Tag

, , , , , ,

Pengalaman baru kemarin menyaksikan akad pembelian rumah KPR di BRI Syariah.

Jika di bank konvensional saat kredit cuma dihadiri bank (pemberi utang) dan pembeli rumah (penerima utang), maka di syariah dihadiri manajer bank, penjual rumah, pembeli rumah dan notaris. Notaris membacakan klausul jual beli dan KPR.

Uniknya lagi adalah mengenai masa angsuran. Pengalaman di konvensional kredit biasanya kelipatan 5,10,15 dst, maka di syariah menyesuaikan dengan kemampuan cicilan pembeli rumah/debitur. Misalnya pendapatan/gaji debitur 10 juta, maka maksimal yang bisa digunakan untuk angsuran KPR adalah 3,5 juta/bulan (dengan catatan tidak punya angsuran lain). Jika harga jual rumah oleh bank syariah 315 juta, maka angsuran akan berlangsung selama 108 bulan (9 tahun). Di KPR syariah meski tahun pertama lebih tinggi marginnya, tapi tahun seterusnya tetap sampai lunas. Secara keseluruhan yang dibayarkan dengan sistem syariah lebih murah.

Berbeda dengan pengalaman saya di KPR konvensional, dimana saat awal kredit kena 11% efektif per tahun, tahun kedua naik 14%, dan tahun ke enam naik naik lagi dst, tanpa kabar berita, tahu-tahu jumlah saldo ditahan bertambah begitu saja. Padahal SBI turun terus dari 12% jadi 7% tetapi bunga KPR malah terus naik.  Menjengkelkan. Kenapa? dengan tidak dikuncinya suku bunga KPR konvensional, bisa sesukanya mereka mengenakan bunga, meski bunga acuannya turun.

Tetapi tetap harus disyukuri, bagaimanapun KPR membantu orang yang tidak mampu (mampu tapi harus mengatur cash flow) beli tunai, menjadi mampu dengan cara mengangsur. Dan sebesar2nya bunga/margin nya bank, tidak sebesar bunga yang disedot lintah darat maupun leasing.

Saya lihat juga, proses KPR bank Syariah lebih kekeluargaan, dimana semua yang berkepentingan berkumpul, sementara di bank konvensional hanya dua pihak, bank sebagai kreditur dan nasabah KPR/debitur.

Entahlah pengalaman ditempat lain, bisa sama, bisa juga beda.😀. Untuk simulasi murabahah bisa menggunakan simulasi yang ada di http://www.syariahmandiri.co.id/layanan-nasabah/simulasi/simulasi-murabahah.

Iklan