Tag

Selain tunjangan hari raya (THR), karyawan swasta terkadang juga mendapatkan bonus sekali,dua kali,bahkan bisa berkali-kali tergantung performa perusahaan dan kontribusi karyawan.
Beberapa orang memanfaatkannya untuk liburan,memberi hadiah atau bahkan berfoya-foya. Namun tak ada salahnya kita coba beberapa cara lain memanfaatkan bonus,
antara lain :
1. Membeli properti
Ada trend peningkatan harga properti yang lebih tinggi dari inflasi terutama properti yang berada di daerah strategis dan berkembang.
Untuk membelinya siapkan tanda jadi dan uang muka (+-20%), dan biaya lainnya (+-10%) total sekitar 30 persen dari harga rumah.
2. Mempercepat pembayaran pinjaman rumah
Hal ini mungkin tidak mengubah besaran cicilan, namun akan mempercepat kita memiliki sertifikat rumah alias rumah segera menjadi milik kita.
3. Menyimpan untuk dana darurat
Kita tidak pernah tahu keadaan darurat terjadi. Misalnya kehilangan pekerjaan, perbaikan rumah/kendaraan atau keadaan kesehatan yang memerlukan perawatan segera.
4. Investasi reksadana
Ada kecenderungan investasi ini lebih menguntungkan daripada menyimpannya di tabungan ataupun deposito. Dan pengembangan dananya melampaui inflasi. Tapi pilihlah perusahaan manajemen investasi yang terpercaya.
5. Asuransi
Ada bermacam asuransi sesuai peruntukannya. Apakah asuransi jiwa ataupun kerugian, keduanya melindungi dari resiko. Pastikan anda paham dengan syarat dan ketentuan dalam polis asuransi. Dan jangan lupa membandingkan premi yang dibayar untuk resiko dan pertanggungan yang sama antar perusahaan asuransi. Bisa jadi untuk pertanggungan yang sama kita bayar dengan premi berkali lipat di asuransi PT X dibanding di PT Y.
6. Mobil baru yang hemat bahan bakar
Semakin tua umur dan kuno teknologi kendaraan umumnya semakin boros energi. Kendaraan baru dan teknologi hemat energi menghemat sampai 66% biaya bahan bakar. Coba cari info terbaru mengenai hal ini.
7. Membeli emas
Meski saat ini harga sudah turun dibanding setahun dua tahun lalu, namun untuk jangka panjang kemungkinan akan naik, mengingat kompetitor utamanya adalah uang kertas yang sangat kecil nilai intrinsiknya.
Dan jangan lupa sebelum memanfaatkan bonus kita harus membayar zakat, karena ada hak orang lain di setiap rezeki yang kita peroleh. Semoga berkah. Amin

Iklan