ibadah kurban hukumnya adalah sunnah muakkad, atau sunnah yang dikuatkan. Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan ibadah kurban sejak disyariatkannya sampai beliau wafat. Ketentuan kurban sebagai sunnah muakkad dikukuhkan oleh Imam Malik dan Imam al-Syafi’i.

Assalamualaikum , check out what I found on AliExpress http://s.click.aliexpress.com/e/IuOXjRK?fromSns=WordPress. New users can get a US $4 coupon!

Kurban bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah supaya mendapatkan keridhaan-Nya. Sedangkan dari sisi sosial, kurban menggembirakan kaum fakir pada Hari Raya Adha. Sebaiknya daging kurban diberikan kepada mereka yang membutuhkan, boleh menyisakan secukupnya untuk dikonsumsi keluarga yang berkurban, dengan tetap mengutamakan kaum fakir dan miskin. Allah berfirman:
“Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.” (QS. al-Hajj, 22:28)
Kriteria-kriteria usia dan jenis hewan kurban, yaitu: a. Domba (dha’n) harus mencapai minimal usia satu tahun lebih, atau sudah berganti giginya , b. Kambing kacang (ma’z) harus mencapai usia minimal dua tahun lebih, c. Sapi dan kerbau harus mencapai usia minimal dua tahun lebih, d. Unta harus mencapai usia lima tahun atau lebih.
Sekitar 10 tahun terakhir ini ada beberapa lembaga sosial Islam yang menyelenggarakan pengadaan kurban secara online. Pekurban tinggal memilih kemana kurban dialokasikan, bayar, dan setelah pelaksanaan kurban, pekurban akan mendapatkan email yang berisi foto hewan kurban yang dikalungi tulisan nama pekurban, dan para penerima daging kurban serta sertifikat kurban.
Lembaga tersebut antara lain :
1. Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui program global qurban
Kambing/1/7 Sapi Rp 1.700.000/ekor, berat > 27 kg
Sapi Rp 11.900.000/ekor, berat > 220 kg
Kambing/1/7 Sapi untuk Palestina dan Suriah Rp 4.750.000/ekor, berat > 45 kg
Sapi untuk Palestina dan Suriah Rp 33.250.000/ekor, berat > 400 kg
Indonesia berqurban.jpg
2. Dompet Dhuafa (DD)
Harga khusus Early Bird hingga 5 Agustus 2018.
Kambing Standar Rp 1.799.000/ekor, Harga Normal Rp1.975.000, Berbobot 23-28 kg
Kambing Premium Rp2.799.000/ekor, Harga Normal Rp2.975.000, Berbobot 29-35 kg
3. PKPU melalui program Sebar Qurban Nusantara (SQN)
Qurban PKPU memiliki 4 Type :
pkpu sqn 2018

Type A : Rp 1.595.000, Jenis hewan : Sapi atau 1/7 sapi, Penyaluran di wilayah Afrika (Somalia, Kenya), Penyaluran di wilayah Nusantara (Makassar, Gorontalo, Palu, Kendari, Ambon, Seram, Buru, Manado, dan Luwuk)

Type B : Rp 1.995.000, Jenis hewan : Kambing/domba, Sapi atau 1/7 sapi, Penyaluran di wilayah Asia (Myanmar, Pengungsi Rohingya di Cox Bazzar-Bangladesh), Penyaluran wilayah Nusantara (Sumatera, Jawa, NTB, NTT, dan Kalimantan)

Type C : Rp 2.495.000, Jenis Hewan : Sapi, Penyaluran di wilayah pelosok dan Pulau Terluar Indonesia (Papua, Mentawai , Pulau Rote)

Type Khusus : Suriah atau Palestina Rp 4.995.000

Berat hewan kurban untuk type A ,B, C yaitu : Kambing : ±23 kg, Sapi : ±230 kg

Di sini terlihat urutan dari yang paling murah kurban kambing/1/7 sapi di PKPU-SQN Rp 1,59 juta, ACT Rp 1,7 juta dan Dompet Dhuafa Rp 1,799 juta. Pengalaman kurban yang lalu, beli secara offline lebih mahal daripada online, untuk kambing sekitar Rp 2,5 juta. Hal ini wajar mengingat sesuai hukum pasar, semakin besar demand/permintaan dan semakin terbatas supply/persediaan, maka harga semakin tinggi. Lembaga kurban ini biasanya punya peternakan kambing/sapi, bahkan PKPU-SQN punya program Qurban Progresif dimana jika pekurban beli pada September 2017 (sebulan setelah Idul Adha tahun lalu) harga kambing masih Rp 1,2 juta. Jadi kalau mau lebih murah bisa beli kurban jauh sebelum Idul Adha.

qurban progresif.jpg

Selain 3 lembaga di atas, ada 2 lembaga lagi yang saya temukan, namun belum pernah ber kurban di sana, jadi belum ada pengalaman, yaitu :

4. Dompet Sosial Madani (www.dompetsosial.id)

dompet sosial.jpeg

5. Peduli Muslim (www.pedulimuslim.com)

peduli muslim.jpg

6. Rumah Zakat melalui program Superqurban
harga kurban sudah termasuk pengolahan daging kurban menjadi kornet atau rendang yang praktis dan tahan lama.
Paket termurah kambing seharga Rp 2.375.000 yang akan diolah/dikemas menjadi 30 kaleng kornet atau 25 kaleng rendang.
produk superqurban
Pembelian bisa dilakukanlangsung di website tersebut, tapi banyak juga yang dapat dilakukan di marketplace misalnya Bukalapak, Tokopedia atau Blanja.com, kalau tidak muncul di halaman muka tinggal search nama organisasi penyelenggara kurban misal : ACT, PKPU, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat. Nanti akan muncul pilihan program.

Setelah transaksi berhasil, beberapa waktu kemudian (sebelum kurban) pekurban akan menerima sertifikat kurban seperti berikut ini

sertifikat kurban.jpgsertifikat kurban dari global qurban ACT

Setelah dilakukan pemotongan, akan dikirimkan foto hewan kurban beserta profil penerima dan daerah penerima kurban. Format laporan tiap organisasi penyelenggara kurban berbeda-beda, ada yang berupa sertifikat fisik berikut foto, ada yang cuma email sertifikat, ada juga yang memberikan souvenir. Tapi apapun bentuk laporan dan souvenirnya yang paling penting kurban dapat dipertanggung jawabkan, diterima oleh yang memerlukan dan penyembelihan dilakukan diwaktu yang sudah ditentukan, sehingga amal kurban kita diterima Allah SWT. Amin

 

sertifikat kurban PKPU

Iklan