Tag

, , ,

Besok 1 Mei diperingati sebagai May Day (hari buruh sedunia), ini berbeda dengan mayday di pilot, polisi, pemadam kebakaran yang berarti sinyal tanda bahaya. May Day yang diperingati tiap 1 Mei adalah hari buruh, dimana para buruh dan serikat pekerja turun ke jalan menyampaikan aspirasi ke mereka kepada pemerintah dan pemilik perusahaan. Di Indonesia (Hindia Belanda) mulai diperingati sejak 1920 dan sempat terhenti pada masa orde baru karena dikonotasikan dengan komunis, padahal negara lain yang antikomunis menetapkan 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadi hari libur nasional. Akhirnya pada tahun 2013 di zaman pemerintahan presiden SBY 1 Mei menjadi hari libur nasional.

Sejarah awal disebut hari buruh adalah ketika pada tahun 1886 empat orang buruh ditembak mati oleh polisi Chicago saat melakukan proses menuntut pemberlakuan 8 jam kerja. Demo masa selanjutnya menuntut transportasi umum yang lebih baik, kenaikan upah, beberapa kelompok ingin melihat berakhirnya globalisasi dan utang pada dunia ketiga. Di Indonesia sendiri secara rutin para buruh melakukan demo pada hari tersebut. Tokoh buruh yang terkenal saat ini adalah Said Iqbal, ketua KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia). Semoga tahun ini, jika ada demo, berlangsung tertib dan aman. Karena di era pasar bebas dan digital ini, semua kejadian terlihat cepat dan jelas, jika buruh rusuh, investor mungkin akan takut investasi di Indonesia, dan karena tidak ada investasi, kemungkinan penduduk usia produktif banyak yang tidak terserap di dunia kerja, yang ujungnya akan banyak pengangguran. Semoga win win solution untuk semua pihak.

Sempat beredar video curhat buruh commuter di commuter Jabodetabek

Jangan lupa bahagia 😀

Malam sebelum May Day tahun 2018 ini bertepatan dengan nisfu sya’ban (pertengahan bulan Syaban), berarti tinggal 15 hari lagi memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H. Semoga puasa tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin.

Iklan