Tag

, , , , , , ,

Dalam acara Jenius : Cara pintar atur finansial yang berlangsung tadi malam, Rabu 4 April 2018 pukul 19.00-21.00 WIB yang diselenggarakan Jenius BTPN dan Kompas Group, bertempat di kafe Lo.ka.si Jl H Juanda 94 Dago Bandung, dihadirkan ibu Prita Ghozie, perencana keuangan, dan bapak Irwan Sutjipto Tisnabudi, digital banking value proposition and product head BTPN.

Untuk karyawan Bu Prita menyarankan membagi pengeluaran bulanannya dengan porsi : 5% zakat, 30% biaya hidup, 15% tabungan, 30% bayar cicilan pinjaman, 10% dana darurat, 10% gaya hidup. Atau bisa dikatakan pendapatan/gaji dapat dialokasikan menjadi 3, yaitu sebagai :1.simpanan 35%: sering transaksi, misal zakat, biaya hidup bulanan, 2.tabungan 35% : jarang diambil misal dari alokasi tabungan, dana darurat, gaya hidup untuk jalan-jalan, mudik, kurban, beli laptop, 3. investasi 30%:diambilnya untuk masa depan, misal bayar cicilan rumah dll. Adapun jika ada bonus, THR dan tunjangan lain sebaiknya ditambahkan ke no 2.tabungan dan no 3.investasi.

Sedangkan untuk pengusaha, baik yang kecil maupun besar sebaiknya membuat proyeksi pendapatan/cash flow 12 bulan ke depan, baik untuk usaha maupun pribadi. Buat komplemen gaji bulanan, yang jika nanti pekerjaan ini diserahkan ke karyawan pantasnya digaji berapa tiap bulan. Itu yang dialokasikan menjadi gaji sebagai pribadi/karyawan. Kelebihannya menjadi uang perusahaan. Kelebihan uang perusahaan yang berfluktuasi itu tiap 6 bulan dibagikan sebagai deviden ke pengusaha sebagai pemegang saham, dibagikan sebagai bonus ke karyawan atau diputar lagi, tergantung keputusan pengusaha. Deviden inilah yang bisa dialokasikan pengusaha untuk penambah tabungan atau investasinya sebagai pribadi/karyawan. Jadi pengusaha juga mempunyai posisi sebagai pribadi/karyawan perusahaannya yang menerima gaji dan bonus/deviden kebutuhan bulanannya.

talkshow perencanaan keuangan.jpg

acara talkshow perencanaan keuangan

Adapun untuk sesi Jenius BTPN ada beberapa hal yang disampaikan pak Irwan mengenai fitur revolusioner jenius :

1. Pendaftaran yang mudah, tinggal download aplikasi jenius, isi pendaftaran dan lengkapi dengan foto KTP dan foto diri, maka jadilah rekening Jenius. Cara mudah memverifikasi data pribadi.

2. Card center, tiap akun bisa buat 5 kartu, misal 1 kartu non fisik (e-card), 1 kartu m-living (sehari) dan 3 kartu x-card (untuk anak dan sopir) dimana 1 kartu induk mengendalikan semuanya, melalui aplikasi di handphone.

3. Send it, bisa transfer dan bayar tagihan tanpa biaya. Saat ini bisa transfer 25x sebulan ke bank lain tanpa biaya

4. Maxi saver, bunga yang diberikan diatas deposito meski jenius ini tabungan yang dapat diambil kapan saja(jenius 5% pertahun vs deposito bank ada yg cuma 4% pertahun)

5. Split bill, dapat berbagi bill ke siapa saja dengan mengirim notifikasi ke rekan. Misal saat makan bersama rekan di restoran, biasa buru-buru pulang, baru bisa hitung di rumah.

Dll. Di jenius ini tanpa biaya admin, kartu, penalti, pembukaan dan penutupan akun, pembayarab tagihan, transakai e-commerce, saldo minimum. Dan dapat tarik tunai gratis 25x sebulan di ATM Bersama/Prima.

Acara ini sendiri dihadiri oleh pelanggan koran Kompas grup (koran Kompas, Kontan dll), wartawan dan blogger. Ada hadiah 3 buku perencanaan keuangan, 3 voucher MAP @250 ribu, tiap peserta dapat buku tulis cocreate jenius BTPN dan tas belanja Kompas. Oh ya, ada makan berat (soto ayam lo.ka.si sedap), minum dan snack nya juga.

sajian buat peserta.jpg

sajian buat peserta, ada soto ayam yang lezat di mangkok

tas kompas dan buku cocreate jenius.jpg

goodie bag berisi buku tulis cocreate jenius

Mengenai tempat (kafe lo.ka.si) ok, parkir mobil tidak terlalu luas, tapi boleh parkir di toko sebelah (mungkin satu grup), sedangkan motor disamping, tempatnya nyaman, banyak steker/colokan listrik, mushola nya bersih. Sebelum makan minum gratisan di acara ini, saya sempat beli ayam geprek & teh leci walini karena saya datang jam 5 sore sementara acaranya jam 7 malam. Makanan & minuman seharga 55 ribu enak. Suasana OK, kursi kayu keras, dikasih kertas berisi user & password free WiFi (kecepatan tinggi sekali) untuk 2 jam.

ayam geprek lo.ka.si.jpg

ayam geprek lo.ka.si

bill lo.ka.si.jpg

bill lo.ka.si

suasana kafe lo.ka.si.jpg

suasana kafe lo.ka.si

Iklan