Tag

, , , , , , , , , , ,

Setelah mendapat tiket murah, akhirnya berangkat juga ke terminal B Adisucipto yang baru.

Ini adalah bangunan baru (meski tampilan kelihatannya  di sesuaikan dengan bangunan lama) yang ada di Bandara Adisucipto. Interior nya lebih megah dan internasional dari pada terminal lama/terminal A (Garuda, Citilink, Lion, Batik, Wings). Dari dropoff terminal A jalan kaki melalui pedestrian beratap sejauh kira-kira 150 meter.

Maskapai yang terbang dari sini hanya Air Asia domestik (Jakarta,  Denpasar)  dan internasional (Kuala Lumpur & Singapura),  Sriwijaya Air (Balikpapan,  Surabaya,  Jakarta,  Makassar), dan Silk Air (Singapura).  Tenant yang ada di sini antar lain periplus,  Coffee Bean &  Tea Leaf,  Roti O dan beberapa tenant lokal. Ada pula Concordia Executive Lounge yang gratis buat pemegang kartu kredit BNI Affinity Platinum, Co branding dan Corporate. Meski tak seluas TG Lounge Bali, tapi cukup oke lah lounge ini . Ada WiFi gratis Angkasapura,  meski agak lambat sinyalnya. Saya rasa ini agak bagus dari pada ruangan tunggu terminal A.

Satu ke khas an Yogya terasa di sini,  pedagang keliling pakai motor saya temukan di pedestrian penghubung  terminal A dengan terminal B 🙂

wp-image-604565877jpg.jpg

ruang tunggu keberangkatan

wp-image-2124189587jpg.jpg

ada beberapa toko modern di sini

wp-image-198819113jpg.jpg

concordia lounge ada di terminal B Adisucipto

wp-image-859870620jpg.jpg

terminal B

wp-image-994860895jpg.jpg

pedestrian ke terminal B

IMG_20170613_081100

denah bandara adisucipto

Jumat, 20 Januari 2018

Berikut penampakan terminal B Adisucipto. Untuk penerbangan internasional tidak ada petugas imigrasi yang standby, sehingga yang mau terbang ke luar negeri dan masih lama dari keberangkatan, menunggu bersama penumpang domestik. Baru 2,5 jam sebelum jadwal terbang, ruang tunggu internasional dibuka.

pintu masuk internasional Adisucipto B

baru buka 2,5 jam menjelang keberangkatan

air asia dari terminal b adisutjipto yogyakarta

periplus adisucipto b

buat beli bacaan

jeng tipluk Adisucipto B

konon segelas teh hangat 20 ribu, maklum sewanya 300 ribu/meter/bulan

coklat monggo Adisucipto Btenant souvenirpolo Adisucipto Bcoffee bean Adisucipto Btenant adi Btenant Adisucipto B

Indomaret sebelah mushola dan toilet Adisucipto B

2x  harga Indomaret di luar tapi paling murah di bandara ini

arena bermain Adisucipto B

gate 2 Adisucipto B

gate 2 biasa dipakai air asia

charging and hydrating adisucipto B

nge charge hp dan isi air minum

internet and reading corner

baca dan internetan

this card accepted

makan minum sepuasnya

Selasa, 17 April 2018 kami berkesempatan mencoba lagi berangkat dari terminal B bandara Adisucipto Yogyakarta dengan diantar kakak dan keponakan. untuk kendaraan road 4 pintu masuk gate parkirnya sama dengan terminal A, tapi sebelum masuk area terminal A langsung belok kanan. Terminal ini relatif sepi dibanding terminal A.

Masuk pertama ada pemeriksaan bawaan, tapi tak begitu ketat. Lalu drop off bagasi di counter Air Asia. Bersamaan check in dengan turis Malaysia yang jadwal terbang ke KL cuma selisih 10 menit dari jadwal ke Jakarta, di sini penumpang domestik dan internasional tidak dibedakan tempat check in dan drop off bagasinya. Jadwal kami terbang ke Jakarta pukul 11.45, namun karena alasan operasional baru take off pukul 12.15. Kami agak lebih lama menikmati fasilitas terminal B ini, dimana ada free wifi tanpa password dan kecepatannya lebih tinggi daripada operator seluler, charger handphone, dan air minum di dispenser. Lumayan ramai siang itu, dengan penumpang lain ada yang akan ke Singapura dengan Silk Air dan ada yang ke Pontianak dengan Sriwijaya Air.

IMG_20180417_092802.jpg

 

 

Iklan