Tag

, , , , , ,

Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman menginap di hotel Blue Sky Pandurata Jl Raden Saleh Jakarta Pusat yang saya pesan melalui Traveloka. Saya pesan hotel ini karena mengantar istri yang ada acara seminar di hotel ini pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 yang lalu. Daripada capek bolak-balik Bandung Jakarta lebih baik menginap di hotel yang belum pernah kami inapi sebelumnya di Jakarta. Seminggu sebelum acara saya memesan melalui aplikasi Traveloka di handphone Android saya. Caranya sangat mudah, tinggal cari di kolom nama hotel/kota yang akan saya tuju, masukkan tanggal berapa menginap, berapa malam, dan berapa orang serta kamar yang diperlukan. Proses, lalu muncul gambaran mengenai hotel (foto, informasi fasilitas, tempat terdekat, peta, ulasan dari pengunjung sebelumnya) dan bermacam pilihan kamar beserta tarifnya. Saya pilih Hollywood bed dengan sarapan. Harga yang ditampilkan sudah harga final, sehingga saya khawatir akan  adanya biaya tambahan. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, internet banking, transfer via ATM, maupun bayar di minimarket Alfamart /Indomaret.  Memesan di Traveloka juga memberikan kenyamanan buat saya dengan adanya program Stay Guarantee, yang mana apabila kita mengalami kesulitan saat melakukan check-in dan pesanan yang sudah di bayar tidak tersedia atau dibatalkan secara sepihak oleh hotel, Traveloka menawarkan akomodasi pengganti dengan kualitas yang setara (atau bahkan lebih baik) untuk kita.

                    

 

Hotel yang terletak di Jalan Raden Saleh Jakarta Pusat ini, kalau lihat di Googlemap jaraknya 4 km dari stasiun Gambir. Oh ya, kami dari Bandung ke Gambir menggunakan kereta Argo Parahyangan yang berangkat pukul 04.15 WIB dan tiba pukul 07.15 WIB, dan kami rencana lanjut ke hotel naik TransJakarta yang cuma 7 ribu Rupiah / 2 orang, naik dari halte Gambir 2, transit/ganti bus halte Senen, naik lagi sampai halte Kramat NU yang terdekat dengan hotel ini. Namun karena bawa koper, akhirnya kami menggunakan taksi online yang mengenakan biaya 12 ribu Rupiah saja, tanpa pandang bulu jalan macet apa lancar, dan point to point yaitu dari jalan Medan Merdeka Timur depan stasiun Gambir, ke lobi hotel Blue Sky Pandurata.

Sesampai hotel, kami langsung ke resepsionis menanyakan kamar yang sudah saya pesan di Traveloka. Saat memesan, di kolom yang disediakan Traveloka saya menuliskan permintaan kamar bebas asap rokok dan check in lebih awal.  Ternyata resepsionis sudah tahu akan hal itu. Namun karena kamar masih penuh, saya diminta menunggu beberapa saat di sofa lobi yang cukup nyaman sambil baca koran dan berselancar internet dari fasilitas WiFi gratis  hotel ( User ID dan password boleh minta ke resepsionis). Sekitar satu jam kemudian ada bapak-bapak yang check out, dan 15 menit kemudian resepsionis memberitahu bahwa saya sudah boleh check in. Sementara itu istri saya langsung menuju ruang seminar.

resepsionis

Saya mendapat kamar 414. Kalau melihat dari bentuk kamarnya, mungkin hotel ini tarifnya di atas 500 ribu/malam saat masih baru dibuka. Namun seiring waktu dan tidak adanya renovasi, kamar ini kelihatan agak ketinggalan zaman. Misalnya TV tabung dan karpet yang sudah pudar. Tapi perabotnya terbuat dari kayu bukan serbuk gergaji, lengkap dengan lampu-lampunya, amenities kamar mandi lengkap. Ada minibar dengan kulkasnya, ada pula safety deposit box. Ada meja kursi kerja dan ada meja kursi sudut. Lengkap.

wastafel.jpg

wastafel kamar mandi

minibar.jpg

minibar dan kulkas

kasur.jpg

tempat tidur

tv.jpg

tv tabung dan tempat koper

meja kerja.jpg

meja kerja

Meja sudut.jpg

meja kursi sudut

Seharian saya menikmati semua fasilitas yang ada di kamar, mandi, membuat minuman, browsing internet, dan nonton TV kabel yang lengkap dan tampil baik meski diputar di TV tabung. Hanya sekali keluar kamar, saat beli makan siang dan ke Alfamart yang ada di depan hotel. Istri baru selesai seminar saat Maghrib. Malamnya saya memesan makanan yang unik yang tidak ada di Bandung melalui aplikasi online. Saya benar-benar menikmati kamar hotel ini.

Pagi nya kami ke tempat sarapan yang  buka dari pukul 06.00  sampai 10.00 WIB. Tidak ada petugas yang bertanya dari kamar berapa kami berasal. Banyak pilihan makanannya, antara lain soto padang, nasi padang dengan gulai nangka, nasi uduk, gado-gado, aneka buah potong, sarapan ala barat (roti,pastry, sereal, susu), jus jambu, sirsak, es teh dan kopi/teh panas. Tersedia pula jamu dengan bermacam varian, ada kunyit asam, temulawak, sambiloto. Semua enak dan mantap sarapannya.

gulai nangka.jpg

gulai nangka yang lezat

nasi padang.jpg

timbunan makanan

buah.jpg

buah potong dan asinan

jamu.jpg

aneka jamu

Puas menginap di sini. Banyak tamu hotel ini yang menginap karena berobat, rapat, maupun sekedar jalan-jalan. Dan seringkali penuh. Saat balik ke stasiun Gambir, tarif taksi online 17 ribu Rupiah, lebih mahal 5 ribu dari saat pergi ke hotel kemarin. Mungkin karena kemarin tiba pagi dimana jalanan lengang, sedangkan sekarang tengah hari dimana jalan sudah lumayan macet. Terimakasih untuk Traveloka yang memesankan kamar hotel yang nyaman, terjangkau dan ada diskon buat pelanggan, sehingga saya mendapatkan harga paling murah dan mendapat jaminan ketersediaan kamar  dengan pemesanan melalui Traveloka.

Iklan