Tag

Biasanya orang yang sangat sibuk, misal pekerja, pebisnis maupun mahasiswa, hanya punya sedikit waktu untuk liburan, kalau tidak weekend ya tanggal libur nasional. Waktu cuti biasanya dipakai mengunjungi keluarga.
Untuk mendapat libur yang seru tentukan :
1.Tujuan wisata/destinasi
Pemesanan jauh hari biasanya lebih murah, berlaku untuk semua penerbangan dan penginapan. Misal Air Asia, Garuda Indonesia, Agoda, Traveloka dll.
Terkecuali untuk Lion Air dan aplikasi hotel quickly, sering murah mendekati keberangkatan/dadakan.
Jadi sekarang bebas mau pesan jauh hari atau mepet. Cuma kalau mepet resikonya sudah habis tiket maupun kamar terutama saat liburan.
2.Lokasi hotel
Sesuaikan dengan tema, kalau wisata kota tentunya hotel yang di tengah kota adalah pilihan ideal. Kalaupun tidak ditengah kota, selama ada transportasi umum dan akses yang lancar, tidak masalah. Kalau mau lihat pantai, tak harus di hotel pinggir pantai, karena kadang ada hotel tengah kota yang kasih free shuttle beberapa kali sehari ke pantai.
3.Fleksibel
Jangan terpaku pada satu tempat, miliki beberapa opsi. Yang utama, sekunder, maupun tersier. Misal yang utama tutup/renovasi bisa lanjutkan ke opsi tempat wisata yang lain. Rugi jika cuma menggerutu dan bad mood setelah liburan, padahal biaya tiket transportasi dan penginapan sudah kita keluarkan.
4. Perencanaan waktu
Buat rencana perjalanan selogis mungkin, perhatikan berapa waktu tempuh, break, makan, sholat dll.
5. Buat checklist
Apa saja yang harus dibawa. Peralatan mandi biasanya sudah ada di hotel berbintang, tinggal bawa obat pribadi misal obat lambung/maag, diare-resiko makanan tidak cocok, minyak angin.

Iklan