Tag

, , , ,

Mungkin ini adalah perpustakaan terbesar dan terbaik di Indonesia dan tertinggi di dunia, karena terdiri dari 24 lantai. Lokasinya ada di Jalan Medan Merdeka Selatan No 11, seberang Monumen Nasional-Monas. Sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum. Bisa naik TransJakarta turun di halte balaikota, atau jalan kaki dari stasiun Gambir, kurang dari 1 km. Paling mudah naik Gojek, selain murah juga cepat. Saya dari D Hotel daerah Menteng-4,1 km dari perpustakaan ini cuma bayar 6 ribu Rupiah. Lokasi ini sekaligus pindahan dari lokasi lama di daerah Salemba.

Ketika pertama tiba ada pos satpam, lalu gedung tua yang berfungsi sebagai galeri-ruang pamer. Meski tua sangat cantik isinya. Bermacam diorama, pameran ada di sini. Di sayap kanan kiri ada ruangan dengan sofa empuk, sangat nyaman berada di sini. Kalau waktu terbatas cukup duduk di sini, baca koran hari ini, lalu jalan lagi. Kalau banyak waktu bisa lanjut ke belakang, gedung utama 24 lantai. Saya datang hari Sabtu, dimana banyak pengunjung berusia remaja. Ada pula rombongan keluarga. Berbeda dengan di museum nasional, di sini pengunjung relatif tenang, mungkin sudah faham ini perpustakaan. Diharap tenang.

Gedung utama di belakang ini belum lama diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, sekitar 3 bulan lalu. Saya belum bisa menjelaskan satu persatu isi dari perpustakaan ini, biarlah foto dan laman http://www.pnri.go.id/beranda/ yang menjelaskannya. Yang jelas lantai 1 sampai 4 dapat dijangkau dengan eskalator/tangga berjalan, ada ruang pamer di lantai 1, pendaftaran keanggotaan di lantai 2-waktu saya daftar jam 2 siang kartu sudah habis, setelah lengkapi data cuma dapat nomor anggota perpustakaan yang keluar dari printer, promosi budaya di lantai 3- di sini saya temukan ruangan bioskop yang dapat digunakan untuk latihan paduan suara/performing dll, kantin di lantai 4, lantai 5 sampai 24 dapat dijangkau dengan lift.

Saya coba ke lantai 20 yang berisi koleksi berkala dan mancanegara, ternyata cukup lengang, hanya ada para remaja yang sedang mengerjakan tugas sekolah. Di sini ada banyak meja dengan sumber listrik, dan kabel LAN internet. Saya mengupload tulisan ini juga memanfaatkan internet gratis an dari perpustakaan nasional. hahaha. Di sini kita juga dapat mengambil gambar kota Jakarta dengan gedung pencakar langitnya. Keren.

Jujur saja masih banyak yang belum saya eksploitasi dari museum ini, mungkin 24x kunjungan baru faham. Kenapa? karena saking banyaknya lantai, nunggu lift bisa 15 menit. Hahaha. Lebih baik datang ke satu lantai saja dalam sekali kunjungan, karena setiap lantai ada keunikannya sendiri. Untuk saat ini belum sepenuhnya terisi, mungkin karena proses pindahan dari gedung lama di Salemba.

Bangga Indonesia punya perpustakaan yang mewah ini, tempat ini bisa menjadi destinasi wisata baru Jakarta/Indonesia. Cocok juga untuk menghabiskan waktu saat transit di Jakarta. Semoga saja pengelolanya mampu merawat dan mengisi perpustakaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat dan memberikan kemajuan bagi bangsa dan negara Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya. Amin.

Sebelum ke sini coba cek-cek saja dulu ke laman resminya : http://www.pnri.go.id/beranda/ atau hubungi

atau http://ppid.pnri.go.id/node/15 atau sekalian daftar keanggotaannya di : http://keanggotaan.perpusnas.go.id/

Iklan