Tag

, , , , , , , , , , , , , ,

Saat ini kita masuk bulan puasa Ramadan 1439 H. Kuantitas ibadah umat Islam yang beriman biasanya meningkat karena pahala dilipatgandakan, namun disisi lain dalam kondisi puasa.

Nah, untuk mendukung kelancaran aktivitas di saat bulan puasa perlu asupan gizi yang cukup dengan makanan sehat.

Apa saja makanan sehat itu?, apa saja kandungannya dan berapa banyak yang diperlukan tubuh?

1. Air

Unsur ini sangat penting bagi mahluk hidup. Setiap manusia dewasa rerata perlu 2 liter air. Dengan asumsi 1 gelas = 250 ml, maka perlu 8 gelas air per hari. Selama puasa dapat diatur misal 1 gelas minuman manis (kolak, teh, kopi, sirup dll), 1 gelas air putih. Sebelum tarawih minum 1 gelas air putih, setelah tarawih/tadarus 2 gelas, 1 gelas saat bangun tidur, 2 gelas saat sahur. Jika makanan kita banyak kuahnya bisa dianggap 1 gelas. Lebih baik lagi dalam kondisi hangat.

Minuman segar saat buka puasa misalnya FANTA ORANGE MILK. Caranya blender 1/2 liter susu cair dengan 100 gram susu kental manis, lalu simpan di freezer. Bekukan. Setelah mengeras, tuang di mug. Campur dengan 1/2 liter Fanta jeruk. Segar.

WEDANG UWUH adalah minuman khas Jogja yang dalam 1 jug bisa diisi 1 batang serai atau lebih, 3 daun salam, 3 iris jahe, 10 butir cengkeh, 1 kantung teh melati lalu diguyur air mendidih sampai jug penuh, lalu ditambah gula secukupnya.

Bicara cengkeh, ini kandungan dan khasiat nya (dikutip dari Kompas.com) :

10 butir cengkeh (2 gram) mengandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi 30% kebutuhan mangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh.Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, meski jumlahnya sedikit. Khasiat cengkeh : 1. Melindungi dari kanker, Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker.Cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas.Kekuatan antioksidan dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.Penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif sehingga memicu berbagai penyakit kronis.Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai menyebabkan penuaan.

2. Membunuh bakteri penyebab penyakit,Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh efektif membunuh bakteri E. coli yang dapat menyebabkan kram perut, diare, hingga kelelahan.Cengkeh juga membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis).Jika tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

3. Meningkatkan kesehatan hati,Tak hanya melindungi tubuh dari kanker, eugenol dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan hati.Sebuah penelitian hewan yang dilakukan pada tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan.Penelitian lain menunjukkan bahwa eugenol membantu meredakan gejala sirosis hati. Mengonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu menurunkan kadar GST, enzim yang sering menjadi tanda penyakit hati.Namun demikian, perlu diingat bahwa eugenol dapat berbalik menjadi racun bagi hati jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Satu studi kasus menunjukkan bahwa 5-10 ml minyak cengkeh pada anak-anak dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius.

4. Menjaga kesehatan tulang.Pengeroposan tulang dapat meningkatkan risiko mengalami osteoporosis. Nah, sebuah penelitian melaporkan bahwa senyawa aktif dalam cengkeh terbukti membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang.Kandungan mangan dalam cengkeh juga membantu proses pembentukan tulang, dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

5. Mengobati sakit maag.Sakit maag paling sering disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti stres dan infeksi.Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

6. Mengendalikan kadar gula darah.Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah.Penelitian lain mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia maupun pada tikus dengan diabetes.Cengkeh dan nigericin ditemukan untuk meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin.Insulin merupakan hormon yang bertanggungjawab untuk memindahkan gula dari darah ke sel. Dalam kombinasi dengan diet seimbang, manfaat cengkeh bisa membantu menjaga kadar gula darah.

2. Protein

Daging/Meat : membuat kenyang lebih lama, dan menjaga kestabilan gula darah.

Buka puasa hari kedua kemarin berbuka dengan SOTO KERBAU yang konon asli kudus. Beli daging kerbau saat ada promo daging sapi dan daging kerbau 77.900/kg di Hypermart/Giant/Carrefour.Kebetulan sudah lama sekali tidak makan daging kerbau. Seingat saya dulu enak sekali.

daging kerbau yang lagi promo di hypermart

Resep dan cara memasak soto kerbau adalah sbb :

Bahan : 500 gram daging kerbau (bisa diganti sapi atau ayam), direbus dalam 3 liter air sampai empuk

Bumbu halus/tumis :

7 siung bawang merah

5 siung bawang putih

1 sendok ketumbar

1 sendok merica

1 sendok kemiri

2 batang serai diiris

3 daun jeruk purut

1 ruas jahe

Semua bumbu dihaluskan, kemudian ditumis. Setelah wangi, tumisan bumbu dimasukkan ke rebusan daging. Rebus lagi sampai meresap.

Siapkan mangkuk yang berisi nasi, irisan seledri, irisan kol dan irisan tomat. Guyur dengan kuah soto kerbau. Hmm, enak sekali.๐Ÿœ๐Ÿ˜‹

Kemarin coba buka puasa dengan menu CHICKEN WING. Caranya mudah, campur 250 gram sayap ayam (8 sayap) yang sudah dipotong 3 menjadi 24. Taburi parutan jahe dan bawang putih. Masukkan pendingin 2 jam. Lalu lumuri dengan kocokan telur, dan terakhir taburi tepung bumbu (kalau mau asin gurih pakai Sajiku, kalau yang lebih tawar pakai Mamasuka), goreng di panci dalam genangan minyak (deep fry cooking)

Resep enak dan mudah lainnya adalah TELOR KORNET. Bahannya terdiri dari : 100 gram kornet sapi, 2 butir telur, 1 batang seledri diiris tipis, 1 batang daun bawang diiris tipis, 1 sendok teh penyedap (Royco/Masako). Campur dan ratakan semua bahan, pastikan kornet larut di telur. Siapkan wajan yang sudah dituang 3 sendok makan margarin (Blue band), tunggu panas. Tuangkan. Goreng sampai matang dengan api sedang kira-kira 5-10 menit. Jangan kaget kalau margarin terserap semua ke telor kornet. Namun rasanya lebih sedap. Kalau mau digoreng pakai minyak goreng juga boleh.

Ada lagi RENDANG AYAM, apa saja bahan dan bumbunya ? 1/2 kg ayam, 1 batang serai dan 2 cm lengkuas geprek pakai ulekan, 2 lembar daun jeruk purut, 1 lembar daun kunyit, santan 500 ml. Bumbu yang dihaluskan : 1 sdt ketumbar, 1 sdt pala, 1 sdt jintan, 3 butir kemiri, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 cm jahe. Cara memasaknya : rebus air santan bersama bumbu halus dan bahan lain kecuali ayam sampai mendidih, setelah mendidih masukkan ayam, lanjutkan perebusan dengan api kecil sampai mengering, kira-kira 3 jam. Bisa ditambahkan santan kental. Aduk lagi. Rendang sudah siap dinikmati.

Ada menu ekstrim yaitu KIKIL MERCON buat yang suka makanan pedas dan perutnya tidak ada masalah lambung. Cocoknya buat buka puasa, supaya kalau ada masalah lambung masih bisa minum obat, kalau dimakan sahur, khawatir mengganggu puasa sepanjang hari. Bahannya : 250 gram kikil sapi/kerbau, 3 lembar daun salam, 3 cm lengkuas yang di geprek. Rebus bersamaan, setelah empuk tiriskan. Goreng : 7 bawang merah, 3 bawang putih, 100 gram cabai hingga matang. Ulek kasar lalu tumis. Tambahkan 3 jahe yang sudah digeprek, 1 sdt Royco, 1 sdt gula jawa. Kasih air 100 ml, masak sampai matang.

Ikan merupakan salah satu protein hewani yang bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat ikan kerapu terdapat banyak yang bisa kita dapat apabila mengonsumsi secara rutin. Seperti apapun jenis ikannya, karena lemak yang terkandung dalam ikan merupakan lemak tak jenuh, hal tersebut membuatnya mudah untuk dicerna oleh tubuh dengan baik.

Kandungan Nutrisi Ikan

Asam lemak, Omega-3, vitamin : D dan B2 (riboflavin), fosfos, kalsium dan Mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Menu lainnya adalah KERAPU ASAM MANIS. Bahannya adalah 2 ekor ikan kerapu (500 gram, harganya 23 ribu), belah dan potong jadi 2, lumuri dengan jeruk nipis dan parutan jahe. Goreng deep fry sampai kering. Untuk saus asam manisnya : iris 1 bawang bombay & 3 bawang putih, tumis sampai harum, tambah 150 ml air, masukkan potongan dadu 200 gr nanas, 5 sdm saus tomat, 1 sdm saus tiram, 1 sdm gula pasir, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk, tunggu sampai masak. Cara menghidangkannya, balur ikan kerapu goreng dengan saus asam manis di atas nasi atau disajikan terpisah. Cukup untuk buka dan sahur untuk 2 orang. Enak.

3. Buah

Pisang mengurangi asam lambung, mangga untuk detoksifikasi, apel menahan rasa lapar.

4. Sayuran

Sayuran mengandung mineral dan air yang membantu hidrasi/kecukupan air di tubuh.

GULAI DAUN SINGKONG sedap sekali rasanya, bahannya dari 500 gram daun singkong (seikat) rebus dalam air mendidih bersama satu sendok teh garam, tiriskan (untuk mengurangi rasa getah singkong). Bumbu yang dihaluskan : 4 cabe rawit, 7 siung bawang merah, 7 siung bawang putih, 3 sdt ketumbar, 3 ruas kunyit, 1 ruas lengkuas, 4 butir kemiri, tumis dengan 5 daun salam sampai wangi. Tambahkan air dan santan, rebus sampai mendidih. Masukkan daun singkong rebus, tunggu sampai rata.

5. Karbohidrat

Sebagai sumber tenaga. Misal beras, kentang dan singkong.
Kentang dapat diolah menjadi makanan lezat, satunya kentang goreng/french fries. Di supermarket bisa tersedia yang sudah siap goreng seharga 34 ribu/kg. Kadang kalau promo bisa lebih murah dari itu. Padahal kalau tahu caranya bisa membuat kentang goreng persis/sangat mirip seperti yang di supermarket dengan biaya uang yang jauh lebih murah, cuma 14 ribu/kg

Cara membuat kentang goreng/french fries lezat seperti di fast food/supermarket :

1 kg kentang besar (4 butir/kg), kupas, lalu iris memanjang seperti french fries seperti di fast food/supermarket, atau sesuai selera .

Goreng di panci stainless steel dengan minyak banyak sehingga semua kentang tenggelam. Goreng setengah matang, tiriskan. Saat akan dikonsumsi goreng lagi sampai tenggelam dan matang ditandai dengan warna emas kecoklatan. Letakkan di wadah yang sudah dilapisi 2 lembar tisu agar minyak meresap. Siap untuk dinikmati dengan saus sambal, saus tomat atau mayones. Lezat dan hemat.

Iklan