Salah satu andalan daerah pesisir Selatan pulau Jawa adalah pantainya yang indah dan alami. Diantaranya adalah Pantai Konang di Panggul Trenggalek Jawa Timur.
Pantai yang dapat dijangkau 2 jam dari kota Trenggalek atau 1 jam dari kota Pacitan ini terkesan tenang, bersih dan jauh dari kesan komersial. Sebenarnya jarak nya tak sampai 70 km dari kota Trenggalek, namun berhubung jalan berkelok-kelok kanan kiri sering ada jurang, harus hati-hati. Jalan mulus, lebar dan masuk Jalur Lintas Selatan (JLS).
Dari Surabaya bisa menumpang bus Patas Harapan Jaya, yang makan waktu sekitar 5 jam dan bertarif 40 ribu Rupiah, lalu turun di Jarakan-sebuah desa sebelum masuk kota Trenggalek. Dari sini sambung dengan angkutan Elf/Bison yang langsung ke Panggul. Kurangnya kalau pakai angkutan ini nunggu penuh, lebih cocok buat backpacker santai.
Selain itu bisa naik kereta api turun di stasiun Tulungagung, lanjut becak ke terminal Tulungagung, naik bus dan turun di Jarakan Trenggalek. Lalu sambung dengan angkutan desa.
Ketika naik bilang saja ke mas/pak sopir bahwa mau ke pantai Konang, supaya tidak kebablasan ke kota kecamatan Panggul Trenggalek.
Apa saja kelebihan pantai ini :
– bersih
– indah
– udara segar
Ada sejumlah tempat makan ikan bakar khususnya tuna dan tongkol. Untuk tuna segar yg diasap di tempat se gapit kira2 200 gram harganya 15 ribu. 5 gapit tuna plus sambal kecap pedas sedap dan sebakul nasi (cukup buat 10 porsi) dan 2 gelas teh panas serta 1 gelas es kelapa muda hanya 90 ribu yang sangat cukup buat berlima.
Puas sekali berada di tempat ini, pemandangan indah, perut kenyang, hati senang.
Berbeda dengan pantai Popoh dan Prigi, yang banyak nelayan pendatang, di sini masih banyak orang asli yang ramah dan suka kebersihan.
Kabarnya kru tongkang pengangkut batubara yang mensuplai PLTU Pacitan juga sering mampir makan dengan dijemput menggunakan perahu nelayan.
Oh ya, yang mau naik perahu nelayan juga bisa, hanya dipungut 5000 Rupiah/orang untuk muter pantai dan muara sungai Panggul.

image

Iklan