Tag

, , , , ,

Setelah 5 tahun mencicil, minggu lalu lunas sudah KPR yang apabila mengikuti jadwal baru lunas 5 tahun ke depan. Maklumlah di awal kontrak saya ambil KPR 10 tahun. Sebenarnya 3 tahun lalu sudah ada dana untuk melunasi, namun karena pertimbangan diputar untuk bisnis, peluang bebas utang itu lewat begitu saja. Setelah 2 tahun 10 bulan kemudian coba berhitung lagi-kelamaan mikirnya, akhirnya bulan lalu memutuskan lebih baik segera melunasi KPR ini. Dan bulan ini bisa lunas. Pelunasannya sendiri agak dramatis, sempat dirayu bagian kredit supaya pelunasannya ditunda bulan depan, untuk menjaga rapor cabang bank tersebut di tahun 2017. Namun karena waktu terbatas, maklum sudah pindah domisili ke Bandung, sementara KPR nya di Banjarmasin, akhirnya disetujui juga pelunasan tersebut.

Pengalaman saya yang paling efektif adalah datang langsung ke cabang kita tanda tangani kontrak KPR. Sebelumnya saya sudah coba korespondensi dengan email customer service yang ada di internet banking mereka, yang dengan segera membalas (sehari) kemudian mereka kasih alamat email bagian yang menangani permintaan formulir pelunasan KPR dan lain sebagainya. Namun ternyata bagian pelunasan ini sepertinya sibuk sekali, sehingga sebulan menunggu dan mengirim ulang email (sampai sekarang) tidak ada balasan email dari mereka.

Akhirnya minggu lalu terbang ke Banjarmasin, untuk mendatangi bagian kredit. Perlu 3 kali ke sana sampai akhirnya beres urusan pelunasan KPR ini.

  1. Selasa, 12 Desember 2017. Datang ke front office bagian kredit mengisi formulir pengajuan pelunasan beserta buku tabungan dan KTP , mereka memfotokopi ketiga dokumen ini, kemudian menyerahkan fotokopian pengajuan pelunasan dan print out rincian sisa hutang, bunga berjalan, denda pelunasan dipercepat dan biaya administrasi. Dan mendapat pemberitahuan bahwa pelunasan baru bisa 30 hari setelah pengajuan pelunasan. Berhubung sudah siap dana, saya beritahukan bahwa dana sudah ada, dan bertanya kenapa harus menunggu sebulan? dan saya beritahukan pula bahwa saya pindah domisili. Berhubung front office nya bingung, mereka minta pertolongan supervisornya. hahaha. Akhirnya supervisornya datang dan bilang akan diproses. Untuk persetujuan atau tidaknya tunggu besok ya pak, kami yang akan telepon bapak, karena kepala bagian kredit ada rapat di luar kantor full hari ini.
  2. Rabu siang, ada telepon rayuan dari supervisor yang ketemu kemarin, kurang lebih begini “berhubung menjelang akhir tahun penilaian performa cabang dan bapak nasabah lancar kolektabilitas 1, kami mohon untuk menunda pelunasan KPR bapak sampai Januari 2018. Karena bapak sudah membayar bunga berjalan (Perhatian : Kalau mau melunasi KPR dan tidak mau kena bunga berjalan sebaiknya dilunasi sebelum tanggal 10), maka meski bapak datang Januari nanti sudah tidak kena bunga. Saya menolak dan menjelaskan kalau saya punya agenda lain bulan depan, dan saya sudah beli tiket pulang minggu ini juga. Akhirnya si mbak supervisor bilang “karena bapak menolak, akan kami proses hari ini, jika sudah disetujui, nanti kami hubungi lagi”. Dari situ kami berangkat naik Grab. Berhubung kami di kota Banjarbaru dan jarak ke bank tersebut-di Banjarmasin 35 km, kira-kira sejam baru sampai. Di tengah perjalanan ada telepon,” surat pelunasan sudah terbit, silakan diambil, jika tidak sempat hari ini, silakan datang besok” akhirnya sebelum bank tutup, surat keterangan lunas tersebut sudah saya ambil. Sertifikat tanah dan kelengkapan lainnya bisa diambil hari Jumat.
  3. Jumat pagi, kami ke Banjarmasin lagi dengan menaiki Grab. Menemui bagian supervisor kredit dan mendapat satu amplop dokumen yang berisi : 1.asli SHM,2.asli SHT,3.APHT,4.SKMHT,5.AJB,6.Copy IMB,7.Roya Jaminan,8.Surat Keterangan Lunas. Alhamdulillah lunas, tinggal roya balik nama SHM. Yang kalau urus sendiri bolak balik ke kantor BPN sekitar 50 ribu Rupiah, sedangkan apabila menggunakan jasa notaris biayanya mulai 1 juta untuk proses 1 bulan.

Oh ya, apa keuntungan pelunasan dipercepat ? yang pasti 1. berkurang/tidak ada lagi beban cicilan, 2. bebas riba, 3. lebih hemat. Berapa yang dapat dihemat ? dari simulasi cicilan, untuk KPR 10 tahun dengan bunga 14%, apabila dilunasi setelah berjalan 5 tahun (kasus saya) bisa menghemat 31 % bunga (bukan hemat 50%, karena di awal kebanyakan cicilan buat bayar bunga), Apabila dilunasi setelah berjalan 2 tahun, bisa menghemat 70% bunga (bukan hemat 80%, karena di awal kebanyakan cicilan buat bayar bunga).

Tips dari saya untuk pelunasan KPR dipercepat :

  • beri alasan yang kuat untuk pelunasan, misal pindah domisili
  • pelunasan sebelum tanggal 10, supaya tidak kena bunga berjalan
  • mantapkan tekad, jangan menyerah dengan rayuan bank sehingga menunda pelunasan
  • jaga hubungan baik, jangan menunggak apalagi mengemplang, karena sekali masuk black list Bank Indonesia, sangat sulit/mustahil mendapatkan kredit dari bank yang ada di Indonesia. Datang/pinjam baik-baik, pergi/lunasi juga baik-baik.
Iklan