Tag

Naik Malioboro Ekspress

Jalan Hemat ke Kota Malang ini berawal dari kota Yogyakarta, menggunakan kereta api Malioboro Ekspress keberangkatan jam 7.45 pagi. Dari rumah ke stasiun diantar adik dan keponakan. Yogyakarta pagi hari terlihat lengang dan perjalanan lancar.

Kami naik kelas ekonomi bertarif 140 ribu Rupiah lewat aplikasi Traveloka, dimana ada diskon 25 ribu untuk pembelian tiket minimal 100 ribu, sehingga saya cukup bayar 115 ribu Rupiah/orang. Jika bersama supaya dapat diskon, buat akun masing-masing, karena diskon berlaku 1x/akun/hari.

Kereta pagi itu sangat penuh, tak bersisa saat berangkat dari Solo. Kebanyakan wisatawan yang hendak ke Gunung Bromo Semeru serta lokasi wisata sekitar Batu dan kota Malang. Banyak sekali backpacker asing /bule dengan backpack besarnya, taksiran saya mungkin mengisi  1/3 kapasitas penumpang dari gerbong ekonomi 1 sampai 4. Terlihat saat melintas dari gerbong 1 ke gerbong makan di belakang gerbong 4. Oh ya, makanan di kereta mulai 20 ribu untuk bakso popso yang enak, 23 ribu nasi ayam goreng pringsewu. Teh 7 ribu, kopi 8 ribu. Makanan minuman lain juga tersedia.

Setelah 8 jam perjalanan,  jam 3.45 sore kami tiba di stasiun Malang. Stasiun yang sederhana kalau tidak dibilang jelek. Arsitektur nya tidak semegah atau se elegan stasiun kereta lain.  Mungkin sudah waktunya dibangun baru. Dari pintu kedatangan langsung jalan Trunojoyo. Dari stasiun cukup jalan kaki ke Airy Room Syariah Jl Gajahmada No 17 yang berada di Morse Guest House. Jarak dari stasiun hanya sekitar 300 meter, jalan relatif sepi dan rindang.

Pengalaman naik kereta ini sendiri adalah, sempit. Turis Thailand yang ada di depan saya tampak kesakitan, karena badannya yang tambun dan besar, dan makan tempat pula. Saat sampai Sragen, guide-temannya yang orang Indonesia diminta mencarikan tiket eksekutif pulang dari Malang ke Jakarta. Saya rasa, lebih nyaman ekonomi Argo Parahyangan yang baru yang tidak berhadap-hadapan.

Menginap di Airy Room Syariah Stasiun Malang

Pertama datang, layaknya hostel/guesthouse, tampilannya sederhana, lebih sederhana dari hotel budget macam Ibis Budget, Amaris, POP Harris,  Fave dan sejenisnya. Kamar mandi agak bau, namun hilang dengan sendiri saat sudah digunakan (mungkin kesedot exhaust fan). Tampilan kamarnya lucu,  serba biru dan putih. Isinya lengkap, TV flat siaran lokal /nasional, AC,  shower panas/dingin, toilet duduk, gantungan baju, amenities (sabun, pasta dan sikat gigi, shampoo), kotak yang berisi snack dan air mineral 600 ml untuk 2 orang,  springbed nya empuk dan tebal.  Sangat nyaman dan murah  mengingat tarifnya hanya 212 ribu Rupiah yang setelah mendapat diskon 100 ribu Rupiah, menjadi 112 ribu Rupiah. Syarat memasukkan kode diskon saat memesan ke website (bukan aplikasi) Airy room. Kekurangannya, pegawai penginapan lupa kasih handuk saat kami tiba sehingga pas mandi sore sempat kelabakan. Walau begitu, saya rasa ini lebih bernilai/worth it sekalipun tanpa diskon dibandingkan misal menginap di Amaris. Kami juga sempat pinjam setrika untuk merapikan  baju resepsi keesokan harinya.

Snacks dan minuman gratis (sebenarnya ada 2)

Amenities

Sarapan

Taksi

Di Malang, selain ojek, becak, taksi offline, juga sudah ada taksi online, diantaranya GoCar, Uber dan Grab. Dari 4 kali naik taksi GoCar selama di Malang ini, 3 diantaranya taksi biasa yang merangkap online dengan unit Toyota Avanza dan Toyota Limo.  Satu lagi menggunakan kendaraan pribadi Toyota Ayla dengan sopir anak baru lulus SMA. Saya rasa lebih memuaskan naik armada taksi betulan, karena unitnya standar dan longgar. Sekarang, semenjak pemerintah mengeluarkan batas bawah dan atas taksi online, tarifnya menjadi seperti tarif taksi biasa, yaitu 3500/km. Saya pilih pakai GoCar karena masih punya deposit di GoPay, yang memberikan diskon 20% dari biaya. Dan setelah pemakaian, ada token berisi poin yang bisa ditukar dengan hadiah. Selain itu setelah pemakaian diberikan resi/kuitansi bukti penggunaan taksi online. Bisa untuk back up kalau mau reimbursement ke kantor.

Revolusi di pemesanan tiket kereta, hotel dan taksi, membantu konsumen memilih produk yang dikehendaki. Terimakasih internet, GoCar) dan para provider (KAI, Morse Guesthouse,sopir) 🙂

Biaya (2 orang)

• Kereta Malioboro Ekspress ekonomi pp 4×140 ribu – 4×25 ribu (diskon) = 460 ribu
  • Airy room Morse Guesthouse 212 ribu-100 ribu (diskon) = 112 ribu
  • Go Car 4x 24.5 ribu (jarak 7 km) -20%= 4×20 ribu = 80 ribu————————————————————————————————————————————————————————-
  • Biaya sebelum diskon = 850 ribu
  • diskon = 218 ribu
  • Biaya setelah diskon = 632 ribu (hemat 26%)