Tag

, , , , , , , ,

Oh ya, selain dengan mendapat tiket murah,ada tips menghemat pengeluaran naik kereta api, yaitu terkait makanan di kereta, dengan bawa makanan minuman dari rumah, namun jika tidak sempat, khusus yang berangkat di stasiun Bandung, belilah bekal di minimarket Yomart. Harga nasi 🍚 4 ribu, dada ayam (termahal) 8500, total 12500 sudah termasuk sambal sachet dan kemasan buat makan. Minum beli air 1,5 liter YOA (produk Yomart) 5 ribu, kalauAqua/AdeS/Ron 88 7 ribu. Sebagai perbandingan, harga di kereta api, nasi + ayam + sambal sachet 23 ribu. Air mineral (biasanya produk Sosro) 600 ml harganya 8 ribu. Anggap saja sampai Malang perlu 2 botol, kira2 habis 16 ribu untuk minum. Bila beli di minimarket akan habis 19500 Rupiah. Beli di atas kereta api 39 ribu Rupiah. 2x lipat memang, tapi masih kalah mahal dibanding harga di pesawat, misal Citilink atau Lion Air yang air mineral 600 ml saja dihargai 10/15 ribu Rupiah + makanan 55 ribu Rupiah. Total 75 ribu Rupiah. Hampir 4x lipat.

Makanan 12500 di Yomart Stasiun Bandung

Makanan di Citilink

Snack dan minuman di Citilink

merchandishe dan minuman lion air

makanan lion air

Tapi bukan kereta api kalau tidak ada inovasi, mereka mengerti itu dengan menawarkan makanan khas saat singgah di stasiun yang di lewati. Misal gudeg saat singgah di stasiun Yogyakarta, nasi Jamblang saat singgah di stasiun Cirebon. Harga nya agak premium memang. Saat ini pemesanan makanan bisa dilakukan setelah membeli tiket  kereta, namun sebelum keberangkatan/pre order, sehingga saat di kereta tinggal menikmati pesanan. Caranya dengan masuk pemesanan makanan di website kereta api Indonesia. Boleh dicoba.

Ada salah satu produk yang saya suka yaitu bakso Popso, yang isinya 3 butir bakso, tahu bakso dan mie kuning. Rasanya persis seperti bakso di warung bakso. Sangat cocok untuk dinikmati di gerbong kereta yang dingiiin ini.

Bakso Popso di Kereta Api Indonesia

Video bakso Popso ada di YouTube ini

Selama kereta api tidak melarang bawa makanan dari luar, penghematan ini dapat dilakukan. Namun jika ingin menikmati makanan khas yang lumayan enak dari rekanan kereta api Indonesia bisa beli di kereta atau pre order jika takut kehabisan. Ini bukan tulisan yang disponsori/promo, tapi berdasarkan pengalaman hari ini. Semoga bermanfaat.

Iklan