Tag

, , , , , , , , , , , ,

Ada banyak pilihan transportasi dari stasiun Gambir ke bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya. Hal ini penting buat warga luar Jabodetabek yang akan ke bandara tersebut menggunakan kereta yang tiba di stasiun Gambir. Stasiun Gambir sendiri terletak di Jalan Merdeka Timur No 1,Gambir, Jakarta Pusat 10110, persis disamping Tugu Monas. Atau di seberang jalan Galeri Nasional. Sebelum melanjutkan ke bandara bisa makan/minum dulu di restoran yang menyajikan hidangan enak seperti di Hoka Hoka Bento, KFC, Mc Donald, Kopitiam Bugis, CFC, Bakmi GM, es teler 77, donat Krispy Kreme, Papa Beard dll. Ada Alfamart dan Indomaret juga. Lengkap deh.

Transportasi paling mudah, namun belum tentu paling murah dan tersedia adalah dengan naik bus DAMRI. Untuk perorangan sudah hampir pasti paling murah, karena cuma 40 ribu, namun untuk rombongan mungkin dapat memakai taksi online dengan fixed price misal GoCar atau GrabCar. Biaya taksinya 100 ribu, ditambah tol 9500+7000 = 116500. Kalau bertiga jatuhnya hampir sama, kalau berempat lebih murah taksi online, cuma 30 ribu per orang. Coba lihat dulu taksiran biaya sebelum memesan, karena biasanya tarif jam ramai beda dengan jam sepi. Ada juga aplikasi Mybluebird atau Gobluebird, tarif estimasinya 135 ribu + tol 16500 = 151500 dari stasiun Gambir ke bandara Soekarno Hatta.

Kelemahan lain bus DAMRI stasiun Gambir ke bandara Soekarno-Hatta adalah hanya beroperasi dari pukul 03.00 sampai 20.30, sehingga orang seperti saya yang tiba di Gambir pukul 23.15 tadi malam memilih GoCar untuk mengejar pesawat jam 5 pagi, sekalian istirahat di mushola 2F sebelum check in.

Alternatif lainnya dapat menggunakan kereta bandara, namun agak merepotkan karena harus ke stasiun Sudirman Baru dengan alat transportasi lain, dan hanya beroperasi pukul 03.21 sampai 23.48 WIB.

Kesimpulan saya, kalau untuk 1-2 orang pilih naik DAMRI, kalau untuk 3-4 orang dan tersedia 24 jam naik fixed taksi online dimana tarif ditentukan di awal tidak dipengaruhi kondisi kemacetan jalan, sedangkan kalau punya banyak waktu bisa naik kereta bandara dengan asumsi transportasi dari Gambir ke Sudirman lancar.

Sedangkan dari bandara Soekarno Hatta ke Gambir informasinya dapat dilihat di sini

Dari stasiun Gambir ini juga ada Damri yang ke bandara Halim Perdana Kusuma, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Saya belum pernah naik yang rute ini, jadi belum bisa cerita pengalaman.

Kereta api punya website http://www.kai.id dan aplikasi Android dan Apple : KAI Access. Jadwal kereta api dari stasiun Gambir dan Pasar Senen ada di https://asambackpacker01.com/2018/04/20/jadwal-lengkap-kereta-api-indonesia-2018

UPDATE 15 April 2019

Saya tiba dari Bandung di Gambir pukul 23.15, langsung ke KFC beli makan malam takeway, 23.30 sudah di pintu utara Gambir menunggu GrabCar.

Dari Gambir ke terminal 3 Soekarno Hatta tarif 104 ribu, dapat diskon 10 ribu pakai kode promo AUTOGAMPANG dan bayar pakai OVO. Bayar tol 9500+7000, total Rp 110500. Jangan lupa bawa emoney/flazz/tapcash dengan saldo cukup untuk bayar tol, siapa tahu driver taksi tak punya, karena tol sudah tidak lagi terima uang tunai.

Ternyata tarif Grab setahun lalu sama dengan tahun ini.

Brosis, ada tas keren nih, cek di http://s.click.aliexpress.com/e/IuOXjRK?fromSns=WordPress. New users can get a US $4 coupon!Ada juga dompet cantik http://s.click.aliexpress.com/e/cBNTiVnK?fromSns=WordPress.

Iklan