Tag

, , , , , ,

Baru kali ini saya mengunjungi pameran Garuda Travel Fair secara langsung,  di Trans Studio Mall yang bekerja sama dengan Bank Mega. Berlangsung mulai tanggal 22-24 September 2017. Di kota lain juga ada acara yang sama,  hanya beda bank sponsornya.

suasana gatf2 bandung

kesibukan di golden rama

Saya sengaja datang karena ada perlu beli tiket ke Banjarmasin,  mencoba peruntungan,  siapa tahu dapat tiket Garuda yang murah. Mengingat dulu sekitar tahun 2010-2015,  ketika Garuda Indonesia  masih tergolong bintang 4, belum bintang 5 seperti sekarang, saat promo online, tiket Garuda Indonesia cuma selisih 50-100 ribu lebih mahal daripada Lion Air dan Sriwijaya.  Hitung-hitung tambahan ongkos makan minum dan hiburan di pesawat yang diberikan Garuda.

brosur gatf2

beberapa rute yang ada tiket promo

T&C gatf2 2017

syarat dan ketentuan cash back

Nah,  tadi saya coba bertanya tiket termurah rute Jakarta-Banjarmasin pp ke biro tur Khalifah,  ke Obaja,  dan ke Bayu Buana yang tak terlalu panjang antrian nya. Sedangkan Golden Rama,  AntaVaya, TX travel terlihat padat. Ketiga nya memberikan harga yang persis sama,  termurah  untuk pergi 759, untuk pulang 649. Total pergi pulang untuk 2 orang =2*1,418 jt=2,836 juta. Sementara itu harga di website Garuda Indonesia berdua pp harga total ya 3,196 juta. Jadi diskon di Garuda Travel Fair ini adalah 360 ribu untuk 4 tiket,  atau rata-rata 80 ribu per tiket.

harga di website Garuda Indonesia

harga yang muncul di website Garuda Indonesia

IMG_20170922_144215

harga yang muncul di Tiket.com untuk rute dan waktu yang mirip

Masih cukup mahal,  karena memakai maskapai lain untuk rute dan waktu yang mirip, yaitu kombinasi Lion Air dan Batik Air hanya 2,184 juta.  Selisih 652 ribu atau selisih 163 ribu sekali jalan/orang.   Selisih yang cukup besar. Buat traveler hemat seperti saya,  selisih ini lebih dari cukup untuk transportasi  dari Bandung ke Cengkareng dan sebaliknya. Oh ya, untuk beberapa rute selain Banjarmasin, ada cash back buat pengguna kartu kredit Bank Mega.

Kesimpulan : 

Harga tiket sekali jalan/orang rata-rata Jakarta – Banjarmasin per hari ini :

Non Garuda (546ribu) < Garuda GATF2(709ribu) < Garuda website (789ribu)

69% < 90% < 100%

Yang belum saya pahami, kenapa selisih harga tiket Garuda terhadap maskapai penerbangan lain di Indonesia sangat besar(tidak seperti dulu lagi), apakah tidak ada seat kosong yang bisa dijual murah?, Karena kalau membaca load factor Garuda Indonesia yang 85% berarti ada 15% kursi yang tak terisi, kenapa tidak diobral saja kursi yang kosong ini?, lebih baik menurunkan harga tapi untung daripada harga tinggi tapi rugi. Mengandalkan corporate, saat ini corporate juga banyak yang mengencangkan ikat pinggang, beralih ke yang murah tapi full service, misalnya Batik Air atau Sriwijaya.

Untuk calon penumpang, silakan dipilih mana yang sesuai selera dan budget masing-masing.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: “ca-pub-5313747047023182”,
enable_page_level_ads: true
});

Iklan