Tag

Tidak seperti pesawat yang bisa di reschedule/mengubah jadwal dengan menambah uang jumlah tertentu, maka di kereta api reschedule berarti membatalkan tiket lama dan perlu membayar tiket baru. Sederhana sekali bukan.

Cara pembatalannya belum bisa online. Kalau di stasiun Bandung, datang ke terminal utara Jl Kebun Kawung, datangi loket pembatalan nomor 1-4. Loket nomor 1&2 untuk pembatalan hari itu juga, selain untuk pembatalan, loket ini juga melayani tiket go show/hari itu. Sedangkan loket 3&4 melayani pembatalan besok sampai H-1 keberangkatan. 

Loket 1&2 buka dari jam 5 pagi. Sedangkan loket 3&4 buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Tiket antrian sudah bisa diambil di mesin dari pagi. Saya pagi ini dapat nomor antrian 15, baru terlayani jam 9.30 pagi.rata-rata per loket perlu 4 menit untuk melayani 1 konsumen. Meski loket 3&4 belum buka, namun formulir sudah bisa diisi di customer service dekat mushola dari pagi, sehingga saat jam 9 tinggal serahkan formulir yang sudah diisi ke petugas. Formulir dan alat tulis sudah disiapkan petugas, tinggal lengkapi fotokopi KTP dan tiket (jangan lupa).

Di formulir cuma ditulis nomor pemesan, kode booking, nomor telepon, dan pilih dana ditransfer ke rekening bank ataukah diterima tunai. Tadi sempat coba minta transfer ke rekening Muamalat, petugasnya bilang belum bekerjasama, yang bisa Mandiri, BNI, BRI, BCA atau CIMB Niaga.

Pembatalan ini kena biaya 25% dari harga tiket di luar biaya pemesanan. Jadi misal tiket seharga 200 ribu, maka akan kembali 150 ribu. Waktu tunggu 30 hari jika diambil tunai di loket stasiun, sedangkan apabila melalui transfer perlu waktu 45 hari.

Oh ya, pembatalan paling lambat 30 menit sebelum kereta berangkat, lewat dari itu tiket hangus. Sedangkan untuk perubahan jadwal atau beli tiket baru paling lambat satu jam sebelum keberangkatan. Apabila beli tiketnya satu kode booking buat rame rame, cukup diwakilkan 1 orang dengan membawa KTP asli, fotokopi KTP dan tiket. Sedangkan jika pemilik kode booking beda dengan yang datang/ diwakilkan, maka yang mewakili harus membawa surat kuasa, KTP asli, fotokopi KTP dan tiket orang yang diwakili.

Kalau kurang jelas dapat menghubungi 021-121, stasiun terdekat, atau yang kekinian dapat mengontak Twitter kereta api di @KAI121

Iklan