Tag

, , , , ,

Transportasi :

Sydney mempunyai alat transportasi yang lengkap : kereta api (train), bus kota, Ferry, dan tram (LRT). Semua pembayaran menggunakan kartu Opal. Pembelian kartu bisa di information center stasiun maupun minimarket (7-11, Newslink) yang ada di stasiun. Harga termasuk isinya minimal 10 AUD untuk dewasa, dan 5 AUD untuk anak-anak dan lansia. Tarif sekali jalan minimal sekitar 2-8 AUD. Tarif maksimal 15 AUD/hari untuk hari Senin-Sabtu, sedangkan hari Minggu maksimal hanya 2.5 AUD/hari. Untuk kereta jangkauannya lebih dari 120 km, yaitu Katoomba di arah barat, Kiama/Wollongong di arah Selatan dan Singleton/Newcastle di Utara (207 km)

Selain itu juga ada Sydney/Bondi Hop On Hop Off bertarif AUD 35/hari dan AUD 50/2 hari. Dan juga Ferry pesiar Captain Cook.

Akomodasi:

Termasuk mahal untuk standar Indonesia/ASEAN/Jakarta/Kuala Lumpur/Bangkok/Bali. Kurang lebih harga penginapan di Singapura/Hongkong/Tokyo. Di hostel yang terdiri dari 8 tempat tidur (4 susun @2 tempat tidur) harga termurah di BIG hostel adalah 35 AUD (360 ribu Rupiah)/malam, yang kalau di Indonesia sudah dapat hotel bintang 3, kamar pribadi berikut sarapan dan aneka fasilitas lainnya untuk 2 orang. Di hostel ini private room dengan kondisi sangat sederhana sewanya sekitar 900 ribu/malam.

Konsumsi:

Agak lebih mahal dari Indonesia. Misal mie cup Maggie yang hanya dilengkapi bumbu bubuk dan minyak, tanpa garpu dan sayur kering harganya 90 cent AUD (9 ribu Rupiah) atau 2x harga di Indonesia. Air 1,5 liter 1 AUD. Itupun sudah harga termurah setelah diskon. Namun ada yang lebih murah, yaitu susu dan buah segar lokal yang sedang musim. Di sana saya temukan susu segar seliter 1 AUD. Di Indonesia semacam Greenfield yang 25 ribuan Rupiah. Apel cuma 3 AUD/kg. Makanan halal bisa cari di supermarket Coles melalui aplikasinya di Android/Apple. Search : halal, akan muncul 400 an produk halal baik produk lokal Australia maupun impor. Produk Australia yang berkesan karena enak dan halal antara lain pie daging sapi, yogurt yang ada buahnya, susu segar. Lainnya makan di KFC (tidak ada sertifikat halalnya) paket Zinger seharga 10.45 AUD (106 ribu Rupiah) isinya 3 saya atas ayam, burger ayam, kentang tumbuk, dan minuman bersoda (bisa pilih Pepsi, Sunkist, Solo, 7 Up, atau Mountain Dew) . Semuanya enak.

Iklan