Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ada beberapa tempat makan yang kami kunjungi selama perjalanan ke Banjarbaru dan Banjarmasin, antara lain :

1. Es Teler Andre Jl Karanganyar Banjarbaru,  tempat ini sudah ada kalau tidak salah dari 2011. Yang punya orang Ponorogo. Pernah barengan mudik 2013,mereka bawa rombongannya, bersama naik Citilink. Mbak dan mas nya ramah. Pegawai nya selalu muda,  dan kunjungan terakhir kemarin pegawainya sudah ganti. Makanannya cukup enak,  penyajian nya baik,  harganya relatif terjangkau. Ada 3 tempat yang saya tahu tempat mereka jualan yaitu di jl Karanganyar dekat rumah,  Jl panglima Batur Timur,  dan di jl mistar cokroaminoto. Ini penampakan makanannya.

 

ayam penyet

 

2.Nasi padang sebelah es teler Andre Jl Karanganyar Banjarbaru,  ini pendatang baru. Rasanya ringan,  lebih ringan dari standar masakan padang. Harga nya sekitar 17 ribu,  untuk nasi dengan lauk ayam/ikan,  sayur,  nasi dan sambal.

3.Bakmi Subur Jl P Hidayatullah Banjarbaru. Punya orang Wonogiri dengan banyak tempat,  ada yang berupa resto ada juga yang berbentuk warung bakmi. Harganya mulai 7 ribu untuk mie ayam biasa.

4.Bubur AS (Asli Sunda).  Bubur terenak di Banjarbaru, bubur terkenal di Bandung  seperti bubur mang Oyo dan pak Zaenal menurut referensi lidah saya, kalah lezat.  Jadi kemarin saya sempatkan makan bubur di sini.  Kacang kedelai nya juga fresh dan renyah. Harga 11 ribu,  ati ampela 5 ribu. Ke sana lagi tanggal 13 Desember 2017 harganya sudah naik menjadi 12 ribu.

 

5.Ayam herbal Jl Karanganyar Banjarbaru. Ayam bahan bakunya diperlihara dan dikasih makan rempah herbal seperti kunyit,  kencur dll, sehingga daging ayam ini terasa sedap,  renyah,  tak berminyak. Enak. Paket 15 ribu sudah dapat nasi,  sayap,  dan es teh. Ada mainan prosotan  anak-anak juga ada free WiFi.

 

6. Ketupat Kandangan Batas Kota Banjarbaru Martapura, berupa ikan haruan (gabus) yang diasap kemudian dibumbui santan kental, disajikan dengan ketupat. Aroma daun jeruk nya segar. Sedap lah. Harganya kurang tahu karena ditraktir, mungkin sekitar 15-25 ribu.

ketupat kandangan

ketupat kandangan

6. Bakso Gunung dan Mie Ayam Jl Karanganyar Banjarbaru. Bakso gunungnya sangat istimewa saya rasakan. Full daging sapi dan kaldu nya panas pas. Cuma 15 ribu per porsi, dan tampaknya best seller di sini. Sampai 3 hari berturut-turut makan makan sore di sini, mengenyangkan pula. Kurasa bakso Afung, es teler 77, GM kalah semua rasanya. Mirip bakso solo, segar pas, apalagi ditambah sambal cabe. Juara. Dimana ya di Bandung ada bakso seperti ini. Ngeces.

bakso gunung

bakso gunung nan sedap dan selalu membayangi

selain bakso tempat ini juga menjual mie ayam. kalau menurut saya mie ayamnya juga enak, tapi kalah enak dari mie ayam subur atau bakmi naga. Sesuai harga sih, 8 ribu.

mie ayam gunung

mie ayam

 

7. Soto, Sop dan Sate Ayam Kuwin Jaya Banjarmasin. Bedanya soto dan sop adalah kuah soto+lontong, sedangkan sop adalah kuah soto+nasi. Enak rasanya, Tidak eneg seperti soto banjar yang lain. Sate nya empuk. Cocok untuk menjamu tamu atau sanak saudara luar kota. 1 porsi soto + 1 porsi sop + 10 tusuk sate ayam = 50 ribu Rupiah.

sate ayam kuwin jaya

sate ayam

sop banjar

sop ayam

soto banjar

soto banjar

8. Texas Chicken Duta Mall Banjarmasin, saya coba menu baru ayam sambal ijo. Enak, pas, tak kalah dengan sambal yang di warung/restoran padang. Seporsi 32 ribu termasuk minum cola dan nasi.

ayam sambal ijo texas

ayam sambal ijo texas chicken

 

Selepas dari Banjarmasin ke Jakarta, pas menunggu kereta ke Bandung, Hoka hoka bento stasiun Gambir. Standar hokben lah,  rasanya enak,   tapi yang paling penting, enak buat nunggu kereta.

Lawatan berikutnya 30&31 Januari 2018, tempat makan yang saya kunjungi antara lain :

  1. Nila Bakar Rumah Makan Nisa, tempatnya agak di dalam, warung tipikal Banjar, menyajikan nasi kuning dan ikan bakar. karena nasi kuningnya habis-sudah jam 3 sore, kebagian nasi putih dan ikan bakar. Saya pesan ikan nila, nasi pera dan sup khas Banjar yang berisi kacang panjang, rebung dan waluh/labu parang. Enak. Satu porsi ditambah teh panas 18 ribu saja.

    2. Mie Ayam dan Bakso Gunung. Ini yang bikin ketagihan dan kangen Banjarbaru. Ke sana dari hotel naik Grabbike 5 ribu saja. Mie Ayamnya OK, enak, wangi seperti biasa, seporsi 8 ribu, sedangkan bakso gunungnya tetap besar dan menggunung, bedanya banyak urat dan lemaknya, tetap enak sih, tapi feel guilty dengan lemaknya, seporsi 15 ribu, ditambah teh panas 3 ribu total 26 ribu.

     

     

    3. Sop Buntut Subur Group. Lokasinya persis di seberang bandara, sehingga bisa sambil melihat take off dan landing pesawat dari sini. Awalnya cuma ikutan teman yang pilih menu ini yang katanya menu favorit. Ternyata betul, sup buntutnya lumayan enak, banyak dagingnya, saya rasa tak kalah dengan sop buntut hotel Bahtera Balikpapan yang famous itu. Lumayan terjangkau, cuma 29 ribu saja sudah termasuk nasi. Minuman jeruk panas seharga 6 ribu juga nyaman. Sudah cukup lama resto ini berdiri, dan awet hingga sekarang.

Iklan