Tag

Setelah seharian keliling Jakarta, pukul 21.00 WIB saya ke stasiun Gambir untuk menginap di hotel rail transit suite milik kereta api Indonesia. Berhubung saya sudah reservasi 2 hari sebelumnya, maka saya tinggal tunjukkan KTP dan membayar sesuai tarif.

Resepsionis

Kartu nama dan lorong hotel

Saya ambil paket 8 jam, seharga Rp 380 ribu, kamar double bed, karena menginap bersama istri. Check-in pukul 21.30 dan check-out pukul 05.50. kalau mau memperpanjang 2 jam tambah Rp 100 ribu.

Denah emergency exit

Tarif kamar

Kamar 108 yang saya tempati cukup bagus dan layak. Yang jelas bersih dan terang. Fasilitas nya ada AC, TV kabel, shower air hangat, toilet, dispenser sabun/shampo dan sikat gigi, handuk, telpon kamar, WIFI. Yang tak ada teko dan kopi/teh. Tapi kalau perlu bisa order ke hotel dengan harga relatif murah.

Kaca pembatas tempat tidur dan kamar mandi

Meja kursi sederhana

Tempat tidur double bed

Pilihan minuman

Shower dan toilet duduk

Sampai pukul 23.00 masih terdengar suara kereta di atas kamar dan setelah itu nyenyak sekali tidur di kamar yang nyaman ini. Pukul 04.00 bangun bersamaan ada kereta yang tiba, lalu nonton siaran langsung piala Champions di BeIn TV, mandi lalu sholat subuh. Pukul 05.30 kami check out.

TV kabel

Di depan hotel ada penitipan koper dan tempat duduk yang dipadati calon tamu hotel yang go-show/tidak reservasi terlebih dahulu. Dengar-dengar paling pagi ada kamar kosong pukul 7.00. Sebaiknya reservasi dahulu jauh hari, baik langsung ke hotel maupun via Agoda. Kelebihan langsung via hotel kita bisa memilih paket 4,8,12 jam atau full day seperti hotel pada umumnya. Sedangkan via Agoda tersedia yang full day, yang tentu tarifnya paling mahal. Jika tidak tersedia hotel rail transit suite, Agoda juga memberi penawaran hotel yang ada di sekitar stasiun Gambir

Hotel ini sangat cocok buat yang mengejar penerbangan pagi ke bandara, atau yang akan melanjutkan perjalanan ke kota lain menggunakan kereta api. Fasilitas stasiun juga sangat lengkap, ada convenience store/minimarket, restoran Padang Sederhana, penitipan tas, hotel, yang buka 24 jam. Waktu pukul 10 malam stasiun juga masih ramai. Taksi, ojek, bus DAMRI ke bandara juga mulai beroperasi sejak pukul 4 pagi.

Meski tak sebesar KL Sentral, stasiun Gambir ini terlihat sangat hidup dan terawat. Petugas keamanan yang terlihat dimana-mana juga membuat pengunjung merasa aman. 

Iklan